HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Abortus, Macam-Macam dan Penyebab Keguguran

Abortus Pengertian Abortus, Macam-Macam dan Penyebab Keguguran

Abortus

Abortus ~ Abortus atau lebih sering disebut keguguran ialah kematian bayi dalam kandungan dengan umur kehamilan kurang dari 20 minggu. Berdasarkan penyebabnya terdapat dua macam abortus yaitu abortus disengaja (induced abortion) dan tidak disengaja (spontaneous abortion).

Pada umumnya wanita seringkali mengalami abortus atau yang lebih sering disebut dengan keguguran. Akan tetapi tidak banyak dari kita belum mengetahui dengan pasti apa itu abortus, jenis-jenis abortus dan penyebab abortus.
Abortus atau keguguran merupakan salah satu ancaman yang terjadi ketika janin yang ada dalam kandungan keluar pada kehamilan yang berusia sekitar 20 minggu atau berat anak kurang dari 500 gram.

Abortus pun dibagi bagi lagi menjadi beberapa bagian, antara lain :
1. Abortus Komplet
Seluruh hasil konsepsi telah keluar dari rahim pada kehamilan kurang dari 20 minggu.
2. Abortus Inkomplet
Sebagian hasil konsepsi telah keluar dari rahim dan masih ada yang tertinggal.
3. Abortus Insipiens
Abortus yang sedang mengancam yang ditandai dengan serviks yang telah mendatar, sedangkan hasil konsepsi masih berada lengkap di dalam rahim.
4. Abortus Iminens
Abortus tingkat permulaan, terjadi perdarahan per vaginam, sedangkan jalan lahir masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik di dalam rahim.
5. Missed Abortion
Abortus yang ditandai dengan embrio atau fetus terlah meninggal dalam kandungan sebelum kehamilan 20 minggu dan hasil konsepsi seluruhnya masih dalam kandungan.
6. Abortus Habitualis
Abortus yang terjadi sebanyak tiga kali berturut turut atau lebih.

Incoming search terms:

Leave a Reply