HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Peran PEMDA dlm Rangka Meningkatkan Kemampuan SDM utk Pasar Global

Judul Skripsi : Peran Pemerintah Daerah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Pasar Global (Studi kasus dilakukan di PTC Sragen Satellite Garment, Badan Diklat Kabupaten Sragen)

 

A. Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang sedang berkembang dengan keadaan ekonomi yang sedang tidak seimbang. Pada umumnya, tingkat kehidupan sebagian besar penduduk negara yang sedang berkembang cenderung rendah. Tingkat kehidupan yang rendah itu tampak jelas bentuknya secara kualitatif maupun kuantitatif. Terbukti di Indonesia terjadi pendapatan perkapita yang rendah dikarenakan SDM tidak dilatih dan kurang dimanfaatkan secara optimal.

Human resource (SDM) adalah kegiatan produktif dan potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat atau penduduk. (Yudo Swasono, Endang Sulistyaningsih, 1983:19).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM untuk memasuki pasar global yang dilakukan pada PTC. Sragen Satellite Garment ?
  2. Apa kendala-kendala yang dihadapi PTC. Sragen Satellite Garment dalam melakukan kegiatan ekspor ?
  3. Bagaimana strategi PTC. Sragen Satellite Garment dalam menjaga loyalitas buyer ?

 

C. Landasan Teori

Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management)

Peranan sumber daya manusia di dalam perkembangan teknologi industri tampak sangat jelas. Meskipun ada teknologi secanggih apapun, jika tidak diproses oleh manusia pasti tidak dapat berjalan. Istilah SDM mengandung konotasi yang bersangkutan dengan kondisi manusia pada umumnya, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Semakin kompleks tantangan yang dihadapi oleh suatu perusahaan, maka akan semakin rumit pula kegiatan yang harus dilakukan. Satu bidang yang tampaknya relatif rumit dalam suatu perusahaan adalah bidang yang bersangkutan dengan pengelolaan kemampuan SDM dalam perusahaan tersebut.

Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Perencanaan SDM dalam organisasi atau perusahaan merupakan seperangkat kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan akan kebutuhan pegawai atau SDM dari suatu organisasi atau perusahaan di masa mendatang. Melalui estimasi jumlah dan jenis pegawai yang akan diperlukan oleh seluruh bagian, bagian kepegawaian dapat menyusun rencana secara lebih baik dalam hal–hal yang mencakup lingkup pekerjaannya.

 

Pengadaan Tenaga Kerja (Procurement)

Procurement merupakan usaha untuk memperoleh jenis dan jumlah yang tepat dari personalia yang diperlukan untuk mencapai sasaran organisasi. Di dalam perusahaan besar, procurement merupakan fungsi yang berdiri sendiri dan dilimpahkan kepada ahli personalia. Departemen ini kemudian mengelola, mengatur, dan mengembangkan kemampuan SDM. Pada perusahaan kecil, fungsi procurement ini dipegang oleh pimpinan perusahaan sendiri, sebab pada perusahaan kecil ruang lingkupnya masih sempit.

 

D. Metode Penelitian

Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PTC. Sragen Satellite Garment, khususnya kepala bagian personalia, Bapak Agus Priyono, S.Sos, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian. Data ini penulis peroleh dari buku maupun sumber bacaan lain.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen mendirikan sebuah badan, yaitu Badan Pendidikan dan Latihan Kerja yang di dalamnya dibentuk PTC. Sragen Satellite Garment, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia daerah Sragen dan sekitarnya sehingga didapat sumber daya yang potensial dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja untuk dapat menghadapi pasar global.
  2. Kendala-kendala yang dihadapi oleh PTC. Sragen Satellite Garment dalam melakukan kegiatan ekspor adalah:
  1. Belum terbentuknya badan hukum yang jelas yang mendasari kegiatan PTC. Sragen Satellite Garment.
  2. Ketertarikan pihak buyer dari luar negeri masih rendah.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Evaluasi terhadap Penentuan Harga Pokok Produk Pesanan dengan Metode Full Costing pada Bengkel Mesin
  2. Analisa Konsumsi Rumah Tangga di Kabupaten Brebes tahun 2004
  3. Proses Ekspor-Impor pada Kawasan Berikat Tanjung Emas Export Processing Zone (Tepz)
  4. Peran Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dalam Mengembangkan Produktifitas
  5. Analisis Permintaan Jepang terhadap Komoditas Udang Indonesia Tahun 1978-2003

 

Leave a Reply