HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Artikel Ilmiah, Mengikuti Prosedur Keilmiahan

Artikel ilmiah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti karya tulis lengkap, misalkan laporan berita atau esal di majalah, surat kabar dan sebagainya. Artikel ilmiah memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

  1. Lugas, yang artinya tulisan tidak bertele-tele dan langsung to the point ke pokok permasalahan.
  2. Logis, keterangan yang diberikan memiliki landasan teori dan masuk akal serta dapat diverifikasi mengenai kebenarannya.
  3. Tuntas, pokok permasalahan yang diangkat dikupas secara mendetail.
  4. Objektif, keterangan yang diberikan sesuai dengan data atau fakta.
  5. Cermat, seksama dalam penulisan untuk meminimalisir adanya kesalahan.
  6. Jelas dan padat, maksudnya keterangan-keterangan yang tercantum dipaparkan secara jelas.

Apa saja persiapan yang sebaiknya dilakukan seorang penulis artikel sebelum menulis sebuah artikel? Langkah awal yaitu pemilihan tema yang akan diangkat, tema tersebut dapat berupa kejadian yang sedang booming, isu-isu terakhir, masalah sosial, masalah kemiskinan yang sampai sekarang belum ada penyelesaian dan tema-tema lainnya.  Setelah itu pembuatan kerangka artikel, maksudnya adalah pembuatan garis-garis besar yang akan dituangkan dalam artikel. Dalam pembuatan kerangka artikel penulis dapat mencari referensi terkait dengan tema tersebut. Langkah selanjutnya adalah penyusunan artikel itu sendiri. Disini yang perlu diperhatikan adalah korelasi atau hubungan antar paragraf. Dan tidak kalah pentingnya adalah pencantuman judul artikel. Judul tidak perlu panjang-lebar lebih baik ringkas, memiliki daya tarik (eye catching) dan dapat mewakili keseluruhan isi artikel tersebut.

Jika dilihat dari tujuan penulisan, artikel terbagi menjadi beberapa jenis antara lain :

  1. Ditujukan untuk memecahkan suatu permasalahan yang mungkin dihadapi oleh pembaca.
  2. Ditujukan untuk menyalurkan ide-ide cemerlang atau untuk berkreasi.
  3. Ditujukan untuk menyatakan ke-eksistensian atau keberadaan dari seorang penulis.
  4. Ditujukan untuk menghibur pembaca.
  5. Ditujukan untuk membujuk pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli produk yang ditawarkan.
  6. Ditujukan untuk pemberian informasi kepada pembaca tentang suatu hal.
  7. Ditujukan untuk penyelesaian suatu tugas, misal siswa.

Artikel ilmiah adalah salah satu jenis artikel. Artikel ilmiah berbeda dengan karya tulis lain seperti pada skripsi atau proposal. Artikel ilmiah merupakan karya tulis yang ditulis dengan mengikuti prosedur keilmiahan yang biasanya akan dimuat dalam jurnal ilmiah atau pada buku kumpulan artikel ilmiah.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut : Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau BBM :5E1D5370 email IDTesis@gmail.com

Bila dijabarkan secara lebih rinci dapat kita temukan bagian-bagian atau komponen dari suatu artikel ilmiah, antara lain judul artikel, terdapat di awal sebuah artikel, memiliki daya tarik dan mewakili keseluruhan artikel; nama penulis, setelah judul biasanya diikuti adanya nama penulis itu sendiri dengan tanpa menyebutkan atau memberi embel-embel gelar akademis; abstrak dan kata kunci, berisikan sedikit ringkasan dari penulis, tetapi abstrak disini bukan sebagai kata pengantar dari penulis; pendahuluan, menguraikan permasalahan yang diangkat, wawasan dan rencana-rencana penulis dalam pemecahan masalah tersebut; bagian inti, berisi kupasan permasalahan, analisa, dan pendapat/ sikap penulis menghadapi permasalahan; bagian metode, menguraikan desain penelitian yang dipakai, target yang disasar, serta teknik-teknik pengumpulan data; hasil penelitian; pembahasan; kesimpulan dan saran; terakhir daftar rujukan. Dalam penulisan artikel ilmiah biasanya tidak melebihi dari 15 halaman sudah termasuk gambar dan tabel.

Incoming search terms:

Leave a Reply