HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Prosedur Pengiriman Barang Ekspor pd PT. DJAKARTA LLOYD

Judul Skripsi : Prosedur Pengiriman Barang Ekspor pada PT. DJAKARTA LLOYD (PERSERO) Cabang Semarang

 

A. Latar Belakang

Peranan sumber daya alam dan hasil pertanian dalam perekonomian Indonesia sangat signifikan dan strategis, karena selain diminati di pasar Internasional juga dibutuhkan di dalam negeri. Hal ini menempatkan masalah pelestarian sumber daya alam dan pengendalian ekspor atas barang tertentu untuk kebutuhan dalam negeri menjadi tugas pemerintah yang amat penting.

Berdasarkan data yang diungkapkan Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Departemen Perdagangan, Gusmardi Bustami, pertumbuhan ekspor Indonesia ke Amerika saat ini telah mengalami penurunan, ekspor ke negara itu telah menurun dari 14% menjadi 11%. “Karena adanya diversifikasi pasar ekspor Indonesia”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah prosedur pengiriman barang ekspor pada PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang ?
  2. Hambatan apa yang timbul dan dihadapai dalam prosedur pengiriman barang ekspor pada PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

”Ekspor adalah mengeluarkan barang-barang dari peredaran dalam masyarakat dan mengirimkan ke luar negeri sesuai ketentuan pemerintah dan mengharapkan pembayaran dalam bentuk Valuta Asing (valas) (Amir MS, 2003:100).”

Pengertian Petikemas

”Menurut Suyono R.P, (2005) Peti kemas adalah satu kemasan yang dirancang khusus dengan ukuran tertentu, dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya.”

Pengertian Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL)

Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) adalah usaha pengurusan dokumen dan muatan yang akan diangkut melalui kapal atau pengurusan dokumen dari muatan yang berasal dari kapal. Untuk pengurusan ini, EMKL mendapat kuasa secara tertulis dari pemilik untuk mengurus barangnya. Di pelabuhan muat, EMKL akan membantu pemilik barang membukukan muatan pada agen pelayaran, mengurus dokumen dengan Bea Cukai dan instansi terkait lainnya dan membawa barang dari gudang pemilik barang ke gudang didalam pelabuhan. EMKL bergerak sesuai SK. Menhub No. KM 82/AL 305/PHB 85.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah Deskriptif Analitik.

Jenis dan Sumber Data yaitu Data Primer dan data sekunder

Sumber Data pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Studi Pustaka dan Magang Kerja.

 

E. Kesimpulan

  • Prosedur pengiriman barang ekspor PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang.

Mendapatkan fax SI (Shipping Instruction) dari shipper. SI (Shipping Instruction) digunakan PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang untuk booking space (ruang kapal).

Shipping Line segera menerbitkan Delivery Oder (D/O). Delivery Oder (D/O) digunakan untuk mengambil kontainer di Depo kontainer semarang.

  • Kontainer sampai di gudang shipper dilakukan proses stuffing dan fumigasi jika diperlukan.

Permasalahan yang timbul dan masih dihadapi dalam prosedur pengiriman barang ekspor PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang

  • Diterapkanya Sistem EDI (Electronic Data Interchage)

Data yang tidak sesuai harus dibuat nota pembetulan dengan satu kali kesempatan.

Windows atau Software rusak PT. EDI tidak akan bertanggung jawab.

Hambatan transportasi (trucking) karena kecelakaan atau mesin rusak yang dialami alat transportasi (truck chassis), karena yang eksportir (shipper) ketahui adalah proses tersebut merupakan tanggung jawab dari PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Pengaruh Out Standing Credit, Tabungan, Deposito, Antar Bank Pasiva, Modal Inti dan Modal Pinjaman terhadap Rasio Loan to Deposit Ratio (Studi Kasus pada PT. BPR Kartasura Makmur Kartasura)
  2. Prosedur Pengiriman Barang Ekspor pada PT. Djakarta Lloyd (Persero) Cabang Semarang
  3. Analisis Dampak Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan
  4. Analisis Sektor Potensial Ekonomi Kabupaten Karanganyar
  5. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga
Incoming search terms:

Leave a Reply