HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pelaksanaan pembelajaran matematika pada program RSBI di SMA Negeri 1 Klaten.

SMA Negeri 1 Klaten melaksanakan Rintisan Sekolah Berstandar Internsional  dengan mengembangkan kurikulum KTSP dengan beberapa pengayaan materi dan adopsi materi dari beberapa materi ujian masuk perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika di kelas RSBI, guru matematika SMA negeri 1 Klaten melakukan perencanaan baik perangkat pembelajaran maupun perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Sedangkan persiapan yang dilakukan siswa adalah persiapan materi dan mental.

Beberapa guru matematika SMA Negeri 1 Klaten sudah ada yang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Tetapi sebagian besar pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Klaten masih terpusat pada guru. Namun demikian belum semua guru matematika mengajar secara bilingual, karena selain keadaan siswa yang belum memungkinkan untuk menerima pelajaran matematika secara bilingual, sebagian besar kemampuan Bahasa Inggris guru masih perlu ditingkatkan.

Beberapa guru matematika SMA Negeri 1 Klaten sudah memanfaatkan ICT dalam mengajar yang disesuaikan dengan keadaan kelas dan materi yang akan disampaikan. Sumber belajar yang digunakan guru dan siswa SMA Negeri 1 Klaten cukup lengkap dan bervariasi.

Dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Klaten penilaian hasil belajar matematika siswanya meliputi dua aspek yaitu kognitif dan aspek afektif.

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran matematika, sekolah menyediakan perpustakaan dan TRRC (Teacher Resource and Reference Center) yang dilengkapi dengan buku dan referensi matematika, selain itu semua kelas juga dilengkapi dengan perlengkapan ICT .

Leave a Reply