HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu Ekonomi  Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi~ Dalam kesempatan kali ini IDtesis akan mengulas mengenai Ilmu ekonomi yang dapat dijadikan wawasan dan refrensi untuk anda. Namun sebelum kita berbicara mengenai ilmu ekonomi terlebih dahulu kita akan mengulas mengenai ekonomi.

Manusia dilahirkan dengan segala tuntutannya masing-masing, slah satunya ialah memenuhi kebutuhan. Namun sayangnya alat pemuas kebutuhan sangatlah terbatas, akibatnya timbulah kelangkahan.

Dalam menanggapi hal ini dibutuhkan suatu kajian ilmu yang dapat mengatasi masalah yang berhubungan dengan kelangkaan dan mampu mengatasi kelangkaan tersebut.

Ekonomi berasal dari Bahasa Yunani yaitu ” Oikos” yang memilki arti aturan dan “Nomos” yang memiliki arti rumah tangga. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ekonomi merupakan aturan yang digunakan untuk mengatur kegiatan rumah tangga. Sedangkan pada hakikatnya ekonomi merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk memnuhi kebutuhannya.

Ekonom terkenal yaiitu Paul A. Samuelson mengartikan Ilmu Ekonomi sebagai :

Suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat untuk membuat suatu pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai macam barang untuk dikonsumsi, sekarang dan masa mendatang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Tak berhenti sampai disini saja banyak para ahli yang mendefinisikannya berbeda, namun masih dalam satu artian yang sama. Berikut IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan beberapa definisi mengenai ilmu ekonomi dari para ahli .

Adam Smith ia mengungkapkan pendapatnya mengenai definisi dari Ilmu Ekonomi ke dalam arti ilmu yang memilki kekayaan serta kekhususan mempelajari suatu bangsa dengan memusatkan studinya pada materi-materi kemakmuran, seperti hasil-hasil industri yang diperoleh, pertanian dan sebagainya.

Sedangkan Alfred Marshallmenyatakan bahwa Ilmu Ekonomi merupakan suatu ilmu yang secara khusus mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sendiri. Ilmu tersebut berhubungan bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya.

Dalam ilmu ekonomi sendiri dibagi menjadi beberapa bagian salah satu pembagian ilmu ekonomi yang umum ialah ilmu ekonomi terapan. Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics),ialah ilmu yang menggunkaan konsep atau kerangka kerja untuk menganalisis ekonomi teori yang merumuskan kebjakan-kebijakan sebagai pedoman untuk mengatasi masalah ekonomi.

Sedangkan contoh lainnya dari pembagian ilmu ekonomi salah satunya ialah ilmu Ekonomi Descriptive, yaitu ilmu ekonomi yang mengumpulkan semua kenyataan penting yang berhubungan dengan suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu.

Demikian artikel yang berisi tentang Definisi Ilmu Ekonomi Dan Pembagian Ilmu Ekonomi, semoga dapat dijadikan sebagai tambahan wawasan dan refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply