HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Ilmu Administrasi Publik

Ilmu Administrasi Pengertian Ilmu Administrasi Publik

Ilmu Administrasi

Ilmu Administrasi~Administrasi merupakan sebuah kata yang sebenarnya dapat didefinisikan kedalam pembahasan apapun.

Ilmu yang mempelajari administrasi tentu saja disebut Ilmu Administrasi. Ilmu administrasi sendiri merupakan cabang ilmu yang ada pada ilmu sosial.

Administrasi merupakan suatu seni dan ilmu yang digunakan pada saat kegiatan pelayanan publik. Admninistrasi publik juga merupakan suatu manajemen serta organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah.

Hal tersebut merupakan pengertian secara universal, tetapi tidak menuntut kemungkinan bahwa banyak para ahli yang mendefinisikannya secara berbeda. Oleh karenanya dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan memberikan wawasan untuk anda.

Dalam praktik administrasi publik juga memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Salah satu ruang lingkupnya ialah pada bidang pemerintahan. Pemerintah tentu saja membutuhkan ilmu tersebut sebagai pedoman yang digunakan untuk melakukan pelayanan pada masyarakat.

Sedangkan dalam ilmu administrasi publik sendiri memiliki Identifikasi terhadap administrasi negara/ publik, menurut pendapat Gerald E. Caiden, dapat ditempuh melalui lima cara berikut:

  1. Identifikasi administrasi pemerintahan.
  2. Identifikasi organisasi publik.
  3. Identifikasi orientasi sikap administrasi.
  4. Identifikasi proses yang bersifat khusus.
  5. Identifikasi aspek publik.

Sebagai ilmu, tentu saja ilmu administrasi publik atau ilmu administrasi negara memiliki fungsi yang sangat beragam, terutama dalam pelayananan msyarakat. Fungsi ilmu administrasi publik, meliputi :

  1. Fungsi Tradisional
  2. Fungsi Pembangunan Bangsa
  3. Fungsi Manajemen Ekonomi
  4. Fungsi Kesejahteraan Sosial
  5. Fungsi Kontrol Lingkungan
  6. Fungsi Hak Asasi Manusia

Fungsi kesejahteraan sosial yang ada pada ilmu administrasi publik tentu sjaa terdapat campur tangan pemerintah dalam mensejahterahkan kehidupan sosial. Alasan yang paling dasar kenapa dalam mensejahterahkan kehidupan sosial negara harus ikut andil agar terjadinya pemerataan yang seoptimal mungkin terutama pada kesehatan nasional.

Demikian Artikel yang berjudul Pengertian Administrasi Publik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sebagai penambah wawasan .

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply