HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pariwisata : Potensi Dan Pengembangan Wana wisata Coban Rondo sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Malang

ABSTRAK

Penelitian di Wana Wisata Coban Rondo ini bertujuan untuk : (1) mengetahui potensi yang dimiliki Wana Wisata Coban Rondo, (2) mengetahui usaha-usaha pengembangan Wana Wisata Coban Rondo oleh PT. Palawi, (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan Wana Wisata Coban Rondo, (4) mengetahui manfaat yang di peroleh oleh PT. Palawi dan Masyarakat setempat.

Skripsi Pariwisata Skripsi Pariwisata : Potensi Dan Pengembangan Wana wisata Coban Rondo sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Malang

Skripsi Pariwisata

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data-data digali dengan cara pengamatan langsung ke objek, wawancara dengan beberapa informan, dan studi dokumen yang tersimpan di kantor pengelola Coban Rondo. Semua data dianalisis secara diskriptif kualitatif, kemudian disajikan dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coban Rondo memiliki potensi wisata yang menarik sebagai wisata alam unggulan di Kabupaten Malang. Usaha pengembangan yang dilakukan sudah maksimal, tetapi masih terdapat beberapa kendala, seperti terbatasnya dana untuk kegiatan operasional dan keterbatasan Sumber Daya Manusia. Dengan adanya pengembangan tersebut, income PT. Palawi meningkat dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat semakin luas.

Secara umum dapat di simpulkan bahwa, di kawasan Wana Wisata Coban Rondo mempunyai potensi besar untuk dikembangkan menjadi berbagai atraksi wisata alternatif, untuk mendukung atraksi wisata Air Terjun yang menjadi unggulan.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Tidak semua daerah berada pada posisi geografis dan astronomi yang bagus. Demikian juga dengan tersedianya kondisi alam dan budaya yang ada. Letak yang strategis, tingkat mobilitas masyarakatnya yang cukup tinggi serta dengan tersedianya sumber-sumber alam yang memadai, selain memberi daya dukung juga diharapkan memberikan daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi di semua sektor perekonomian.

Bagi Indonesia, industri pariwisata merupakan peluang yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Pariwisata mempunyai peranan penting untuk memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaannya dalam rangka memperkukuh jati diri bangsa dan mempererat persahabatan antar bangsa. Pariwisata telah tumbuh menjadi sebuah industri yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat baik seakan-akan telah menjadi kebutuhan pokok manusiawi (Undang-undang RI No.9 tahun 1990). Pariwisata dianggap sebagai salah satu sektor ekonomi penting, bahkan sektor ini diharapkan akan dapat menjadi penghasil devisa nomor satu. Perkembangan dunia pariwisata telah mengalami beberapa perubahan pola, bentuk dan sifat kegiatan, dorongan orang melakukan perjalanan, cara berfikir maupun sifat perkembangan itu sendiri (Gamal Suwantoro,1997).

Pariwisata bukan hal yang baru. Bahkan orang melakukan suatu perjalanan merupakan kebutuhan hidup setiap manusia. Namun di Negara-negara sedang berkembang atau yang sering disebut Negara Dunia Ketiga pariwisata baru dalam taraf perkembangan. Namun pariwisata bukan saja menyangkut soal ekonomi. Sebagai sektor yang multisektoral, pariwisata tidak berada dalam ruang hampa, melainkan ada dalam suatu sistem yang besar, yang komponennya saling terkait antara yang satu dengan yang lain, dengan berbagai aspeknya, termasuk aspek sosial, budaya, lingkungan, politik, keamanan, dan seterusnya. Sejak beberapa dasawarsa terakhir, pariwisata bahkan sudah menjadi salah satu prime – mover didalam perubahan sosial-budaya pada berbagai daerah, terutama di daerah-daerah tujuan wisata (I Gde Pitana dan Putu G Gayatri,2005).

Pariwisata tidak hanya mendatangkan wisatawan asing tetapi juga wisatawan domestik baik untuk wisata alam, agro wisata, wisata sejarah maupun wisata budaya. Kabupaten Malang merupakan kota wisata tepatnya di kota Batu. Diantara objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Malang, Wana Wisata Coban Rondo merupakan salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan. Kawasan Wana Wisata Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wana wisata ini. Wana Wisata Coban Rondo juga merupakan salah satu obyek wisata yang dimiliki di Kabupaten Malang. Terletak sekitar 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandesari Kecamatan Pujon. Di obyek wana wisata ini terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 84 m. Di sekitar air terjun Coban Rondo, dipenuhi pohon-pohon pinus dan cemara gunung, membuat suasana di obyek wisata ini serasa sejuk. Tidak hanya air terjun yang ada di obyek wana wisata ini. Di objek ini juga dapat melihat panorama keindahan kota Batu, aneka tanaman obat keluarga, aneka satwa, sayuran organik, kios hijau atau tanaman hias, sarana bermain anak, outbound serta penginapan.

Wana Wisata Coban Rondo menyimpan legenda unik. Konon, di bawah air terjun terdapat gua tempat tinggal seorang wanita bernama Dewi Anjarwati. Suaminya Raden Baron Kusuma bertempur melawan Joko Lelono, pemuda yang tertarik akan kecantikan Dewi Anjarwati dan hendak menculiknya. Raden Baron tewas dalam pertempuran itu dan istrinya disembunyikan di gua oleh para punokawan-nya. Karena itulah tempat ini diberi nama Air Terjun Coban Rondo. Objek dan daya tarik wisata merupakan dasar bagi kepariwisataan. Tanpa adanya daya tarik suatu daerah tersebut kepariwisataan sulit untuk dikembangkan. Pariwisata biasanya akan dapat lebih berkembang atau dikembangkan, jika disuatu daerah terdapat lebih dari satu jenis objek dan daya tarik wisata. Mengingat peranan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam pengembangan objek wisata di daerahnya sangat penting. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang Potensi Wana Wisata Coban Rondo Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Malang Jawa Timur.

Incoming search terms:

Leave a Reply