HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Pemasaran Gula Kelapa di Kabupaten Kulon Progo

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pembangunan ekonomi di dalam pembangunan nasional jangka panjang di Indonesia mempunyai sasaran utama mencapai keseimbangan antara sektor pertanian dan industri. Keseimbangan tersebut dapat tercapai apabila kondisi perekonomian atau industri yang maju didukung oleh sektor pertanian yang tangguh (Soekartawi, 2001). Sebagai penggerak pembangunan pertanian, agroindustri diharapkan dapat memainkan peranan penting kegiatan pembangunan daerah dalam sasaran pemerataan pembangunan ekonomi. Keberadaaan agroindustri di pedesaan diharapkan dapat meningkatkan permintaan terhadap komoditas pertanian, karena sektor agroindustri berperan dalam mengubah produk pertanian menjadi barang yang lebih berguna bagi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu pembangunan pertanian yang dikaitkan dengan pengembangan industri pertanian perlu diarahkan ke wilayah pedesaan. Industri pengolahan komoditas pertanian selain mengolah hasil pertanian juga mempunyai tujuan yaitu untuk memperoleh keuntungan guna mempertahankan kelangsungan usahanya. Suatu usaha akan melakukan kegiatannya secara terus menerus agar dapat mempertahankan atau bahkan untuk mengembangkan keberadaan perusahaan, maka kegiatan yang dilakukan perusahaan haruslah memperoleh keuntungan.

Salah satu hasil pertanian yang dapat dipergunakan dalam industri pengolahan adalah dari tanaman kelapa, yaitu nira yang dihasilkan dari penyadapan mayang (bunga) tanaman kelapa. Nira tersebut dapat diolah menjadi gula kelapa yang dikenal dengan nama gula jawa. Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia cocok ditumbuhi pohon kelapa, karena kelapa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di lingkungan yang bersuhu kurang lebih 27 oC dan mempunyai curah hujan 1300-2300 mm per tahun. Tanaman kelapa cukup banyak diusahakan oleh masyarakat di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk di Kabupaten Kulon Progo. Berikut disajikan luas tanam, produksi, dan produktivitas tanaman kelapa di Kabupaten Kulon Progo.

Tabel 1. Luas Tanam, Produksi dan Produktivitas Tanaman Kelapa di Kabupaten Kulon Progo KriteriTahun a Luas Panen (ha) Produksi (ton) Produktivitas (kw/ha)
Photobucket Analisis Pemasaran Gula Kelapa di Kabupaten Kulon Progo

Dari Tabel 1 dapat dilihat bahwa produksi kelapa di Kabupaten Kulon Progo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tingginya minat masyarakat Kabupaten Kulon Progo untuk menanam kelapa tersebut karena dahulu sampai sekarang kelapa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan keluarga, dan sebagian masyarakat daerah ini memanfaatkan pohon kelapa untuk disadap guna diolah menjadi gula kelapa yang cukup terkenal sampai ke luar daerah. Mengingat agroindustri gula kelapa di Kabupaten Kulon Progo semakin meningkat yang menyebabkan suplai gula kelapa begitu besar, maka peranan pemasaran di sini sangatlah penting. Pemasaran merupakan tindakan ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan produsen. Produksi yang baik akan sia-sia dengan harga pasar yang rendah, karena tingginya produksi tidak mutlak memberikan keuntungan yang tinggi tanpa disertai dengan pemasaran yang baik dan efisien.

Sistem pemasaran gula kelapa yang baik akan mengalirkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan memberi indikasi tentang perubahan penawaran dan permintaan gula kelapa kepada produsen. Sedangkan efisiensi berarti mampu mengalirkan hasil produksi dengan biaya seminimal mungkin, tingkat harga dan keuntungan yang wajar dan adil serta penjualannya dapat dilakukan dengan tepat. Bagian yang diterima oleh produsen gula kelapa akan meningkat dengan sistem pemasaran gula kelapa yang baik. Hal ini dapat dikaji melalui besarnya biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, dan marjin pemasaran gula kelapa. Sehingga dapat diketahui sejauh mana efisiensi pemasaran gula kelapa tersebut.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

 

Incoming search terms:

Leave a Reply