HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pembelajaran Quantum Tipe Teknik Peta Konsep dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar

Judul Tesis : Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Tipe Teknik Peta Konsep dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri 2 Ungaran)

 

A. Latar Belakang

Metode mengajar quantum tipe teknik peta konsep merupakan salah satu metode mengajar yang sedang dikembangkan pada Mata Pelajaran Ekonomi, teknik ini dapat memberikan gambaran visual tentang materi pelajaran yang membantu siswa dalam mengingat informasi dan melihat keterkaitan antar konsep serta menjadikan siswa untuk berfikir aktif memecahkan suatu masalah. Teknik peta konsep diartikan sebagai teknik pemanfaatan keseluruhan obyek dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan.

Metode mengajar quantum tipe teknik peta konsep merupakan metode yang tepat apabila diterapkan pada materi pelajaran APBN dan APBD karena metode ini dapat menunjukkan keterkaitan antar konsep sebagai upaya untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi pelajaran tersebut. Dengan demikian dalam penyusunan tesis ini peneliti mengambil judul : ” PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE TEKNIK PETA KONSEP DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri 2 Ungaran)”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang diteliti adalah apakah penerapan metode quantum tipe teknik peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi materi pelajaran APBN dan APBD?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kesulitan Belajar

Menurut The United States Office of Education (USDE) dalam Abdurrahman (1999:6) mendefinisikan ”Kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam suatu atau lebih dari proses psikologi dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran atau tulisan” sedangkan The National Joint Committee for Learning Disability (NJCLT) dalam Abdurrahman (1999:7) kesulitan belajar menunjuk pada sekelompok kesulitan dalam bentuk kesulitan belajar yang nyata dalam kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengarkan, bercakap-cakap, membaca, menulis, menalar atau kemampuan berhitung.

Prestasi Belajar

Prestasi belajar tidak hanya sebagai indikator keberhasilan dalam bidang studi tertentu, tetapi juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. Selain itu, prestasi belajar juga berfungsi sebagai umpan balik bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menurut Cronbach dalam bukunya Zaenal Arifin (1991:4), mengatakan bahwa kegunaan prestasi belajar adalah sebagai umpan balik bagi pendidik dalam mengajar, untuk keperluan diaknosis, penempatan, bimbingan dan penyuluhan serta untuk penentuan isi kurikulum dan yang menentukan kebijaksanaan sekolah.

 

Metode Mengajar

Bakker (1986:10) menyatakan bahwa kata metode berasal dari kata Yunani yaitu methodos. Kata metodos merupakan gabungan dari kata depan metha yang artinya menuju, melalui, mengikuti dan sesudah, sedangkan kata benda hodos yang artinya jalan, perjalanan dan cara arah. Tri Mastoyo Jati Kusuma (2007:1) metode adalah cara bertindak menurut system aturan tertentu. Maksud dari metode adalah kegiatan lebih praktis, terlaksana secara rasional dan terarah untuk mencapai hasil optimal.

 

Metode Quantum tipe Teknik Peta Konsep

Metode quantum tipe teknik peta konsep adalah teknik belajar dengan menunjukkan pola dari ide-ide yang berkaitan dalam bentuk grafis, cara ini memungkinkan siswa mengingat informasi dengan cepat yang dapat membantu siswa untuk memahami, menyimpan dan menggali kembali informasi yang telah diterima.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research. Pada penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu Siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus memiliki tahapan:

  • perencanaan tindakan
  • pelaksanaan tindakan
  • observasi
  • refleksi

Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI IPS 3 pada SMA Negeri 2 Ungaran.

 

E. Simpulan

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Ungaran dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu :

  • perencanaan tindakan
  • pelaksanaan tindakan
  • observasi
  • refleksi tindakan

Setelah dilaksanakan penelitian tersebut dapat dikemukakan simpulan sebagai berikut: Penerapan metode quantum tipe teknik peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi materi pelajaran APBN dan APBD di SMA Negeri 2 Ungaran, peningkatan dicapai dari setiap siklus. Penigkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dari Nilai Ulangan Harian sebelum pemberian tindakan hanya mencapai 22,58% dari 31 siswa dalam kelas tersebut.

Setelah diberikan tindakan pada siklus I, penguasaan materi pelajaran siswa meningkat menjadi 77,45% dan akhirnya pada siklus II dapat lebih meningkat menjadi 90,32%. Berdasarkan peningkatan prestasi tersebut maka diketahui ada kesesuaian penggunaan metode quantum tipe teknik peta konsep dengan materi pelajaran APBN dan APBD.

Incoming search terms:

Leave a Reply