HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Strategi Pemasaran: Analisis Strategi Pemasaran pd PT. AEROTRANS

Judul Tesis : Analisis Strategi Pemasaran pada PT. AEROTRANS

 

A. Latar Belakang Masalah

Dalam menghadapi era globalisasi dimana peran pemerintah semakin kecil dan peran swasta semakin besar, dituntut adanya usaha serius pemerintah untuk dapat menciptakan iklim kompetensi yang sehat bagi semua pihak dalam semua bidang industri khususnya industri jasa mengingat dalam industri tersebut, perusahaan jasa mover dituntut memiliki kemampuan yang tinggi terutama sumberdaya dan teknologi yang dimilikinya agar dapat bersaing dengan perusahaan asing sejenis yang masuk ke Indonesia.

Sektor jasa dewasa ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dunia. Sebagai negara berkembang, walaupun Indonesia bukanlah masyarakat industri tetapi pemakaian jasa itu sendiri menempati tempat yang tak kalah pentingnya bagi kesuksesan suatu bisnis.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi pemasaran perusahaan berdasarkan segmentasi, target dan posisi?
  2. Bagaimana strategi pemasaran PT. AEROTRANS berdasarkan siklus kehidupan usaha produk (Product Life Cycle) untuk menghadapi persaingan?

 

C. Tinjauan Literatur Tesis 

Definisi Strategi

Inti dari sebuah strategi adalah untuk menyesuaikan antara kekuatan (strengths) dan kecakapan tertentu (distinctive competence) dalam sebuah lingkungan industri (terrain) yang mampu membuat seorang pengusaha mendapatkan keuntungan kompetitif dari para pesaingnya di dalam bidang industri yang sama. Yang dimaksud dengan kecakapan tertentu (distinctive competence) di sini adalah kemampuan khusus atau sumberdaya yang memungkinkan sebuah perusahaan menang di atas pesaingnya. Sedangkan yang dimaksud lingkungan industri (terrain) adalah lingkungan yang memunculkan adanya kompetisi, dalam istilah bisnis mengacu pada sebuah pasar dan produk yang digunakan untuk menarik minat pelanggan.

Bauran Pemasaran Jasa

Marketing Mix atau bauran pemasaran pada produk barang, berbeda dengan marketing mix pada produk jasa. Hal ini disebabkan karena perbedaan karakteristik dan sifat-sifat kedua produk tersebut sangat jauh. Pada produk barang-barang marketing mix terdiri atas price, place, product dan promotion. Sedangkan pada jasa marketing mix ditambah tiga elemen yaitu people, process dan customer service.

Strategi Pemasaran dalam Tahap Siklus Kehidupan Usaha Produk (Product Life Cycle)

Pruduct Life Cycle (PLC) sejenis pola penjualan yang diikuti oleh produk sepanjang waktu, sejalan dengan berubahnya selera konsumen dan inovasi teknologi yang menyebabkan produk-produk baru akan muncul dan menggantikan produk-produk yang ada. Pembahasan mengenai PLC biasanya selalu menggambarkan riwayat penjualan dengan kurva berbentuk S. Kurva ini digambarkan memiliki empat tahap utama yaitu tahap perkenalan (introduction), tahap pengembangan (growth), tahap kedewasaan (maturity), dan tahap penurunan (decline).

 

D. Metode Penelitian

Pendekatan dalam pembahasan dan analisis penelitian menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif.

Jenis penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif.

Dalam melaksanakan penelitian ini, dimana data yang dibutuhkan merupakan data primer maka digunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara secara seksama dengan perusahaan yang bersangkutan dan observasi lingkungan sekitar.

Penelitian ini akan mendeskripsikan data empirik PT. AEROTRANS, selanjutnya menghimpun hasil wawancara mendalam responden.

Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis secara komprehensif tentang strategi yang digunakan perusahaan, berdasarkan data yang berhasil penulis kumpulkan di lapangan.

 

E. Kesimpulan

Dalam kurun waktu Agustus 2004 – Agustus 2006, strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. AEROTRANS  :

  • Strategi Produk (Product)

Strategi PT. AEROTRANS adalah dengan cara melakukan diferensiasi produk, antara lain menyediakan jasa pengiriman domestik, intra kota dan internasional.

  • Strategi Harga (Price)
  1. Strategi penerapan harga yang dilakukan adalah dengan penetapan harga sesuai dengan harga yang berlaku (going-rate pricing), dimana perusahaan mendasarkan harganya terutama pada harga pesaing.
  2. Harga pengiriman PT. AEROTRANS untuk beberapa kota lebih murah dibandingkan dengan pesaing potensialnya yaitu PT. TIKI, walaupun sementara ini di wilayah pulau Jawa, Bali dan Sumatera.
  • Strategi Promosi (Promotion)

Bauran promosi yang dipergunakan oleh PT. AEROTRANS adalah melalui penjualan personal (personal selling) yang dilakukan oleh seluruh karyawan PT. AEROTRANS pada umumnya, khususnya staf pemasaran.

 

Berdasarkan analisis Product Life Cycle (PLC) yang diukur berdasarkan metode Pill & Cook, maka diketahui jasa pengiriman PT. AEROTRANS berada dalam tahap Sustained maturity stage (tahap kedewasaan yang menanjak).

 

Contoh Tesis Strategi Pemasaran

  1. Analisis strategi pemasaran PT. AEROTRANS
  2. Analisis strategi pemasaran kredit mikro – Studi kasus pada BPR Sumber Artha rahayu
  3. Analisis strategi bersaing terhadap strategi pemasaran PT Astra Honda Motor dalam penghadapi persaingan penjualan di Indonesia

 

Incoming search terms:

Leave a Reply