HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Metode Penelitian Skripsi, Definisi dan Tinjauan Singkat

Mata kuliah metode penelitian adalah salah satu mata kuliah yang mendukung mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir skripsi. Bagi sebagian mahasiswa skripsi merupakan hal yang lumrah dalam pendidikannya di jenjang universitas akan tetapi bagi sebagian lagi menganggap bahwa skripsi merupakan hal yang menakutkan karena sebagai syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana. Beban pembuatan skripsi akan terasa sedikit lebih ringan jika kita menganggap skripsi bukan merupakan sesuatu yang menakutkan. Sebelum membuat skripsi  terlebih dahulu mahasiswa akan mengajukan beberapa judul yang nantinya akan disetujui oleh dosen. Dosen akan memilih salah satu judul yang diajukan dengan beberapa pertimbangan seperti mempertimbangkan tingkat kesulitan pada analisa, kadar mutu (bobot) dan kelayakan dari permasalahan yang akan diangkat serta pertimbangan-pertimbangan lainnya. Setelah judul disetujui maka mahasiswa akan membuat proposal skripsi yang berisi garis-garis besar dari pokok permasalahan yang akan diteliti. Seperti pada pengajuan judul skripsi di awal tadi, setelah proposal disetujui maka barulah mahasiswa tersebut membuat skripsi dengan mengembangkan dan menjabarkan pokok-pokok penelitian secara lebih detail, menganalisa dan membahasnya sehingga dapat ditarik kesimpulan serta dapat menyertakan saran-saran yang membangun.

Skripsi mempunyai tiga bagian penting yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Pada bagian awal, terdiri dari halaman sampul, abstrak atau intisari, halaman judul, halaman pengesahan, halaman riwayat hidup, prakata atau kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Bagian utama, yang terdiri dari pendahuluan atau latar belakang penelitian, identifikasi masalah, tujuan penelitian, manfaat atau kegunaan penelitian, kerangka pemikiran atau tinjauan pustaka, hipotesis, metodologi, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan dan saran. Dan bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan lampiran. Salah satu bagian dari skripsi yang akan kita bahas kali ini adalah metodologi penelitian. Ada pula yang menyebutkan metode penelitian. Tapi apakah perbedaan dari metodologi dan metode penelitian? Menurut Prof. Dr. H. Noeng Muhajir (1998) dalam metode penelitian kualitatif mengemukakan bahwa metodologi penelitian membahas konsep teoritik berbagai metode, kelebihan dan kelemahannya, yang dalam karya ilmiah dilanjutkan dengan pemilihan metode yang digunakan. Sedangkan metode penelitian mengemukakan secara teknis tentang metode-metode yagn digunakan dalam penelitiannya.

Dalam tugas akhir seperti skripsi memiliki beberapa metode jika ditilik dari bentuknya. Yaitu bentuk metode penelitian kualitatif dan bentuk metode penelitian kuantitatif. yang dimaksud dengan metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dengan studi pustaka. Menurut Creswell (1998:15) penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia, dalam penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Sedangkan metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menonjolkan pada pemecahan permasalahan yang membutuhkan verifikasi dengan menggunakan dukungan data yang dari lapangan seperti kuesioner, tidak hanya sekedar dengan studi pustaka atau wawancara.  Sebagai contoh, katakanlah ada mahasiswa yang membuat skripsi dengan menggunakan salah satu metode penelitian di atas yaitu metode penelitian kuantitatif. Maka dia (mahasiswa tersebut) akan membuat angket yang akan diisi oleh responden untuk mengetahui keadaan responden yang nantinya akan dianalisa.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tags: , , , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat