HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Dasar Teori Administrasi

Teori Administrasi  Dasar Teori Administrasi

Teori Administrasi

Teori Administrasi~ Sekian lama kita mengenal kegiatan administrasi di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, sudah sepatutnya kita memahami apa makna dari administrasi tersebut. Administrasi adalah sebuah istilah yang bersifat generik, yang mencakup semua bidang kehidupan.

Begitu banyaknya pengertian yang ada pada administrasi perlu diketahui bahwa ada tiga unsur pokok yang mendasari pengertian tersebut.

Administrasi yang mengandung banyak disiplin ilmu sehingga metode pendekatannya mengacu paa keanekaragaman serta kajiannya yang dapat didefinisikan berbagai pihak.

Administrasi negara sendiri yang memilki cakupan ilmu serta pusat penelitiannya yang sangat panjang. Sehingga terdapat kekhususan yang dimiliki oleh administrasi negara seperti yang diungkapkan Caiden meliputi:

  1. Kehadiran administrasi negara tidak bisa dihindari.
  2. Administrasi negara mengharapkan kepatuhan.
  3. Administrasi negara mempunyai prioritas.
  4. Administrasi negara mempunyai kekecualian.
  5. Manajemen puncak administrasi negara adalah politik.
  6. Penampilan administrasi negara sulit diukur.
  7. Lebih banyak harapan yang diletakkan pada administrasi negara.

Salah satu alasan utama mengapa orang mempersoalkan status keilmuan administrasi negara, adalah karena administrasi negara tidak mempunyai inti-teoritis. Banyak teori dalam administrasi negara, tetapi tidak ada teori dari administrasi negara. Para praktisi menggunakan teori administrasi dalam kerangka untuk memberikan rasionale (alasan) dari kegiatan praktis mereka dan untuk membenarkan praktek administrasinya.

Dalam ilmu administrasi negara dikenal pula teori deskriptif yang pokok bahasannya apa dan mengapa. Selain itu ada pula teori asumtif yang berhubungan dengan soal pre-kondisi.

Sehingga munculah maxhab atau teori dasar dalam ilmu administrasi.

Salah satunya ialah mazhab integritas yaitu mazhab yang ditempuh dengan teori yang strategis. Pertama dengan melakukan konsolidasi teori-teori administrasi, dan kedua dengan meleburkan semua administrasi negara menjadi satu teori yang tertinggi.

Demikian artikel yang membahas mengenai Administrasi, Administrasi Negara, Kekhususan Administrasi Negara, Teori Admnistrasi Negara, dan Mazhab Administrasi Negara. Semoga dapat beranfaat bagi refrensi anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply