HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Aliran Teori Organisasi Klasik

Aliran Teori Aliran Teori Organisasi Klasik

Aliran Teori

Aliran Teori~ Setelah beberapa artikel sebelumnya IDtesis memberikan wawasan menegenai macam macam teori organisasi.

Dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan kembali lagi memberikan wawasan secara khusus mengenai aliran teori organisasi klasik.

Organisasi yang apada umumnya memiliki arti yaitu sekelompok orang yang terdiri dari satu atau lebih yang diam dalam suatu badan tertentu demi mencapai tujuan bersama.

Sedangkan teori organisasi merupakan suatu teori yang digunakan sebAgai alat atau dasar pemikiran untuk menentukan aktivitas serta kegiatan yang ada pada tiap organisasi tersebut.

Pada umumnya suatu organisasi terbentuk juga memiliki tujuan tertentu. Dalam upaya pencapaian tujuan tersebut para pelaku yang ada dalam organisasi dituntut untuk merancang sebuah kerangka yang nantinya akan menjadi strategi pencapaian tujuan itu.

Dalam organisasi sendiri juga terdapat beberapa konsep yang digunakan untuk sebagai dasar pelaksanaan organisasi. Konsep tersebut dikenal dengan konsep teori organisasi klasik.

Dalam teori organisasi klasik sendiri dikenal terdapat tiga aliran yang ada. Aliran eori organisasi tersebut meliputi :

  1. Teori Birokrasi
  2. Teori administrasi
  3. Manajemen Ilmiah

Manajemen ilmiah yang ada pada teori organisasi klasik pertama kali dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor. Ia mengatakan bahwa teori tersebut maih ada pada praktek-praktek manajemen  yang sifatnya modern.

Dalam berbagai literatur yang selama ini sering kita jumpai saat ini memliki arti serta pengertian yang berbeda-beda namun masih dalam konteks yang sama. Ada yang mengartikan manajemen ilmiah sebagai penerapan masalah-masalah yang ada pada organisasi, ada pula yang mengartikan manajemen ilmiah merupakan seperangkat mekanisme atau teknik-teknik yang ada pada organisasi.

Dalam menjalankan sebuah organisasi, organisasi tersebut harusalah memiliki kaidah dasar terlaksananya kegiatan organisasi tersebut. Pada saat ini yang paling terkenal ialah kaidah dasar perusahaan yang diungkakan oleh F.W. Taylor. Ia memberikan gagasan sebagai berikut :

  1. Penerapan metode baru dari ilmu pengetahuan kerja ilmiah yang telah dikembangkan.
  2. Penyeleksian, latihan, pengembangan karyawan secara ilmiah.
  3. Penegmbangan ilmu berdasarkan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Seperti gaji atau upah, manajemen biaya produksi dan lainnya.
  4. Mencapai manfaat manajemen ilmiah lainnya.

Demikian artikel yang membahas mengenai Teori Organisasi, Tujuan Organisasi, Aliran Teori Organisasi. Semoga dapat bermanfaat sebagi bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)