HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Pengaruh Motivasi Mengajar trhdp Persepsi Guru Mengenai Muatan Lokal

Judul Tesis : Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi Syariah di SMP/MTS. Tasikmalaya

 

A. Latar Belakang

Dalam proses terjadinya persepsi, motivasi memerankan peranan yang amat penting di dalam mengembangkan rangkaian persepsi. (Thaha, 2002: 135) Motivasi yang ada dalam diri seseorang akan menentukan bagaimana persepsi seseorang dalam menyikapi obyek atau situasi yang bersangkutan. Robins (2001: 166) mendefinisikan motivasi sebagai kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual. Motivasi yang dimaksud adalah motivasi mengajar yaitu sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan atau kesediaan guru untuk mengajar. Menurut teori Alderfer (Robins, 2001) motivasi mengajar seorang guru dipengaruhi oleh tiga macam kebutuhan, kebutuhan eksistensi diri, kebutuhan sosial/relasi dan kebutuhan untuk berkembang. Ketiga kebutuhan tersebut masing-masing berpengaruh terhadap pembentukan tinggi rendahnya persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah.

Dari hasil observasi terhadap guru-guru yang dialokasikan untuk mengajar muatan lokal ekonomi syariah, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru PS-Ekonomi SMP/MTs. Tasikmalaya memiliki motivasi yang tinggi. Apakah tingkat motivasi mengajar guru PS-Ekonomi di Kota Tasikmalaya tersebut tersebut berpengaruh atau tidak terhadap pembentukan persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah di SMP/MTs. Tasikmalaya perlu dikaji dalam kegiatan penelitian.

 

B. Rumusan Masalah

“Seberapa besar pengaruh motivasi mengajar terhadap persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah di SMP/MTs. Tasikmalaya?”

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Persepsi

Robins (2001, 88) mendefinisikan persepsi sebagai suatu proses yang ditempuh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan mereka.

 

Pengertian Motivasi

Menurut Robins (2001: 166), motivasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual.

 

Pengertian Kurikulum Muatan Lokal

Kurikulum berasal dari bahasa latin “curicula” yang artinya suatu jalan untuk pedati atau untuk perlombaan. Istilah ini kemudian diambil dalam dunia pendidikan menjadi jalan, usaha kegiatan untuk mencapai tujuan pengajaran. Kemudian istilah tersebut berkembang menjadi sejumlah mata pelajaran (silabus) yang diberikan suatu lembaga pendidikan untuk memperoleh sertifikat atau ijasah tertentu.

 

D. Metode Penelitian

Populasi adalah guru PS-Ekonomi SMP dan MTs., Negeri dan swasta di wilayah Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya sejumlah 116 orang. Sampel sebesar 35 orang diambil secara proporsional random sampling.

Dalam penelitian ini ada dua (2) variabel yaitu motivasi mengajar (X) dan persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah (Y). Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka.

Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.

 

E. Kesimpulan

Adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara motivasi mengajar terhadap persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah di SMP/MTs. Tasikmalaya. Hal tersebut mengindikasikan adanya suatu kondisi apabila motivasi mengajar guru mengalami kenaikan maka persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah mengalami kenaikan. Demikian pula sebaliknya, apabila motivasi mengajar guru mengalami penurunan maka persepsi guru mengenai implementasi muatan lokal ekonomi syariah mengalami penurunan.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil
  2. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang dilayani
  3. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Modal Kerja terhadap Return On Equity pada Perusahaan
  4. Pengaruh Modal Kerja dan Satuan Jam Kerja terhadap Pendapatan pada Industri Kecil Pengrajin Genting
  5. Pengaruh Modal Terhadap Peningkatan Perolehan SHU Anggota pada KPRI ‘Al Ikhlas’ Man 1 Semarang
  6. Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi
  7. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
  8. Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi
  9. Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi
  10. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT

 

Leave a Reply