HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai trhdp Kinerja Pegawai

Judul Tesis : Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo, Binjai

 

A. Latar Belakang

Dalam hal tenaga kesehatan, Indonesia mengalami kekurangan pada hampir semua jenis tenaga kesehatan yang diperlukan. Permasalahan besar tentang SDM adalah inefisiensi dan inefektivitas SDM dalam menanggulangi masalah kesehatan. Walaupun rasio SDM kesehatan telah meningkat, tetapi masih jauh dari target Indonesia Sehat 2010 dan variasinya antar daerah masih tajam.

Dewasa ini di Indonesia terdapat beberapa masalah kesehatan penduduk yang masih perlu mendapat perhatian secara sungguh-sungguh dari semua pihak antara lain: anemia pada ibu hamil, kekurangan kalori dan protein pada bayi dan anak-anak, kekurangan vitamin A pada anak, anemia pada kelompok mahasisiwa, anak-anak usia sekolah, serta bagaimana mempertahankan dan meningkatkan cakupan imunisasi. Permasalahan tersebut harus ditangani secara sungguh-sungguh karena dampaknya akan mempengaruhi kualitas bahan baku sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang.

 

B. Rumusan Masalah

“Apakah kemampuan kerja Pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo Binjai mempengaruhi Kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo Binjai?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kinerja

Menurut kamus umum, kinerja adalah hasil yang dicapai dari yang telah dilakukan, dikerjakan seseorang dalam melaksanakan kerja atau tugas. Kinerja merupakan prestasi kerja atau performance, yaitu hasil kerja selama periode tertentu dibanding dengan berbagai kemungkinan.

Pegawai

Dalam Bahasa Indonesia kata pegawai berasal dari kata pe- dan gawai. Pe adalah sebuah awalan yang menunjukkan arti orang yang mengerjakan atau mempunyai pekerjaan seperti yang disebutkan oleh kata dasar, sedangkan gawai berarti kerja (tim dosen IKIP Malang 1990:179).

Kinerja Pegawai

Kinerja pegawai adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang diharapkan. Jika dikaitkan dengan performance sebagai kata benda (noun) di mana salah satu entrinya adalah hasil dari sesuatu pekerjaan (thing done), pengertian performance atau kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan secara legal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral atau etika (Rivai, 2005:15-17).

 

D. Metode Penelitian Tesis

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dan melakukan pendekatan kuantitatif.

Teknik analisa data yang digunakan adala teknik analisa korelasi antar variabel untuk membuktikan pengaruh dari kemampuan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai.

 

E. Kesimpulan

  1. Puskesmas merupakan satu unit organisasi pemerintah daerah yang bertanggung jawab menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah dalam bidang kesehatan. Dalam hal ini Puskesmas Pembantu sebagai organisasi dibawah Puskesmas Induk yang membantu Puskesmas Induk dalam menjalankan progeam-program kesehatan yang di programkan oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan masing-masing daerah.
  2. Kemampuan kerja pegawai memiliki hubungan terhadap kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo Binjai. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dalam menentukan korelasi antara variabel dan persentase pengaruhnya.
  3. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kinerja pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo Binjai tergolong baik. Keberhasilan/tingginya kinerja pegawai Puskesmas Pembantu S.M Rejo Binjai dipengaruhi oleh kemampuan kerja pegawai. Hal ini terbukti dari pernyataan responden bahwa pegawai telah memahami pentingnya kinerja yang baik untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  2. Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu SM Rejo, Binjai
  3. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan
  4. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Prestasi Kerja Pegawai
  5. Pengaruh Kepemimpinan Lurah terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar PBB

 

Leave a Reply