HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Budaya Organisasi trhdp Kinerja Karyawan

Judul Tesis : Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Jabal Rahmat Medan

 

A. Latar Belakang

Penurunan produktivitas ini tentunya tidak terlepas dari penurunan kinerja karyawan. Karena pada dasarnya karyawan adalah pelaksana kerja di dalam perusahaan. Kemudian, perusahaan juga menilai terjadinya penurunan produktivitas perusahaan juga diakibatkan oleh tingkat disiplin karyawan yang rendah. Misalnya, karyawan sering datang terlambat, cuti tanpa alasan yang jelas, lambat di dalam melaksanakan pekerjaan, etos kerja yang rendah serta kurang harmonisnya hubungan antar karyawan di dalam perusahaan.

Hal ini harus menjadi perhatian CV.Jabal Rahmat yang bertekat untuk tetap eksis dalam pasar global ini. Apalagi dengan munculnya pesaing-pesaing di bidang yang sama dengan jumlah karyawan dan produktivitas yang lebih besar yang masing-masing berlomba meningkatkan kinerjanya menjadi perusahaan yang mampu bersaing di pasar global.

 

B. Rumusan Masalah

“Seberapa Besar Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Jabal Rahmat Medan?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Budaya

Budaya (culture) berasal dari perkataan lain colere yang artinya mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan, terutama mengolah atau bertani. Atau bisa juga diartikan sebagai segala daya dan aktivitas untuk mengolah dan mengubah alam. Budaya merupakan nilai-nilai dan kebiasaan yang diterima sebagai acuan bersama yang diakui dan dihormati. Budaya telah menjadi konsep penting dalam memahami masyarakat dan kelompok manusia untuk waktu yang lama. Menurut Stoner dalam Moeljono (2003: 16), budaya adalah gabungan kompleks asumsi,tingkah laku, cerita, mitos, metafora dan berbagai ide lain yang menjadi satu untuk menentukan apa arti menjadi anggota masyarakat tertentu.

Pengertian Organisasi

Menurut Etzioni dalam Tjandra (2005: 37) organisasi merupakan suatu bentuk kerjasama kelompok manusia atau orang di bidang tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut J.R. Schmerhorn dalam Tika (2006: 3), organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Chester J. Bernard dalam Tika (2006: 3), organisasi adalah kerjasama dua orang atau lebih, suatu sistem dari aktivitas-aktivitas dan kekuatan-kekuatan perorangan yang dikoordinasikan secara sadar. Organisasi memiliki ciri-ciri adanya pembagian kerja.

Pengertian Budaya Organisasi

Menurut Peter F. Drucker dalam Tika (2006: 4) budaya organisasi adalah pokok penyelesaian masalah-masalah eksternal dan internal yang pelaksanaanya dilaksanakan secara konsisten oleh suatu kelompok yang kemudian diwariskan kepada anggota-anggota baru sebagai cara yang tepat untuk memahami, memikirkan dan merasakan terhadap masalah-masalah terkait seperti di atas.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi antar variabel untuk membuktikan adanya pengaruh dari budaya organisasi dengan kinerja karyawan.

Penelitian ini dilaksanakan di CV. Jabal Rahmat Jalan Sutomo No. 592 (Simpang Jalan Riau), Medan.

Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan analisa kuantitatif.

Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV. Jabal Rahmat yang berjumlah 32 orang.

Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah seluruh populasi yaitu seluruh karyawan CV. Jabal Rahmat Medan yang berjumlah 32 orang.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik pengumpulan data primer dan teknik pengumpulan data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa budaya organisasi pada CV. Jabal Rahmat Medan sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa budaya organisasi dalam kehidupan CV. Jabal Rahmat Medan berada pada kategori tinggi berdasarkan jawaban responden yang berjumlah 15 orang ( 46.87%) dari total responden yang berjumlah 32 orang (100%)
  2. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa kinerja karyawan CV. Jabal Rahmat Medan sudah baik. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kinerja karyawan berada pada kategori tinggi yang ditunjukkan oleh jawaban responden yang berjumlah 15 orang ( 46.87%) dari total responden yang berjumlah 32 orang (100%).
  3. berdasarkan perhitungan antara variabel X dan variabel Y maka diperoleh koefisien korelasi (rxy)sebesar 0.463. jika dibandingkan dengan tabel pedoman interpretasi Sugiyono, maka 0.463 berada di antara 0.40-0.599 yang berarti terdapat pengaruh yang sedang antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan. Dan berdasarkan uji signifikan yang dilakukan terhadap N = 32 pada taraf signifikan 5 % maka diperoleh nilai r tabel 0.349, dengan demikian hipotesa yang diajukan yaitu “ada pengaruh antara budaya organisasi terhadap kinerja karyawan” berarti dapat diterima.

 

Contoh Tesis Administrasi  Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Metal (Studi Deskriptif Band-Band Metal Di Kota Medan)
  3. Pembantu Rumah Tangga (Studi Antropologi Perkotaan Tentang Pembantu Dan Majikan)
  4. Pemilihan Agama Pada Anak Dari Perkawinan Beda Agama
  5. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv Jabal Rahmat Medan

 

 

 

Leave a Reply