HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Mal Layout Koran pd Harian Umum Solopos

Judul Skripsi : Mal Layout Koran pada Harian Umum Solopos

 

A. Latar Belakang

Untuk menghadirkan sebuah desain Koran yang menarik tidaklah mudah, dibutuhkan tenaga-tenaga yang handal dalam mendesain sebuah iklan dan layout koran yang dapat memenuhi kebutuhan pembaca agar tidak mengalami kejenuhan pada saat membaca koran terutama koran.

Bagian layout adalah sebuah bagian yang sangat menentukan walaupun lebih dibilang “orang-orang dibalik layar” dalam produksi sebuah Koran. Program Diploma III Jurusan Periklanan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam hal ini mengadakan Mata Kuliah Kerja Media (KKM) yang merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam Program Studi Diploma III Jurusan Periklanan FISIP Universitas Sebelas Maret guna salah satu syarat untuk mencapai kelulusan.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengamati, memahami dan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan Machintosh / layout baik Koran maupun Iklan di PT. AKSARA SOLOPOS
  2. Menumbuhkembangkan dan memantapkan sikap profesional yang diperlukan untuk memasuki lapangan pekerjaan
  3. Mengetahui perkembangan bidangnya sesuai perkermbangan teknologi saat ini

 

C. Landasan Teori

Pengertian Surat Kabar

Surat Kabar adalah salah satu media cetak yang efektif dan menguntungkan. Surat kabar paling banyak dikenal oleh karma sebagai media cetak yang terbit setiap hari dirasakan akrab setiap kehadirannya. Setiap orang dapat membacanya, minimal akan merasakan.

Pengertian Lay Out

Layout adalah tata letak semua komponer yang harus ada dalam bentuk / konstruksi iklan atau koran yang dikehendaki. Pada dasarnya iklan dan koran dibentuk dalam konstruksi yang terdiri atas 3 bagian, masing-masing disebut Headline, lead dan body.

Pembuatan Iklan

Dalam membuat iklan supaya menarik harus memperhatikan halhal yang dapat membuat iklan itu dikatakan menarik dan penyampaian pesan tersampaikan dengan jelas. Menurut Frank Jefkins dalam membuat iklan harus memperhatikan formula AIDCA atau Attention, Interest, Desire, Convixtion, dan Action.

 

D. Metodelogi Penelitian Skripsi 

Pendidikan dan pengajaran di program D III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam pelaksanaannya tidak hanya di kampus saja, melainkan juga perlu menimba pengalaman di luar kampus.

Selama 3 bulan, penulis ditempatkan pada scan Foto berita. Jam kerja penulis di mulai dari jam 16.00 – 00.00 WIB.

Selama 3 bulan ini, penulis juga mencoba mendalami dan melayout Koran.

Disini ternyata penulis juga melakukan pengamatan di Machintosh iklan, tempatnya di lantai 1 Griya SOLOPOS, dekat dengan para Account Executive (AE) dan Costumer Servise (CS).

 

E. Kesimpulan

  1. Pada bagian Machintosh baik koran maupun iklan di PT. Aksara Solopos diperlukan kecepatan, ketelitian, siap mental untuk dikejar sebuah deadline dan siap untuk meminimalisasi semua kesalahan didalam kerja.
  2. Pada bagian Machintosh PT. Aksara Solopos dipimpin oleh Supervisor Machintosh yang berwibawa didalam menjalankan tugas dan wewenangnya
  3. Mengevaluasi setiap langkah yang telah ditempuh, apakah hasil kerjanya memuaskan atau tidak. Hal ini biasanya dilakukan setiap minggu sekali disaat meeting machintosh

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Mal Layout Koran Pada Harian Umum
  2. Tata Kelola Eksternal Public Relation dalam Meningkatkan Citra PT. Telkom Divisi Regional IV Jateng & Diy
  3. Membangun Image PT. Telkom Divisi Regional V Jawa Timur Melalui Sinergi Public Relations dan Marketing Communication
  4. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  5. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?