HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Administrasi: Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta

Judul Skripsi: Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pada hakekatnya tugas pokok pemerintah sebagai organisasi publik adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga aparat pemerintah memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan publik dengan baik dan dapat memuaskan semua pihak. Terselenggaranya pelayanan publik yang profesional merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Drs. Feisal Tamin : “Pelayanan publik yang profesional setidak tidaknya harus mencerminkan akuntabilitas dan responsibilitas. Untuk dapat memberikan pelayanan publik yang baik maka aparat pemerintah perlu memahami prinsip – prinsip pelayanan yang baik yaitu kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi serta kenyamanan. Profesionalisme aparat dalam memberikan pelayanan dengan sendirinya akan menggambarkan citra pelayanan yang diberikan kepada publik.” ( 08092003)

Dalam SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 8 tahun 1993 tentang pelayanan kepada masyarakat telah ditegaskan bahwa aparat pemerintah harus memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat yang didasrkan pada prinsip – prinsip pelayanan publik, yaitu :

  1. Peningkatan mutu produktivitas instansi pemerintah dalam pelayanan umum
  2. Upaya mengefektifkan tatalaksana pelayanan
  3. Mendorong timbulnya kreativitas, prakarsa, dukungan dan peran serta masyarakat
  4. Menghindari prosedur birokratik yang berlebihan
  5. Kecepatan, ketepatan waktu dan akses informasi kepada yang dilayani

 

B. Metode Penelitian

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dimana SAMSAT Kota Surakarta dipilih sebagai lokasi penelitian Teknik Pengumpulan Data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sample dan snowball sample.

Untuk mengetahui validitas data dipergunakan trianggulasi data.

 

C. Kesimpulan Skripsi

  1. Kualitas pelayanan SAMSAT Kota Surakarta

Pada dasarnya kualitas pelayanan sangat menentukan tingkat kepuasan. Tingkat kepuasan dapat dirasakan setelah menerima jasa dari organisasi pelayanan. Jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat maka pelayanan tersebut dapat dikatakan memuaskan tetapi sebaliknya jika pelayanan itu tidak seperti apa yang diharapkan maka pelayanan tersebut dinilai tidak memuaskan, sehingga sebagai organisasi pelayanan perlu memperhatikan kualitas pelayanannya termasuk SAMSAT Kota Surakarta. Dari hasil penelitian secara keseluruhan kualitas pelayanan SAMSAT dapat dikatakan belum memenuhi harapan masyarakat sebagai wajib pajak. Hal ini dapat dilihat dari:

  1. Bukti Langsung (Tangibles)
  2. Kehandalan(Reliability)
  3. Daya Tanggap(Responsivenes)
  4. Jaminan(Assurance)
  5. Empati(Emphaty)
  1. Faktor penghambat dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak Faktor penghambat dalam sebuah organisasi pelayanan dapat menyebabkan organisasi tersebut dinilai tidak memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan harapan Begitu pula dengan SAMSAT, dalam memberikan pelayanannya, SAMSAT masih memiliki beberapa hambatan, yaitu:
    1. Keadaan Sumber Daya Manusia yang masih kurang kualitasnya.
    2. Faktor penghambat yang lain adalah masalah dana.
  2. Upaya peningkatan kualitas pelayanan SAMSAT Kota Surakarta

Upaya yang dilakukan SAMSAT untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah:

  1. Selalu memperbaharui program komputer dan mengganti komputer yang sudah tidak layak pakai dengan tujuan untuk mempercepat proses pelayanan, karena hampir seluruh proses pelayanan yang ada dikerjakan dengan komputer, sehingga satu saja komputer mati maka proses pelayanan menjadi terganggu.
  2. Dengan memisahkan loket pengurusan PKB dan BBNKB roda dua dan empat. Dengan pemisahan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan PKB dan BBNKB serta membantu mempercepat proses pelayanan.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Reformasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Purworejo (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pelaksanaan Reformasi Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Stop Service) di Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Kabupaten Purworejo)
  2. Analisis Kinerja dan Pengelolaan Anggaran Pembiayaan Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Tahun 2008
  3. Perencanaan Strategis RSUD Dr.Moewardi Surakarta dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
  4. Strategi Dinas Kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DKRPP&KB) dalam Mencegah Penyimpangan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 di Kota Surakarta
  5. Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply