HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara

ABSTRAKSI

Laporan penelitian ini mengkaji tentang penanganan pengiriman barang domestik melalui pesawat udara di Niki Tour Solo. Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan yang dipersoalkan dalam penelitian ini, yaitu mengetahui proses pengiriman barang melalui pesawat udara di Niki Tour, mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan kepada konsumen, kendala yang dihadapi Niki Tour dalam menangani pengiriman barang dan usaha mengatasi kendala-kendala tersebut.

Laporan penelitian ini disajikan secara dekriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan penanganan pengiriman barang. Metode penelitian ini menggunakan studi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian data yang telah diperoleh dikembangkan lebih dalam lagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suatu biro perjalanan wisata dalam menangani pengiriman suatu barang harus menurut ketentuan-ketentuan dan harus melalui prosedur yang telah ditetapkan baik ketentuan yang dibuat oleh Niki Tour atau perusahaan pengiriman barang.

Jika aktifitas tersebut dilakukan sesuai ketentuan, prosedur, maupun memenuhi syarat yang benar, maka barang yang diangkut akan terjamin keselamatan dan keamananya, meskipun sudah dilakukan dengan baik, tetapi Niki Tour juga masih mengalami banyak kendala dalam operasionalnya dan bagaimana usaha Niki Tour dalam pengembangannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa suatu perusahaan perjalanan wisata itu ternyata dapat menangani jasa pengiriman barang dengan baik yang dapat diminati oleh konsumen. Dengan adanya jasa pengiriman barang ini di suatu perusahaan perjalanan wisata ini setidaknya dapat memudahkan konsumen dalam mengirim barang dan menguntungkan bagi Niki Tour dalam meningkatkan kualitas perusahaannya.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Jasa pengiriman barang memang memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya pada angkutan barang yang menggunakan pesawat udara. Transportasi yang semakin baik dan berkembang cepat serta ditunjang dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini banyak juga berdiri perusahaan pengiriman barang domestik khususnya di kota Solo. Dimana suatu perusahaan pengiriman barang tersebut dalam penanganannya selain menggunakan sarana dan prasarana yang canggih, juga perusahaan tersebut membutuhkan kerjasama dengan pihak lain untuk memperluas jaringan dan sistem kinerja perusahaan tersebut agar lebih baik dalam penanganannya.

Oleh sebab itu, banyak juga terjadi persaingan antar perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dalam menjual produknya kepada konsumen, tetapi tidak semua orang dapat mendirikan suatu perusahaan pengiriman barang tersebut dengan baik, karena untuk menempatkan suatu perusahaan tersebut dalam industri jasa pengiriman barang domestik harus dapat memiliki sumber daya manusia yang professional, dan kemampuan standar kerja yang tinggi, bila mereka ingin mendapatkan akses yang paling baik di pasar dan kepercayaan dari konsumen. Sehubungan dengan ini banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang menggunakan jasa biro perjalanan wisata sebagai salah satu pengecernya, biro perjalanan wisata dianggap penting bagi perusahaan pengiriman untuk dapat memajukan produk jasanya, karena biro perjalanan wisata ini dapat bertanggung jawab atas sebagian besar penjualan produk jasanya, maka sangatlah penting juga biro perjalanan wisata ini mempunyai keuangan, keamanan, dan profesionalisme (Z.S.A Sahulata,1994:5).

Hal yang paling utama dalam suatu biro perjalanan wisata adalah bagaimana harus dapat menjual produknya dengan baik, seperti Niki Tour. Niki Tour ini merupakan salah satu dari biro perjalanan wisata yang menawarkan jasa pengiriman barang di perusahaannya. Niki Tour berdiri di bawah keanggotaan ASITA Solo yang bergerak dibidang jasa perjalanan. Niki Tour sendiri sudah memiliki peran & fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pusat informasi perjalanan, dan Niki Tour bertindak sebagai mediator atau perantara yang memasarkan atau menawarkan produk jasa perusahaan pengiriman barang kepada konsumen. Jasa yang dimaksud disini adalah jasa pengiriman barang termasuk bantuan-bantuan dalam mencapai target motivasi maupun kepuasaanya (Happy Marpaung,2000).

Niki Tour juga bertanggung jawab dalam proses penanganannya. Dalam proses penanganan pengiriman barang domestik tersebut Niki Tour menjalin kerjasama dengan JNE yang sebagai Perusahaan Ekspedisi Muatan. Kerjasama ini dilakukan khusus dalam menangani pengiriman barang domestik melalui pesawat udara atau jasa kurir dalam negeri. Tujuan dari kerjasama ini untuk mempermudah Niki Tour dalam operasionalnya juga untuk mengembangkan produk jasa pengiriman barang di Niki Tour serta untuk memperluas produk jasa dari perusahaan pengiriman barang seperti JNE. Dalam proses penanganannya, Niki Tour melasanakan sesuai ketentuan atau prosedur yang ditetapkan baik dari perusahaan lain ataupun dari Niki Tour sendiri. Jasa pengiriman barang ini sebagai revenue (pemasukan) tambahan juga bagi Niki Tour dari semua jasa yang di tawarkan. Ada dampak dan keuntungan tersendiri bagi Niki Tour untuk menawarkan jasa pengiriman barang di perusahaanya dan untuk mendukung keberhasilannya khususnya dalam jasa pengiriman barang ini, Niki Tour harus dapat berperan aktif dalam menciptakan pelayanan yang baik kepada konsumennya.

Penulisan Tugas Akhir ini memang mengangkat persoalan yang agak diluar fokus kepariwisataan, tetapi faktanya dijalankan oleh sebuah perusahaan perjalanan wisata yaitu jasa pengiriman barang domestik yang dioperasionalkan oleh Biro Perjalanan Wisata, Niki Tour Solo sebagai suatu karya tulis ilmiah. Maka dari itu, penulisan Tugas Akhir ini memakai judul tentang “Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara Di Niki Tour Solo”.

Incoming search terms:

Leave a Reply