HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Kampanye Pelestarian Permainan Tradisional Anak Melalui Media

Judul Skripsi : Kampanye Pelestarian Permainan Tradisional Anak Melalui Media Fotografi Desain

 

A. Latar Belakang

Definisi kata fotografi berasal dari bahasa latin photos yang berarti cahaya dan graphos yang berarti melukis jadi arti menurut bahasa secara keseluruhan. Fotografi berarti melukis dengan cahaya. Sedang dalam praktek fotografi yang sekarang telah menjadi budaya visual popular terdapat pengertian bahwa apa yang tersaji melalui fotografi dalam konteks selembar foto adalah sebuah realitas yang dibekukan (diam). Dalam kebekuan foto banyak sekali terdapat kemungkinan, foto bisa bicara, representasi, maupun simulasi sebagai representasi atas realitas. Dan maksud dari judul Kampanye Pelestarian Permainan Tradisional Anak Adalah sebuah usaha untuk mengangkat kembali tradisi peninggalan nenek moyang yang pada saat sekarang ini hampir dilupakan.

Dengan metode fotografi desain penulis ingin kembali mengembalikan minat anak yang berperan sebagai calon konsumen utama, untuk kembali meminati permainan tradisional. Dan selain itu penulis berkeinginan untuk mengangkat kembali dengan maksud permainan tradisional dapat dijadikan sebagai sebuah asset berharga dalam budaya dan tradisi yang positif.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana upaya meningkatkan media promosi dan mengembalikan kesadaran bagi semua kalangan betapa pentingnya sebuah pelestarian?
  2. Bagaimana strategi fotografi yang digunakan sebagai media untuk menggugah semua kalangan untuk ikut melestrikan permainan tradisional?

 

C. Identifikasi Data

Sejarah dan Perkembangan

Permainan Tradisional adalah sebuah permainan yang sudah ada sejak lama, yang pernah membudaya dan sangat digemari dulunya, dan material atau peralatan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat karena hanya menggunkan sebagian besar dari alam, selain bahan mudah didapat, bentuk dari material permainan tradisional ini sangat sederhana, dan itu salah satu yang menjadikanya popular pada waktu itu. Dan ini terjadi sebelum berkembangnya macam permainan pada saat ini yang makin beranjak menuju modern dan cenderung praktis. Ini membuat keberadan permainan tradisional makin minoritas.

SWOT

Untuk mengetahui apakah masih ada anak yang masih mau memainkan beberapa jenis permainan tradisional tersebut, survey belum dilakukan. Namun sudah merancang beberapa analisis SWOT sebagai berikut :

  1. Kekuatan
  2. Kelemahan
  3. Kesempatan
  4. Ancaman

Positioning

Positioning mempunyai definisi yaitu sebuah inti dari segala sesuatu yang kita inginkan agar dipikirkan, dipasarkan, dan dipercaya oleh khalayak sasaran. Upaya ini dianggap perlu karena situasi masyarakat atau konsumen yang sudah over communicatived.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Saat ini motivasi bisnis dibidang permainan tampak begitu nyata. Banyak bidang permainan dijadikan sebuah bisnis yang mempunyai nilai keuntungan begitu menggiurkan, apalagi bidang permainan memiliki fleksibilitas dan bersifat universal sehingga stabilitas dibidang permainan lebih terjaga. Konsep dasar perancangan iklan yang akan dibuat penulis membuat inti budaya lokal yang ditonjolkan dengan tehnik-tehnik fotografi dan desain grafis yang dikuasai penulis. Analisa Data pada penelitian ini yaitu  dengan permainan traditional.

 

E. Kesimpulan

Perkembangan dunia fotografi yang semakin maju, baik dari segi teknik maupun peralatan, menjadikan fotografi berperan lebih dalam berbagai bidang. Fotografi menunjang banyak hal misalnya dalam bidang keilmuan, kedokteran, biologi, geografi, dan masih banyak bidang-bidang lainnya yang memanfaatkan fotografi. Kemunculan fotografi memberikan alternatif baru dalam penciptaan karya visual. Dalam media cetak, peranan Fotografi dirasa penting sebagai penguat sebuah iklan. Dan tidaklah hanya sebagai penunjang ilustrasi semata. Dan sangat mungkin unsur fotografi berperan sebagai penarik perhatian. Fotografi dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi visual melalui media periklanan. Kampanye Pelestarian Permainan Tradisional Anak Jawa menggunakan fotografi sebagai media promosinya dan diharapkan mampu menciptakan citra tersendiri.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual
  2. Peran Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta
  3. Wacana Ruu Pemilu 2009 Dalam Pemberitaan di Media Massa (Studi Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Ruu Pemilu 2009
  4. Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta Fm Surakarta
  5. Propaganda Barat terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film “Fitna” Menggunakan Analisis Semiologi Komunikasi)

 

 

Leave a Reply