HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Kesiapsiagaan dan Pelatihan Bagi Tenaga Kesehatan| Glosarium

Kesiapsiagaan  Pengertian Kesiapsiagaan dan Pelatihan Bagi Tenaga Kesehatan| Glosarium

Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan  ~Kesiap-siagaan merupakan suatu bentuk dasar dari sikap antisipasi terhadap suatu kejadian yng akan berlangsung. Ksiapsiagaan juga memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan.

Kesiapsiagaan juga merupakan suatu program pembangunan yang ada pada kesehatan jangka panjang yang memiliki tujuan serta kapasitas yang besar dalam masalah kesehatan.

Program pembangunan kesehatn jangka panjang memiliki tujuan yaitu meningkatkan potensi sehat pada suatu wilayah serta daerah tertentu, sehingga dapat memminimlaisirkan bencana yag ada secara efisien dan efektif.

Kesiapsiagaan juga dapat diartikan pengetahuan dan kapasitas yang dapat dikembangkan oleh berbagi pemerintahan untuk kebutuhan lembaga-lembaga profesional dalam bidang kesehatan. Dalam hal ini kesiapsiagaan mengandung unsur yang sangat penting yaitu sikap antisipasi atas adanya bencana.

Dalam kesiapsiagaan juga terdapat suatu pengetahuan untuk mengatasi suatu bencana, mencegah suatu bencana dan sebagainya. Tentu saja dalam suatu bencana tertentu membutuhkan langkah-langkah kesiapsiagaan yang tertentu. Langkah-langkah tersebut berisikan tentang kemampuan untuk menghadapi suatu bencana.

Pelatihan yang diadakan untuk kesiapsiagaan sudah semakin banyak dilakukan oleh berbagai pihak baik dari lembaga-lembaga tertentu atau pemerintah. Tujuan dari adanya suatu pelatihan tersebut ialah agar membentuk suatu kemampuan yang profesional dalam menanggulangi bencana.

Pelatihan yang biasanya dibuat berdasarkan resiko bencana yang telah dihadapi. Dengan kata lain pelatihan disesuaikan dengan keadaan, resiko serta lokasi dari bencana tersebut.  Salah satunya pada pelatihan pemadam kebakaran tentu saja itu salah satu dari aktivitas pelatihan kesiapsiagaan untuk menghadapi suatu bencana kebakaran.

Pelatihan yang ada harus diikuti oleh seluruh penghuni lokasi yang telah ditentukan, hal tersebut bertujuan agar pada saat kejadian dapat mengantisipasi bencana untuk sementara waktu. Penguni disarankan tidak bersikap panik, karena kepanikan akan membuat nalar serta logika untuk berpikir terhambat.

Sehingga pada prinsipnya kesiapsiagaan merupakan sikap antisipasi untuk menanggulangi kejadian yang ada pada lokasi dimanapun kita berda terutama kejadian tergolong bencana.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Kesiapsiagaan dan Pelatihan Bagi Tenaga Kesehatan| Glosarium. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan yang lebih luas lagi.

Incoming search terms:

Leave a Reply