HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com

Administrasi Publik

Administrasi Publik

Administrasi publik adalah ilmu sosial yang mempelajari sistem ketatanegaraan suatu negara dan segala kebijakan publik, manajemen publik, dan pelayanan publik. Ilmu ini mencakup tiga elemen penting yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara. Administrasi publik juga mencakup penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Lulusan jurusan Administrasi Publik memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor, seperti pemerintahan, lembaga internasional, organisasi non-pemerintah, lembaga riset, dan sektor swasta yang terkait dengan pelayanan publik.

Pengertian Administrasi Publik

Beberapa definisi administrasi publik meliputi:

  1. Penerapan hukum yang terperinci dan sistematis.
  2. Implementasi, manajemen, dan pengelolaan kebijakan publik
  3. Pengelolaan suatu organisasi publik, termasuk birokrasi, penyusunan, dan kebijakan publik

Administrasi publik memiliki beberapa ruang lingkup yang kompleks, antara lain

  • Kebijakan publik
  • Birokrasi pemerintah
  • Manajemen publik
  • Kepemimpinan
  • Pelayanan publik
  • Administrasi kepegawaian negara
  • Kinerja dan etika administrasi publik

Tujuan administrasi publik adalah untuk memperjelaskan pemahaman tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik dan cara mengoptimalkan kebijakan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam administrasi publik, ilmuwan dan praktisi membangun teori dan metode yang sesuai untuk mengatasi tantangan dalam proses pengelolaan negara dan non-profit

Teori Administrasi Publik

Teori Administrasi Publik merupakan kajian tentang sistem pengelolaan negara, organisasi, manajemen, dan pelayanan publik. Hal ini melibatkan berbagai teori, termasuk teori organisasi, teori sosial, dan teori politik. Administrasi publik selalu berhubungan dengan berbagai tingkat pemerintahan dalam suatu negara. Beberapa teori yang terkait dengan administrasi publik antara lain teori deskriptif eksplanatif, yang menyoroti aspek tatanan struktural internal organisasi publik, seperti pembagian kerja dan hirarki otoritas. Teori administrasi publik juga mencakup konsep-konsep seperti manajemen publik, kebijakan publik, dan perubahan ilmu administrasi negara ke ilmu administrasi publik.

Daftar JUDUL-JUDUL TESIS berkaitan dengan Administrasi Publik Tahun 2023

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?