HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Administrasi: Perencanaan RSUD dr.Moewardi Surakarta dlm Peningkatan Pelayanan

Judul Skripsi : Perencanaan Strategis RSUD dr.Moewardi Surakarta dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan

 

A. Latar Belakang

Rumah sakit merupakan salah satu organisasi di bidang jasa yang bergerak dalam usaha peningkatan kesehatan masyarakat. Bentuk perhatian pemerintah dalam bidang kesehatan ditunjukkan dengan didirikannya rumah sakit pada tiap-tiap daerah. Ini dimaksudkan agar terpenuhinya fasilitas kesehatan kepada konsumen. Konsumen yang dimaksud di sini ialah pasien dan dapat diartikan semua orang yang menggunakan jasa pelayanan rumah sakit yang tidak lain jasa pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, rumah sakit harus bisa mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen (pasien) agar nantinya konsumen merasa puas dengan pelayanan yang ada. Perubahan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan merupakan komitmen seluruh rumah sakit.

Peningkatan pelayanan kesehatan dapat diwujudkan dengan tindakan-tindakan yang diambil rumah sakit dalam hal melayani kebutuhan konsumen (pasien) dalam hal pelayanan kesehatan. Di era globalisasi seperti sekarang ini, diperlukan kondisi tetap unggul karena pada dasarnya era globalisasi sulit untuk diantisipasi, kondisi beberapa tahun yang lalu merupakan tanda bahaya “Warming”, yaitu krisis yang dihadapi rumah sakit dalam pelayanan dan persaingan dan sekarang tantangan baru telah nyata di hadapan mata. Perubahan lingkungan yang terjadi sangat cepat dan sulit untuk diduga, kepekaan yang lebih besar terhadap peluang dan hambatan yang akan ditemui sangatlah penting.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) pada rumah sakit?
  2. Apa saja isu strategis yang muncul dari hasil analisis SWOT?
  3. Strategi apa yang dipakai untuk peningkatan pelayanan kesehatan?

 

C. Landasan Teori

Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan mencakup pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan perawatan, pelayanan tersebut dilaksanakan melalui unit gawat darurat, unit rawat jalan dan unit rawat inap (A.A. Gde Muninjaya, 2004:220).

Strategi

Secara umum strategi diartikan sebagai suatu cara yang digunakan oleh manajer atau pimpinan puncak untuk mencapai tujuan organisasi. Strategi merupakan landasan awal bagi sebuah organisasi dan elemen-elemen di dalamnya untuk menyusun langkah-langkah atau tindakan-tindakan dengan memperhitungkan faktor-faktor internal dan eksternal dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Perencanaan Strategis

Perencanaan strategis merupakan suatu proses analisis perumusan dan evaluasi strategi-strategi yang diterapkan oleh seorang manajer guna mengatasi ancaman eksternal dan merebut peluang yang ada. Perencanaan strategis juga penting untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan dukungan yang optimal dari sumber daya yang ada.

 

D. Metode Penelitian

Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif untuk menggambarkan keadaan senyatannya pada RSUD Dr.Moewardi Surakarta.

Sumber data berupa data primer yaitu wawancara dan observasi dan data sekunder yaitu dokumen, catatan-catatan, dan arsip-arsip.

Untuk mengukur validitas data digunakan teknik triangulasi. Sebagai dasar untuk merumuskan strategi ini adalah harus melakukan analisis faktor internal maupun eksternal.

Untuk menganalisis data digunakan metode analisis SWOT dan kemudian dari hasil analisis tersebut, selanjutnya dilakukan pengukuran skala prioritas isu-isu strategis dengan menggunakan tes litmus sebagai parameternya, kemudian diperoleh isu yang paling strategis.

 

E. Kesimpulan

  1. RSUD Dr.Moewardi Surakarta merupakan rumah sakit tipe A dan menjadi rujukan nasional di Jawa Tengah bagian selatan dan Jawa Timur bagian barat. RSUD Dr.Moewardi juga menjadi rumah sakit pendidikan tempat mendidik Dokter Spesialis dan Pascasarjana bidang kesehatan yang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
  2. Melalui analisis faktor internal dan eksternal diperoleh analisis internal dengan kekuatan (Rumah sakit klas A dan menjadi rujukan nasional, jenis pelayanan kesehatan cukup banyak, jumlah tenaga medis cukup memadai, jumlah tenaga non Medis cukup memadai, peralatan kedokteran cukup lengkap dan canggih); kelemahan (Kurang ramahnya pelayanan kesehatan, komitmen beberapa pegawai masih rendah, SDM yang handal khususnya tenaga medik banyak yang bekerja di rumah sakit swasta, kondisi keuangan sering defisit, sosialisasi tentang jenis pelayanan kesehatan belum optimal); analisis ekstenal dengan peluang (Perkembangan teknologi kesehatan, perkembangan teknologi informasi, kerjasama dengan rumah sakit lain, kerjasama dengan perusahaan swasta, perusahaan peralatan kesehatan, dan supplier obat, UU No.23 Th 1992 Tentang Kesehatan, Kes.RI No 1011/MENKES/SK/IX/2000, Peraturan Pemerintah No.23Th 2005 tentang Penyelenggaraan Badan Layanan Umum); ancaman (Ketidak tahuan masyarakat tentang jenis pelayanan kesehatan yang ada, semakin banyaknya rumah sakit swasta yang memberikan pelayanan ASKES, persaingan tarif antar rumah sakit).

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Reformasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Purworejo (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pelaksanaan Reformasi Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Stop Service) di Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Kabupaten Purworejo)
  2. Analisis Kinerja dan Pengelolaan Anggaran Pembiayaan Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Tahun 2008
  3. Perencanaan Strategis RSUD Dr.Moewardi Surakarta dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
  4. Strategi Dinas Kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DKRPP&KB) dalam Mencegah Penyimpangan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 di Kota Surakarta
  5. Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply