HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian dan Jenis-Jenis Obat dalam (Obat Oral)

Obat dalam (Oral) Pengertian dan Jenis-Jenis Obat dalam (Obat Oral)

Obat dalam (Oral)

Pengertian dan Jenis-Jenis Obat dalam (Obat Oral)

Pengertian Obat Dalam (Oral) – Berbagai obat yang tlah beredar pada pasaran selama ini kita kenal, diselingi dengan berbagai manfaat serta khasiat yang ada dalam obat tersebut. Dengan kata lain obat tersebut diproduksi dan dipasarkan juga memiliki tujuan yang sangat kompleks.

Salah satu obat yang paling ada disekitar kita ialah obat oral. Obat oral merupakan obat yang pemakaiannya dengan cara memasukkannya lewat mulut. Dengan demikian obat oral juga dapat dikatakan sebagai obat dalam.

Kenap dikatakan bahwa obat oral merupakan obat yang dekat dengan kita atau obat yang paling ada disekitar kita ? karena obat oral merupakan obat yang paling mudah didapat, dijangkau, dan yang paling aman untuk dipakai.

Dalam pemakain obat oral entu saja membutuhkan bantuan air untuk dapat mengkonsumsinya. Air juga berpengaruh besar dalam pemakaian obat. Karena dengan air kita dapat melakukan absosorbsi dengan mudah dan aman.

Akan tetapi perlu diperhatikan, meskipun penggunaan obat oral dikatakan nyaman, ada juga obat oral yang mudah menginfeksi organ dalam manusia. Misalnya saja pada obat oral yang mengandung garam besi dan Salisilat. Sehingga dalam mencegah iritasi dari organ dalam terutama pada lambung, dilakukan pengkapsulan yang efektif.

Pengkapsulan dilakukan dnegan tujuan agar obat tetap utuh saat ada pada lambung, tetapi hancur dan netral ketika masuk dalam usus. Sehingga dari sini kembali didapatkan satu keefektifan penggunaan obat oral lagi.

Ada berbaagai jenis obat oral yang sering kita jumpai pada kegiatan sehari-hari. Adapun obat oral menurut jenisnya, meliputi:

  1. Pil
  2. Tablet
  3. Bubuk
  4. Drase
  5. Kapsul
  6. Sirup

Pada jenis obat oral yaitu pil merupakan jenis obat yang telah dilakukan pencampuran dengan bahan koefisien dalam bentuk lonjong, bulat, lempengan. Pada saat pemakain obat oral jenis pil dianjurkan untuk langsung menelannya tanpa harus dikunyah. hal tersebut baik dilakukan karena pada pil mengandung obat-obatan yang tidak enak dan mengandung zat besi yang bisa membuat gigi penderita berwarna hitam.

Selain itu ada jenis obat oral lainnya yaitu sirup, pemakaian pada jenis obat ini sangat digemari khususnya pada anak-anak. Selain rasanya enak, dan mudah sekali untu dikonsumsi karena bentuk dari obat ini adalah cair.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian dan Jenis-Jenis Obat dalam (Obat Oral). Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply