HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Artikel Ilmiah Jenis-Jenis Beserta Contohnya

Artikel dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artikel merupakan karya tulis lengkap misalnya laporan berita atau esai di majalah, surat kabar dan lain sebagainya. Dengan kata lain artikel merupakan karangan non fiksi yang menjabarkan suatu pokok permasalahan untuk dimuat di surat kabar, majalah, bulletin dan media lainnya untuk menyampaikan gagasan serta fakta untuk mehyakinkan, mendidik, menawarkan pemecahan masalah atau menghibur. Apa perbedaan artikel dengan karya ilmiah? Secara garis besar karya ilmiah merupakan tulisan yang disusun oleh seorang atau kelompok orang dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmiahan seperti sistem penulisan pada masalah, tujuan, teori dan data yang nantinya akan digunakan untuk memberi alternatif pemecahan masalah. Sedangkan dalam artikel tidak terkait dengan gaya bahasa dan format penulisan.

Artikel sendiri memiliki beberapa jenis, yakni

  1. artikel eksploratif, jenis yang mengungkapkan fakta berdasarkan kajian penulisannya.
  2. artikel eksplanatif, artikel yang berisi keterangan tentang sesuatu untuk dapat dipahami pembaca.
  3. artikel deskriptif, artikel yang menggambarkan tentang suatu pokok permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat. Contoh : kejadian kerusuhan antar mahasiswa.
  4. artikel prediktif, berisi perhitungan atau peramalan tentang sesuatu yang akan terjadi berdasarkan perhitungan penulis. Contoh : akibat dari peralihan suku bunga BI ke luar negeri.
  5. artikel preskriptif, artikel jenis ini memberikan tuntunan kepada pembaca agar tidak mengalami kesalahan atau kekeliruan. Contoh : cara mengurus paspor.

Berikut adalah salah satu contoh artikel, sumber : http://liyut.com/cara-alami-mencegah-penuaan-dini/

CARA ALAMI MENCEGAH PENUAAN DINI

Bagaimana cara alami mencegah penuaan dini? Saat ini banyak beredar produk anti-aging untuk memperlambat penuaan dini dan menyamarkan kerutan pada kulit wajah namun tentunya banyak wanita yang menginginkan cara alami untuk mencegahnya. Nah, salah satu bahan alami yang bisa berguna untuk mencegahnya adalah masker alpukat. Jika pada artikel sebelumnya liyut sudah sharing soal manfaat masker strawberry untuk mengangkat sel kulit mati, maka kini Anda bisa simak tips mencegah penuaan dini dengan masker alpukat.

Alpukat tidak hanya baik untuk tubuh karena kandungan lemak tak jenuhnya. Alpukat juga baik untuk kulit karena mampu mengindari kulit dari penuaan dini. Selain lemak tak jenuh, alpukat juga mengandung vitamin A, D dan E, protein, lesitin, kalium (potasium) dan beta-karoten juga terdapat pada buah berwarna hijau ini.

Alpukat mempunyai harta karun tersembunyi untuk melawan penuaan, ujar Sue Dolan, M.Ed., penulis buku Naturally Skinsantional : Rejuvenating Skin Care Recipes, seperti yang dikutip dari sheknows. Untuk mendapatkan manfaat anti penuaan tersebut tidaklah sulit. Berikut ini cara membuat masker tubuh dari alpukat.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:
-2 buah alpukat. Kupas dan hancurkan hingga menjadi pasta;
-3 sendok garam laut;
-¼ cangkir madu;
-Parutan kulit dari 2 buah lemon beserta jus lemonnya;
-¼ cangkir minyak kelapa.

Campurkan semua bahan tersebut hingga lembut dan menjadi krim. Oleskan pada seluruh tubuh dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air hangat sambil menggosokkan tubuh dengan tangan.

Sisa dari campuran masker alpukat ini bisa Anda simpan di kulkas selama dua hingga tiga hari. Nah, mudahkan mengatasi penuaan dini? Jangan tunggu kulit Anda keriput dan kering, semoga masker alpukat ini bisa membantu Anda melawan penuaan dini dan mendapatkan kulit sehat dan cerah.

Tags: , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632