HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kampanye Pencegahan Flu Burung Terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Masa yang paling menyenangkan adalah masa anak-anak. Pada masa anak-anak banyak sekali aktivitas yang dilakukan setiap harinya, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Waktu yang paling banyak digunakan adalah pada saat anak bermain bersama dengan teman-temannya. Biasanya setelah pulang dari sekolah mereka bermain bersama teman sampai dengan sore hari, dan anak sering kali bermain di luar rumah.

Aktivitas di luar rumah yang dilakukan anak, sering kali tidak terfokus pada satu tempat saja, berpindah-pindah tempat dan terus mencari tempat yang asyik untuk digunakan sebagai tempat bermain. Tempat-tempat seperti; kebun, halaman, pingiran sungai, lapangan, dan banyak lagi tempat yang anak gunakan. Ketika anak melakukan aktivitas bermain tersebut tidak semuanya mendapat pengawasan dari orang tuanya. Sebagai orang tua seharusnya turut mengawasi aktivitas yang dilakukan anak atau memberikan pengarahan kepada anak. Pengawasan dari orang tua yang kurang dapat di sebabkan oleh jauhnya tempat bermain anak dan aktivitas orang tua yang padat. Kedua faktor itu menyebabkan orang tua tidak dapat melakukan pengawasan terhadap anak setiap saat. Pengawasan terhadap kesehatan anak pun akan berkurang sehingga anak dapat terjangkit berbagai penyakit. Lemahnya sistem kekebalan tubuh pada anak, menyebabkan anak mudah tertular barbagai penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus bisa saja menjangkiti tubuh anak apalagi pada saat musim penghujan tiba, banyak sekali penyakit yang bermunculan. Seperti halnya yang terjadi pada dua tahun terakhir ini, munculnya kasus Flu Burung yang merebak di berbagai tempat di kawasan Indonesia.

Kasus Flu Burung juga terjadi di daerah Kabupaten Sragen pada awal tahun 2007. Banyaknya ternak unggas yang berada di daerah Kabupaten Sragen merupakan pemicu penyebaran virus H5N1 yang dapat menyebabkan Flu Burung. Untuk menanggulangi penyebaran Flu Burung Dinas Perikanan dan Peternakan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen melakukan tindakan pemberian vaksin terhadap unggas yang berada di Wilayah Kabupaten Sragen, dan mendirikan posko penanggulangan Flu Burung di masing-masing Puskesmas. Flu Burung atau Avian Influenza adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh Virus H5N1, sejenis virus yang menyerang unggas pada awalnya. Unggas yang terserang akan mengalami kematian secara tiba-tiba dan penyebaran virus ini sangat cepat karena virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan unggas yang terkena dan melalui kotorannya. Virus ini terus berkembang hingga dalam beberapa kasus yang terjadi di Indonesia virus ini mampu menyerang manusia melalui unggas yang telah terkena virus ini. Virus ini sangat berbahaya , apabila penderita terlambat mendapatkan perawatan medis dapat menyebabkan kematian. Virus ini dapat menjangkiti siapa saja entah orang dewasa ataupun anak-anak. Dari berbagai kasus yang telah terjadi hampir sebagian dari penderitanya adalah anak-anak, hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh anakanak belum kuat.

Anak-anak perlu mengetahui tentang Flu Burung, cara penyebarannya dan cara pencegahannya. Untuk itu diperlukan suatu pemberian informasi Flu Burung yang ditujukan kepada anak-anak. Hal ini dilakukan supaya anak dapat menjaga diri atau melakukan pencegahan penyebaran Flu Burung pada dirinya. Berdasarkan permasalahan inilah penulis mencoba mengangkatnya dalam Tugas Akhir, dengan judul “KAMPANYE PENCEGAHAN FLU BURUNG TERHADAP ANAK MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL”.

Mengingat luasnya permasalahan dalam lingkup Media Komunikasi Visual, maka penulis membatasi pada media cetak dan media luar ruangan, dan sebagai daerah yang akan dilakukan kampanye adalah wilayah Kabupaten Sragen

Leave a Reply