HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tugas Teori Administrasi

Teori  Administrasi  Tugas Teori Administrasi

Teori Administrasi

Teori Administrasi ~Dalam sekian kegiatan yang dilakukan tentu kita telah memiliki sebuah teori yang akan menjadi dasar terlaksannya suatu kegiatan tersebut.

Seperti halnya teori klasik yang ada, teori administrasi negara mengalami perkembangan yang pesat terhitung sejak tahun 1990.
Teori tersebut sebagian besar disumbangkan oleh Henry Fayol. Ia seorang seorang industrialis dari perancis.

Ia mengalami masalah teknis pada usahanya sehingga ia mengalami kebangkrutan yang bisa dibilang serius.
Sehingga dari sinilah terlahirlah sebuah pemikiran bahwa industriali serta kegiatannya dapat dibagi menjadi :

  1. Kegiatan-kegiatan tehnikal (produksi, manufacturing, adaptasi).
  2. Kegiatan-kegiatan komersial (pembelian, penjualan, pertukaran).
  3. Kegiatan-kegiatan finansial (pencarian suatu penggunaan optimum dari modal).
  4. Kegiatan-kegiatan keamanan (perlindungan terhadap kekayaan dan personalia organisasi).
  5. Kegiatan-kegiatan akuntansi (penentuan persediaan, biaya, penyusunan neraca dan laporan rugi-laba, statistik).
  6. Kegiatan-kegiatan manajerial (perencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian dan pengawasan).

Setelah kita mengulas beberapa hal di atas kali ini IDtesis akan menyajikan  contoh tugas teori administrasi negara yang nantinya dapat anda jadikan sebagai refrensi.

” Teori Administrasi, Kekuatan Politik Dan Reformasi Pemerintahan “

A.   Latar Belakang

Administrasi sebagai seni pada hakekatnya timbul bersama-sama dengan timbulnya peradaban manusia.  Jelasnya semenjak manusia telah berbudaya, yaitu dengan mengembangkan ciptanya/ akal pikirannya, rasanya/ seninya, karsanya/kehendaknya, dan adanya kerja sama antara 2 orang atau lebih telah merupakan unsur-unsur administrasi dalam kehidupan bersama/bermasyarakat. Oleh arena itu administrasi ebagai uatu seni sesungguhnya bukan merupakan hal yang aru, karena dengan adanya 2 anusia ang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, di sana sudah terdapat administrasi, yaitu administrasi dalam praktek.

Herbert A. Simon, misalnya, pernah mengatakan  bahwa apabila ada 2  orang yang ekerja-sama untuk menggulingkan sebuah batu yang tidak dapat digulingkan hanya oleh satu orang di antara mereka, di sana telah terdapat administrasi.

B. Tujuan

Tujuan makalah ini adalah mendapatkan teori administrasi, kekuatan politik dan reformasi pemerintahan. Sesuai dengan kondisi pendidikan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam upaya meningkatkan produktivitas pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. Sasaran yang hendak dicapai pada makalah ini adalah diperolehnya : (a). pengertian administrasi, (b). kekuatan politik, serta (c). reformasi pemerintahan.

C. Kesimpulan

Dari penjelasan diatas peulis dapat menyimpulkan teori administrasi yang diajukan oleh Morrow memunculkan satu golongan teori, yaitu : Deskriptif Normatif, Asumtif dan Instrumental. Gerald Caiden mengemukakan delapan mazhab teori administrasi, yang terdiri dari: mazhab proses administrasi, empirik, perilaku manusia, analisis birokratik, sistem sosial, pembuatan keputusan, matematika, dan integrasi. Sementara itu, kedelapan mazhab teori administrasi seperti yang dikemukakan oleh Caiden, sebenarnya dapat dikelompokkan lagi dalam dua mazhab: mazhab reduksi proses administrasi dan mazhab sistem holistik administrasi. Tetapi pengelompokan ini juga tidak memuaskan, yang pada gilirannya melahirkan mazhab integrasi.

Pengambilalihan: Penyitaan pemerintah atas kekayaan didalam batas Negaranya sendiri yang dimiliki orang asing, diikuti dengan kompensasi yang segera, memadai dan efektif yang dibayarkan kepada pemilik sebelumnya. Penyitaan pemerintah atas kekayaan didalam batas Negaranya sendiri yang dimiliki orang-orang asing, tanpa pembayaran kepada mereka.

Selain itu reformasi birokrasi, bahkan kalau perlu “perang total” melawan birokrasi, menurut penulis sangat diperlukan oleh bangsa kita, karena kehendak-kehendak baik para pelaku politik dan penentu kebijakan kita ternyata tidak maujud di dalam realitas kehidupan karena “nyangkut” di birokrasi. Kehendak dan impian tinggal menjadi dokumen indah dalam buku GBHN dan Repelita, dan tak pernah terasakan oleh rakyat banyak.

Demikian artikel yang membahas mengenai Teori Administrasi, Kegiatan Industrialisasi, Dan Contoh Tugas Teori Administrasi. Semoga dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply