HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Ilmu Administrasi Publik UGM

Ilmu Administrasi Publik Ilmu Administrasi Publik UGM

Ilmu Administrasi Publik

Ilmu Administrasi Publik ~ Dalam kesempatan yang sebelumnya IDtesis telah memberikan berbagai wawasan melalui artikel mengenai ilmu admnistrasi.

Dalam kesempatan kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan mebali memberkan wawasan mengenai ilmu administrasi publik.

Dalam menempuh jenjang pendidikan tinggi atau perguruan tinggi tentu kita sebagai calon mahasiswa menginginkan program pendidikan yang kita idamkan dan berada pada naungan universitas yang juga berkualitas.

Kita ambil contoh UGM Yogjakarta, UGM merupakan universitas tertua di Indonesia yang juga memiliki akreditas terjamin. Setiap mahasiswanya memiliki kualitas otak yang juga tak kalah hebatnya. Banyak profesor yang menjadi lulusan universitas tersebut.

Tak heran jika Yogjakarta menjadi asalah satu kota pelajar di Indonesia. Hampir di semua fakultas yang dimiliki UGM tak pernah jauh dari peminat, tak terkecuali Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.

Salah satu program studi yang ada pada pada FISIPOL ialah ilmu administrasi publik. Selain di bidang pendidikan dan pengajaran, Fisipol juga telah berpartisipasi dalam pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik serta memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Administrasi sendiri memiliki artian yang sempit yaitu suatu penyusunan serta tata usaha yang berhubungan dengan pelayananan.

Sedangkan administrasi dalam artian luas memiliki arti yaitu suatu kerjasama yang terjalin antara kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu disebut administrasi dalam arti luas.

Ilmu yang mempelajarai tentang fenomena-fenomena kerjasama yang sifatnya kooperatif dan terorganisir disebut dengan ilmu administrasi. Sehingga kajian adinistrasi yang berhubungan dengan publik disebut dengan ilmu administrasi publik.

Administrsi  publik yang pada intinya melaksanakan pembangunan dan mengurusi atau memberikan pelayanan untuk kepentingan masyarakat. Administrasi publik merupakan aplikasi dari kebijakan pemerintah yang telah secara khusus ditetapkan oleh bada-badan perwakilan pemerintah.

Secara global administrasi publik sendiri sringkali disebut dengan suatu proses yang ada pada pelaksanaan kegiatan pelayanan publik. Kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan disusun secara sistematis. Tujuan dari penetapan kebijakan tersebut tentu saja bertujuan untuk menentukan arah yang ada pada publik.

Perkembangan konsep yang ada pada administrasi publik tentu saja dipengaruhi beberapa pihak yang menjadikan pemikirannya tolak ukur atau pendangan tertentu. Salah satu konsepnya antara lain ialah new public service (NPM).

Administrasi publik dimaksudkan untuk lebih memahami hubungan pemerintah dengan publik serta meningkatkan  responsibilitas kebijkan terhadap kebutuhan publik, dan juga melembagakan praktek-praktek manajerial agar terbiasa melaksanakan suatu kegiatan dengan efektif, efesien dan rasional.

Peran administrasi publik dalam suatu negara sangat vital sehingga Karl Polangi mengatakan bahwa kondisi ekonomi suatu negara sangat tergantung pada dinamika administrasi publik.

Hal ini diperkuat oleh David Osborn yang mengemukakan paradigmanya Reinventing Government bahwa pemerintah harus bersifat katalik, meberdayakan masyarakat, mendorong semangat kompetisi, berorientasi pada misi, mementingkan hasil dan bukan cara, mengutamakan kepentingan pelanggan, berjiwa wirausaha, selalu berupaya mencegah masalah atau bersikap antisipatif, desentralistis dan berorientasi pasar.

Demikian artikel mengenai Ilmu Administrasi Publik, Konsep Ilmu Administrasi Publik, dan Paradigma Ilmu Administrasi Publik. Semoga dapat bermanfaat bagi bahan refrensi untuk anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply