HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Pembuatan dan Sistem Pemasangan Iklan di Harian Umum Radar Jogja

Judul Tesis : Proses Pembuatan dan Sistem Pemasangan Iklan di Harian Umum Radar Jogja

 

A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi semakin banyak perusahaan yang menawarka produk yang mereka sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat jaman sekarang. Bukan hal yang mustahil jika beberapa perusahaan memproduksi produk dengan jenis yang sama. Banyak sekali pesaing mereka. Mereka dituntut untuk “menanamkan” produk mereka di benak masyarakat. Seiring dengan hal tersebut, iklan menjadi sangat penting. Seseorang yang berada dibalik pembuatan iklan tersebut haruslah seorang yang mempunyai sesuatu yang lebih. Bukan hanya sekedar teori, tetapi juga kreatifitas mereka untuk menuangkan segala ide yang nantinya akan berguna untuk menentukan laku tidaknya produk yang mereka iklankan. Jadi, kreatifitas berperan besar terhadap efektifitas.

Arti penting dari dilaksanakanya Kuliah Kerja Media adalah dapat memberikan kesiapan mental, menambah pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan kerja pada mahasiswa untuk bisa professional dalam menghadapi dunia kerja yang nyata.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media

  1. Untuk memperluas pola pikir mahasiswa agar dapat berfikir praktis dan kreatif.
  2. Untuk mempraktekkan materi yang selama ini didapat di kampus.
  3. Sebagai bukti otentik telah terlaksananya Kuliah Kerja Media.

 

C. Landasan Teori Tesis

Keberadaan Iklan

Seiring dengan masalah diatas, keberadaan iklan sangatlah penting. Iklan digunakan sebagai media atau sarana yang “ mungkin “ efektif untuk meningkatkan Selling Product (Penjualan).

Periklanan pemhamannya sangat beragam. Ada beberapa pengertian,. Menurut yang dituliskan pada buku Ensyclopedia Amerika tahun 1977 yang berjudul “Advertising is any paid of nonpersonal presentation and promotion of product, service, or ideas by an identifiable individual and organization”. Atau dengan kata lain, iklan adalah sebuah sistem presentasi penawaran nonpersonal dari sebuah produk, jasa atau ide – ide oleh seorang individu atau organisasi periklanan . Iklan juga dapat disebut sebagai suatu bentuk promosi nonpersonal atas barang dan jasa.

 

Karakteristik Media Cetak

Sebuah iklan pasti memerlukan media untuk menginformasikan kepada mereka yamg nantinya akan menjadi calon konsumen. Memang sekarang televisi adalah media yang dianggap paling efektif unutk memasang iklan. Tetapi apakah seefektif yang diharapkan ?. Semuanya tergantung kepada konsumen. Sebenarnya media cetak tidak kalah efektif bila dibandingkan dengan media elektronik. Visualisasi iklan yang mereka tampikan tidak kalah menarik dibandingkan dengan media manapun. Hal itu disebabkan karena media cetak mempunyai karakteristik tersendiri.

Desainer Grafis

Desain yang dimaksud disini adalah suatu proses atau kegiatan dalam rangka menghsilkan suatu produk baru yang berbentuk rancangan. Desain (grafis) dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari ketrampilan seni dan komuikasi untuk kebutuhan promosi bisnis.

 

D. Kesimpulan

  1. Dalam suatu perusahaan dibutuhkan tenaga kerja yang handal, memiliki kemampuan dan siap pakai. Salah satu cara untuk mendapatkan tenaga kerja yang handal, memiliki kemampuan dan siap pakai adalah dengan menyiapkan tenaga kerja yang tidak hanya menguasai teori tetapi juga menguasai keadaan lapangan / keadaan dunia kerja yang nyata.
  2. Dalam dunia periklanan seseorang harus pandai menarik perhatian konsumen untuk memasang iklan, setelah itu desain harus bisa menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen deri produk tersebut tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang diiklankan tersebut.

 

E. Saran

  1. Kuliah Kerja Media sangat diperlukan dalam mengenali bidang pekerjaanya oleh karena itu sebaiknya dilakukan dengan sungguhsungguh dan penuh rsa tanggung jawab oleh mahasiswa dan waktu perlu ditambah.
  2. Fakultas hendaknya menjalin kerjasama dengan tempat – tempat untuk kegiatan ( KKM ) sehingga mahasiswa tidak kesulitan dalam mencari tempat untuk ( KKM )

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  2. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko – Husein
  3. Desain Komunikasi Visual dalam Kampanye Anti Rokok
  4. Desain Komunikasi Visual sebagai Pendukung Promosi
  5. Komik Sebagai Sarana Promosi Tempat Wisata Kota Solo untuk Remaja
  6. Proses Pembuatan dan Sistem Pemasangan Iklan di Harian Umum Radar Jogja
  7. Pengaruh Komunikasi Kantor dan Semangat Kerja terhadap Efektivitas
  8. Acara Talkshow ‘Kick Andy’ dan Wawasan Mahasiswa USU
  9. Customer Service dan Loyalitas Pelanggan
  10. Dinamika Komunikasi Antarbudaya Customer Service Representative Plasa Telkom dengan Pelanggan di Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Medan

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)