HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Administrasi Pendidikan

Administrasi Pendidikan Teori Administrasi Pendidikan

Administrasi Pendidikan

Administrasi Pendidikan~ Tak dapat di pungkiri lagi bahwa administrasi sangat berpengaruh dalam semua kegiatan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Tak terkecuali dunia pendidikan, pendidikan juga membutuhkan sebuah penanganan administrasi sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan tersebut.

Namun sebelum kita mengulas lebih jauh lagi, dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan menyajikan wawasan mengenai administrasi pendidikan yang nantinya dapat dijadikan bahan refrensi untuk anda.

Kata “administrasi” berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata ad dan ministare. Kata ad mempunyai arti sama dengan kata “to” (bahasa Inggris) yang berarti “ke” atau “kepada”, sedangkan ministare sama artinya dengan kata “to serve” (bahasa Inggris) yang berarti melayani, membantu  atau mengarahkan.

Jadi kata “administrasi” dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.

Pendidikan sendiri berarti suatu upaya yang dilakukan kepada peserta didik oleh pendidik untuk penyaluran wawasan serta ilmu yang berdaya guna.

Pendidikan dilakuakn secara individual dan mengarah. Produk yang dihasilkan dari pendidikan ialah sumber daya manusia yang berkualitas.

Sehingga administrasi pendidikan merupakan salah satu cabang imu yang ada pada umumnya melakukan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Semua unsur yang ada pada administrasi pendidikan dikelola dengan sebaik mungkin sehingga dapat mecapai tujuan tertentu. Sehingga lahirlah suatu ruang lingkup yang ada pada aministrasi pendiddikan meliputi :

  1. Administrasi tata laksana sekolah
  2. Administrasi personel guru dan pegawai sekolah
  3. Administrasi peserta didik
  4. Supervisi pengajaran
  5. Pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
  6. Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah
  7. Hubungan sekolah dengan masyarakat

Pada pont terakhir dari ruang lingkup administrasi pendidikan dapat disimpulkan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, komunikasi, supervisi dan pembiayaan evaluasi. Semua fungsi tersebut satu sama lain bertalian sangat erat.

Pembiayaan merupakan perencanaan biaya yang nantinya akan diperlukan, bagaimana penggunaannya, sampai dengan pengawasannya. Sedangkan penilaian sendiri merupakan suatu aktivitas yang meneliti serta mengetahui samapi dimana pelaksanaan yang dilakukan dalam proses keseluruhan aktivitas organisasi tersebut.

Demikian artikel yang disajikan IDtesis di atas mengenai Teori Administrasi Pendidikan, Ruang Lingkup Admnistrasi Pendidikan, Fungsi Admnistrasi Pendidikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply