HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Kampanye Pencegahan Flu Burung trhdp Anak dgn Media Komunikasi Visual

Judul Skripsi : Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual

 

A. Latar Belakang

Kasus Flu Burung juga terjadi di daerah Kabupaten Sragen pada awal tahun 2007. Banyaknya ternak unggas yang berada di daerah Kabupaten Sragen merupakan pemicu penyebaran virus H5N1 yang dapat menyebabkan Flu Burung. Untuk menanggulangi penyebaran Flu Burung Dinas Perikanan dan Peternakan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen melakukan tindakan pemberian vaksin terhadap unggas yang berada di Wilayah Kabupaten Sragen, dan mendirikan posko penanggulangan Flu Burung di masing-masing Puskesmas. Flu Burung atau Avian Influenza adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh Virus H5N1, sejenis virus yang menyerang unggas pada awalnya.

Unggas yang terserang akan mengalami kematian secara tiba-tiba dan penyebaran virus ini sangat cepat karena virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan unggas yang terkena dan melalui kotorannya. Virus ini terus berkembang hingga dalam beberapa kasus yang terjadi di Indonesia virus ini mampu menyerang manusia melalui unggas yang telah terkena virus ini. Virus ini sangat berbahaya , apabila penderita terlambat mendapatkan perawatan medis dapat menyebabkan kematian. Virus ini dapat menjangkiti siapa saja entah orang dewasa ataupun anak-anak. Dari berbagai kasus yang telah terjadi hampir sebagian dari penderitanya adalah anak-anak, hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh anakanak belum kuat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana merancang konsep dan desain yang tepat untuk kampanye pencegahan Flu Burung terhadap anak?
  2. Bagaimana memilih media yang digunakan sebagai sarana kampanye sekaligus penempatannya ( media placement ) ?
  3. Bagaimana memilih strategi kampanye agar efektif, tepat sasaran dan berhasil maksimal?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kampanye

Drs. Santoso Sastro Poetra menyimpulkan tentang pengertian kampanye adalah sebagai berikut “Kampanye adalah suatu kegiatan yang memuncak dalam satu jangka waktu tertentu dalam rangka mempengaruhi sesuatu fihak”.(Santoso Sastro Poetra,1983:100)

Sekilas tentang Flu Burung

Penyakit flu burung atau flu unggas (Bird Flu, Avian Influenza) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan dapat ditularkan oleh unggas ( www.litbang.depkes.go.id / Masalah Kesehatan / Flu Burung). Flu burung adalah suatu istilah yang digunakan oleh para ahli kesehatan untuk menerangkan penyakit flu pada unggas atau dalam bahasa asingnya avian influenza adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus ganas yang dapat menjangkiti unggas peliharaan dan burung liar.

Pengertian Komunikasi

Istilah komunikasi berasal dari perkataan latin “communicatio” yang berarti “pemberitahuan” atau “pertukaran fikiran”. Istilah communicatio tersebut bersumber pada kata “communis” yang berarti “sama”. Yang dimaksud dengan sama disini ialah “ kesamaan makna”

 

D. Identifikasi Data

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen terletak di Jl. Anggrek no. 32 Sragen 57212.

Kampanye dillaksanakan selama 10 hari, yaitu pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 13 Februari 2008.

Setelah melihat data dari kedua dinas tersebut diatas, akan di buat analisis SWOT-nya. SWOT adalah kependekan dari Strengh, Weakness, Oportunity, dan treat adalah salah satu cara untuk menganalisis suatu objek perancangan dengan pembandingnya.

 

E. Kesimpulan

Merancang desain untuk kegiatan kampanye memerlukan sebuah konsep dan strategi yang tepat, apalagi target yang diarah adalah anak-anak. Maka diperlukan suatau rancangan yang dapat menarik perhatian dan disukai, tentu saja dengan ilustrasi yang lucu dan mudah di pahami anak. Dengan media yang menarik inilah di harapkan informasi kampaye pencegahan flu burung akan dapat diterima dan mendapat respon yang berkelanjutan. Sehingga tujuan dari kampanye akan tercapai dan wabah flu burung dapat dicegah sejak dini. Kampanye ini akan sukses apabila Pemerintah dan masyarakat turut serta dalam pelaksanaan pencegahan, sehingga wilayah Kabupaten Sragen terhindar dari wabah flu burung.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual
  2. Peran Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta
  3. Wacana Ruu Pemilu 2009 Dalam Pemberitaan di Media Massa (Studi Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Ruu Pemilu 2009
  4. Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta Fm Surakarta
  5. Propaganda Barat terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film “Fitna” Menggunakan Analisis Semiologi Komunikasi)

 

Leave a Reply