HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Potensi Dan Daya Tarik Monumen Nasional Sebagai Salah Satu Obyek Wisata Unggulan Di Jakarta

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang potensi dan daya tarik Monumen Nasional yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat DKI Jakarta dan Indonesia yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan yaitu apakah maksud dan tujuan pemerintah dalam membangun Monumen Nasional, bagaimana potensi obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di Monumen Nasional, dan usaha apa saja yang akan dilakukan pengelola Tugu Monumen Nasional dalam mengembangkan Monumen Nasional sebagai obyek wisata unggulan di Jakarta.

Penulisan ini disajikan secara diskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan potensi dan daya tarik Monumen Nasional sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi Dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah mempuyai maksud dan tujuan dalam membangun Monumen Nasional, potensi dan daya tarik yang terdapat di Monumen Nasional salah satunya dapat terlihat dari bentuk Tugu yang berbeda dari tugu lainnya, serta pengembangan yang akan dilakukan pengelola dalam jangka pendek salah satunya adalah pembenahan manajemen pengelolaan dan peningkatan sarana dan prasarana Monumen Nasional.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah Monumen Nasional adalah merupakan land mark kota Jakarta yang terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri, karena selain bentuknya yang unik dan menarik, Monumen Nasional juga memiliki maksud dan tujuan tersendiri dalam pembangunannya.

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dunia Pariwisata merupakan dunia yang universal yang dapat diartikan bahwa pariwisata itu merupakan kebutuhan seluruh umat manusia di dunia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan daerah wisata yang pengunjungnya sudah dikenal dengan sebutan wisatawan domestik untuk pengunjung dalam negeri dan wisatawan mancanegara untuk pengunjung dari luar negeri. Sebagai Ibu kota negara Indonesia, Jakarta merupakan pusat pemerintahan, perekonomian, perdagangan, industri, dan pariwisata di Indonesia. Jakarta mempunyai luas sekitar 670 km². Pada saat ini, Jakarta telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang serba modern dan gedung-gedung pencakar langit yang mengantarkan kota ini menjadi kota metropolitan yang dapat disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia seperti Tokyo, Hongkong, dan London. Dengan aktivitas yang sangat padat baik siang maupun malam hari, membuat kota Jakarta juga dijuluki sebagai “kota yang tidak pernah tidur”. Jakarta merupakan daerah khusus Ibu Kota, yang juga merupakan propinsi yang dikepalai oleh seorang Gubernur.

Jakarta sangat berpotensi sebagai kota tujuan wisata, ada banyak sekali asset-aset wisata dan ragam budaya yang tidak kalah menarik dengan wilayah-wilayah lain yang ada di Indonesia. Jakarta memiliki 3 jenis wisata andalan yakni wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya.

Berbagai obyek wisata yang terdapat di Jakarta dapat memudahkan wisatawan untuk memilih obyek wisata yang ingin dikunjungi. Salah satu obyek wisata buatan di Jakarta yang menarik wisatawan adalah Monumen Nasional atau yang lebil dikenal dengan nama Tugu Monas. Monumen ini menjadi ”icon” Jakarta karena merupakan salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda. Selain bentuknya yang unik, monumen ini juga terletak di pusat kota Jakarta. Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur untuk melihat keindahan kota Jakarta dari puncak Monas yang dilapisi emas.

Untuk tetap menjadikan Monumen Nasional sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Jakarta maka upaya pelestarian yang dinamis perlu dilakukan. Alternatifya adalah dengan melakukan usaha – usaha dalam mengembangkan Monumen Nasional yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah DKI Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kontribusi pariwisata terhadap pendapatan asli daerah.

Hal inilah yang emunculkan keinginan untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi dan daya tarik Monumen Nasional sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Jakarta.

Incoming search terms:

Leave a Reply