HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Budaya Organisasi trhdp Kinerja Pegawai

Judul Tesis : Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Sumatera Utara

 

A. Latar Belakang

Sekretariat Daerah sebagai pusat pemerintahan daerah dalam hal melakukan pembangunan daerah tentunya harus didukung dengan kemampuan pegawai negeri yang berkualitas. Untuk itu perlu adanya pengembangan kinerja pegawai negeri sehingga dapat memberikan kinerja yang maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Sama seperti instansi pemerintah lainnya yang memiliki kendala dalam peningkatan kinerja pegawai negeri sipil, kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi juga demikian. Juga masih banyak keluhan-keluhan masyarakat yang menyatakan buruknya kinerja pegawai negeri sipil dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat. Masih banyak pegawai yang mangkir dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, seperti banyaknya pegawai negeri yang berada pada pusat pasar di Kota Sidikalang disaat masih jam kerja atau banyak pegawai yang berada pada warung kopi di saat jam kerja.

Kinerja aparatur pemerintah tersebut juga diakui Bupati Dairi dalam pidato tertulisnya pada sosialisasi Keputusan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negera No.Kep/25/M.PAN/2/2204 “…hingga saat ini pelayan publik dari pemerintah belum memadai, terkesan tertutp dan berbelit-belit. Ditegaskan, masalah waktu belum menentu berapa jam warga masyarakat harus mendapatkan haknya setika berurusan dengan instansi pemerintah. Bupati menghinbau aparatur pemerintah merubah paradigma. Rakyat adalah pihak yang dilayani dan aparatur pemerintah ditugaskan dan digaji untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat…” (Dairi Pers. 29 September 2007).

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui budaya organisasi yang terdapat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara
  2. Untuk mengetahui kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
  3. Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

 

C. Landasan Teori

Budaya

Menurut Stoner (1995: 181) budaya (culture) adalah gabungan kompleks dari asumsi, tingkahlaku, cerita, mitos, metafora, dan berbagai ide lain yang menjadi satu untuk menentukan apa arti menjadi anggota masyarakat tertentu. Sedangkan menurut Alisyahbana (dalam Supartono, 2004: 31) budaya merupakan manifestasi dari cara berfikir, sehingga menurutnya pola kebudayaan itu sangat luas sebab semua tingkah laku dan perbuatan, mencakup di dalamnya perasaan, karena perasaan juga merupakan maksud dari pikiran.

Organisasi

Menurut Stoner (1995:6) Organisasi (organization) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran. Pengertian ini didukung pula oleh Gers (dalam supardi dan Anwar, 2004:5) yang mengatakan organisasi merupakan tata hubungan antara orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggungjawab. Kemudian Malinowski (dalam Cahyani, 2004: 2) juga mengatakan organisasi sebagai suatu kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas, terikat pada lingkungan tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada peraturan.

Budaya Organisasi

Menurut Davis (dalam Lako,2004: 29) budaya organisasi merupakan pola keyakinan dan nilai-nilai organisasi yang dipahami, dijiwai dan dipraktekkan oleh organisasi sehingga pola tersebut memberikan arti tersendiri dan menjadi dasar aturan berperilaku dalam organisasi. Hal yang sama juga diungkapkan Mangkunegara (2005:113) yang menyatakan bahwa budaya organisasi adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai, dan norma yang dikembangkan dalam organisasi yang dijadikan pedoman tingkahlaku bagi anggota-anggotanya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan internal.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif.

Adapun metode korelasional adalah metode penelitian yang meneliti hubungan antara variabel-veriabel yang ada.

Data-data dalam penelitian di peroleh dengan menyebarkan angket atau kuisioner kepada 49 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan pengamatan di lapangan dan melalui dokumen atau arsip yang berhubungan dengan penelitian ini.

Selanjutnya diolah dengan menggunakan Koefisien Korelasi Product Moment, cara ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya dan besar kecilnya hubungan antara variabel.

Kemudian dilanjutkan dengan uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar (persentase) pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat.

 

E. Kesimpulan

  1. Budaya organisasi yang terdapat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan jawaban-jawaban responden mengenai pertanyaan-pertanyaan indikator budaya organisasi yang diperoleh dari lapangan.
  2. Kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi berada pada kategori tinggi. Hal ini berdasrkan jawaban-jawaban responden tentang pertanyaan-pertanyaan indikator kinerja yang diperoleh dari lapangan.
  3. Berdasarkan uji terhadap data menunjukkan bahwa “Ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi”, karena r hitung lebih besar dari pada r tabel dan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi berada pada kategori kuat. Dengan demikian hipotesa awal yang menyatakan bahwa ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dapat diterima.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan Stnk Di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Pengaruh Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kab Dairi Sumut
  4. Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Kinerja Organisasi
  5. Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Aktivitas Kerja Pegawai Kantor Dinas Jalan Dan Jembatan Prop Sumut

 

Leave a Reply