HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle

Judul Tesis : Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa

 

A. Latar Belakang Masalah

Konteks outdoors atau pelaksanaan pembelajaran dimana siswa melakukan proses “inquiry” dimaksudkan untuk menginspirasi dan mengapresiasi siswa. Sehingga pembelajaran sains melalui Inkuiri terbimbing dan kegiatan eksperimen yang tidak selalu berpusat di dalam kelas diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kontruktivis, inspiratif, apresiatif, dan siswa juga mampu berperan aktif, kreatif, serta juga dapat berpikir secara sistematis (Oleg Popov, dkk :1).

Dalam penelitian ini, pembelajaran fisika materi usaha dan energi dilakukan melalui pendekatan inkuiri terbimbing melalui Animasi. Dengan media ini siswa dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mengamati segala benda yang sedang terlibat dalam proses serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan dari apa yang ditampilkan dari mediaAnimasi tersebut. Pembelajaran melalui media Animasi bersifat menghibur dan sangat menarik perhatian siswa. Dalam pembelajaran, Animasi sebagai media interaktif dapat memperkuat konsep yang ada pada diri siswa (RM Benito, dkk 2007:1). Sehingga melalui media Animasi diharapkan materi fisika yang disampaikan menjadi tidak membosankan, dan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Selain Animasi, pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pictorial Riddle. Pictorial riddle disusun dalam rangka meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran fisika materi usaha dan energi, dalam diskusi kelompok kecil atau kelompok besar. Pictorial merupakan salah satu bentuk yang cukup diminati oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika (Patrick B Kohl:1).

Gambar, peraga, atau situasi yang sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara berpikir kritis dan kreatif dari siswa. Suatu “riddle” biasanya berupa gambar di papan tulis, papan poster atau diproyeksikan dari suatu transparansi, kemudian guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan “riddle” (Moh. Amien, 1979:26-27). Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan media Pictorial Riddle ini tepat digunakan dalam pembelajaran fisika materi usaha dan energi, mengingat bahwa Pictorial Riddle dapat mengemas materi usaha dan energi menjadi suatu pembelajaran fisika yang menarik dan tentu saja mengasyikkan bagi siswa.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh penerapan Inkuiri Terbimbing menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle terhadap prestasi belajar fisika?
  2. Apakah ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika?
  3. Apakah ada pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika?

 

C. Kajian Teori

Definisi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang pelaksaannya secara inkuiri melalui bimbingan guru. Pendekatan ini biasanya digunakan untuk siswa yang belum berpengalaman belajar dengan pendekatan inkuiri. Dalam prosesnya, guru memberikan bimbingan berupa petunjuk yang cukup kepada siswa.

Animasi

Animasi dalam pembelajaran fisika merupakan program pembelajaran yang menarik, menghibur, dan menyenangkan yang ditampilkan dalam komputer dalam bentuk gambar bergerak agar siswa dapat memahami konsep fisika. Melalui animasi ini siswa diharapkan dapat melakukan penyelidikan tentang karakteristik usaha dan energi. Animasi pada pembelajaran ini dibuat dengan program Macromedia Flash 8. Macromedia Flash 8 merupakan aplikasi interaktif yang memiliki beberapa kelebihan antara lain format grafis berbasis vektor, kapasitas file hasil yang kecil, memiliki kemampuan mengatur interaktivitas program, memiliki kelengkapan fasilitas dalam melakukan desain.

Pictorial Riddle

Menurut Moh. Amin (1979:27), pendekatan dengan menggunakan Pictorial Riddle adalah salah satu teknik/metode untuk mengembangkan motivasi dan ketertarikan siswa di dalam diskusi kelompok kecil maupun besar. Gambar, peraga, atau situasi yang sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara berpikir kritis dan kreatif siswa.

Motivasi Belajar

Dalam pembelajaran, motivasi adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya. Tanpa motivasi, siswa tidak akan tertarik dan serius dalam mengikuti pembelajaran. Sebaliknya, dengan adanya motivasi yang tinggi siswa akan tertarik dan terlibat aktif bahkan berinisiatif dalam proses pembelajaran.

Sikap Ilmiah

Istilah sikap dalam bahasa Inggris disebut “Attitude” sedangkan istilah attitude sendiri berasal dari bahasa latin yakni “Aptus” yang berarti keadaan siap secara mental yang bersifat untuk melakukan kegiatan. Triandis mendefenisikan sikap sebagai “an attitude is an idea charged with emotion which predis poses a class of actions to aparcitular class of social situation”. Rumusan ini dapat diartikan bahwa sikap mengandung tiga komponen yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen tingkah laku.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2010/2011.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI.

Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 1 menggunakan Animasi dan kelas XI IPA 2 menggunakan Pictorial Riddle.

Pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk prestasi belajar dan angket untuk motivasi belajar dan sikap ilmiah.

Analisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) tiga jalan dengan desain faktorial 2 x 2 x 2.

 

E. Kesimpulan

1. Ada pengaruh Inkuiri Terbimbing menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle terhadap prestasi belajar fisika, dimana nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,046. Materi usaha dan energi yang dipilih pada penelitian ini adalah materi fisika yang bersifat konkrit. Misalkan pada konsep usaha, untuk melakukan suatu usaha maka diperlukan gaya. Dalam hal ini usaha yang dihasilkan dapat dirasakan dan dapat diamati efeknya. Oleh karena itu dilakukan pembelajaran dimana siswa dapat melakukan pengamatan. Agar tampil menarik sehingga siswa merasa senang, pembelajaran dilakukan melalui Animasi dan Pictorial Riddle.

2. Ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika, dimana nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000. Dalam pembelajaran, motivasi merupakan pendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya. Tanpa motivasi, siswa tidak akan tertarik dan serius dalam mengikuti pembelajaran. Sebaliknya dengan adanya motivasi yang tinggi, siswa akan tertarik dan terlibat aktif bahkan berinisiatif dalam proses pembelajaran.

3. Ada pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika, dimana nilai probablitas (sig.) sebesar 0,000. Sikap ilmiah merupakan perbuatan yang berdasarkan pada pendirian atau pendapat atau keyakinan. Sikap ilmiah yaitu kecenderungan seorang siswa untuk bertindak atau berperilaku dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah.

Incoming search terms:

Leave a Reply