HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kelebihan Dan Kekurangan Teori Organisasi Klasik

Teori Organisasi Klasik Kelebihan Dan Kekurangan Teori Organisasi Klasik

Teori Organisasi Klasik

Teori Organisasi Klasik ~Tahukah anda dalam mengatur atau memanage sebuah kelompok atuau organisasi tertentu membutuhkan sebuah teori?

Yah, teori tersebut digunakan sebagai bahan acuan pelaksanaan kegiatan yang ada dalm organisasi itu sendiri. Namun perlu diketahui bahwa setiap teori yang dirumuskan atau dikemukakan memiliki sisi yang positif maupun negatif.

Dalam hal tersebut yang dimaksud ialah kekurangan  serta kelebihan teori itu sendiri. Dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan memberikan wawasan secara khusus mengenai kelebihan dan kekuarangan teori klasik.

Teori organisasi klasik yang sebagian besar dominan dengan pengaturan serta perencanaan terhadap manajemen organisasi tersebut telah mengalami perberkembang sedemikian pesatnya.

Dapat dilihat pada tahun 1916 teori organisasi klasik mengalami produktivitas yang sangat pesat di pabrik maupun perusahaan.

Sembari menilik kembali seorang industrialisasi Fayol yang pada saat itu mengalami kebangkrutan yang menyebabkan dirinya harus mengatasinya dengan bergagai cara, salah satunya memperbaiki manajamen yang ada pada perusahaan atau organisasinya tersebut.

Ia berkeyakinan baha keberhasilan yang terjadi dalam organisasi tidak hanya dpengaruhi oleh mutu ribadi akan tetapi juga dipengaruhi oleh metode-metode yang ada pada pelaksanaan organisasi tersebut.

Sehingga terlahirlah sebuah pemikiran yang dapat dirumuskan untuk memperbaiki sistem atau metode yang ada pada organissi tersebut. Pemikiran Fayol yang dilakukan untuk penuntasan masalah organisasinya dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Teknis
  2. Dagang
  3. Keuangan
  4. Keamanan
  5. Akuntansi

Akan tetapi seiring dengan pelaksanaan metode yang telah dirumuskan tadi terdapat kekurangan serta kelebihan yang ada pada manajemen organisasi klasik yang telah diterapkan. Adapun kelebihan dari teori tersebut meliputi :

  1. Keefisiensian produktivitas yang tercipta dari tenaga kerja
  2. Metode tersebut lebih mengarah pada pengembangan potensi tenaga kerja
  3. Metode tersebut mampu memberi rancangan kerja

Sedangkan kekurangan atau kelemahan yang ada pada teori organisasi manajemen klasik meliputi :

  1. Peningkatan produktivitas sering mengakibatkan pemberhentian kerja atau perubahan yang terjadi perubahan upah
  2. Teori ini kurang memiliki kebutuhan sosial
  3. Manajer selalu menganggap remeh individu yang ada dibawahnya

Sehingga menurut penganut aliran tersebut memilki pendapat bahwa suatu organisasi harus bergantung pada empat kondisi pokok yang harus ada sebelumnya meliputi kekuasaan, saling melayani, doktrin, serta disiplin. Hal tersebut dilakukan dengan maksud agar pelaksanaan kegiatan yang ada pada organisasi dapat terlaksana dengan mudah.

Demikian artikel yang membahas tentang Teori Klasik, Kekurangan Dan Kelebihan Teori Organisasi Klasik, Serta Kondisi Pokok Teori Organisasi Klasik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply