HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Konsep dasar Penyelenggaraan Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional

Konsep Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional ~ Prinsip SMA Bertaraf Internasional adalah sekolah nasional dengan mutu lulusan yang setara dengan salah satu sekolah unggul pada negara maju. (Kementerian Pendidikan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas,2010:10-11)

SMA Bertaraf Internasional perlu menjalin kerjasama (networking) dengan sekolah lain, baik di dalam maupun luar negeri, yang telah memiliki reputasi internasional sebagai bentuk kegiatan perujukan (benchmarking). Bentuk kerjasama lain dapat berupa kolaborasi dengan lembaga pendidikan tinggi sebagai pengguna lulusan. SMA bertaraf internasional juga harus mengembangkan program sertifikasi, meningkatkan daya saing dalam lomba tingkat internasional, dan mempersiapkan calon tenaga kerja yang dapat bekerja pada lembaga bertaraf internasional.

Konsep SMA bertaraf internasional dapat dirumuskan sebagai berikut:

SMA Bertaraf Internasional = SNP + X

SNP (Standar Nasional Pendidikan) adalah standar minimal yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan yaitu meliputi 8 standar: isi, proses, penilaian, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan dan pengelolaan. Sedangkan ”X” dapat berupa penguatan, pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman pada peningkatan mutu pendidikan yang mengacu pada standar mutu pendidikan bertaraf internasional pada negara-negara OECD dan negara-negara maju lainnya yang memiliki keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan.

Artikel terkait yang bertemakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ~ RSBI sebagai berikut:

 

Leave a Reply