HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Surabaya (UBAYA)

Fakultas Hukum Universitas surabaya berdiri semenjak 11 Maret 1968, dan saat ini telah memperoleh Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Nomor 1141/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VII/2016, yang berlaku sampai dengan 19 Desember 2020.

Program Studi yang ada di Fakultas Hukum adalah Monoprogram, yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Pengelolaan kegiatan akademik dilakukan oleh laboratorium-laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Hukum, yaitu Laboratorium Hukum Pidana, Laboratorium Hukum Keperdataan, Laboratorium Hukum Internasional, Laboratorium Hukum Administrasi Negara, dan Laboratorium Hukum Tata Negara, yang masing-masing untuk pengambilan mata kuliah wajib memperhatikan prasyarat yang ada dalam buku pedoman

Semenjak tahun 2017, Fakultas Hukum telah menerpkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2017 yang berlaku bagi angkatan 2017 dan seterusnya. Kurikulum ini didesain dengan kompetensi yang lebih tinggi. Pada kurikulum ini dikenal Program Peminatan (major courses) yang terdiri dari Program peminatan hukum keperdataan, hukum pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara dan hukum internasional. Untuk itu mahasiswa wajib menempuh minimum 5 mata kuliah pada program peminatan yang dipilihnya, dan 2 mata kuliah dari program peminatan lainnya (cross-major courses).

 

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Hukum
  2. Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas
  3. Visi
  4. Misi
  5. Profil Lulusan
  6. Departemen Fakultas Hukum UBAYA
  7. Program Studi Sarjana (S1) UBAYA
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) UBAYA

 

Akreditasi Magister Hukum

Sesuai dengan visi misi Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Surabaya, maka Program Studi Magister Ilmu Hukum berkeinginan menjadi Program Studi terkemuka dan yang terbaik di bidang Ilmu Hukum di Indonesia, karena itu Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Surabaya harus dikelola secara profesional, sehingga mampu mencetak lulusan yang siap terjun di masyarakat dan bekerja secara profesional.

 

Akreditasi Magister Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas surabaya berdiri semenjak 11 Maret 1968, dan saat ini telah memperoleh Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Nomor 1141/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VII/2016, yang berlaku sampai dengan 19 Desember 2020 Terakreditasi A.

 

Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah kelanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966 oleh tokoh-tokoh masyarakat, pendidik, pengusaha, dan pemerintah. Pada tahun 1968, nama Universitas Trisakti diganti menjadi Universitas Surabaya. Pembangunan kampus kuliah di jalan Ngagel Jaya Selatan 169 dilanjutkan kembali pada tanggal 11 Maret 1968 dan tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun UBAYA.

 

Sejarah UBAYA selengkapnya

 

1966    Trisakti Establishment

1968    Pendirian UBAYA

1977   Politeknik Ubaya

Didirikan Lembaga Pendidikan Kejuruan Ajun Akuntansi (LPK AA) yang sekarang namanya berubah menjadi Politeknik Ubaya.

1982

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi didirikan.

 

1986

Fakultas Teknik

Pada tahun ini didirikan Fakultas Teknik yang terdiri dari Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik dan Manajemen Industri, serta Jurusan Teknik Informatika.

1989

Program Profesi Apoteker

Pada tahun ini didirikan Program Profesi Apoteker.

1992

Pascasarjana Ubaya

UBAYA ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Program Magister Manajemen dan Magister Hukum melalui Program Pascasarjananya.

1998

Program Profesi Psikologi

Fakultas Psikologi memulai pendidikan profesi Psikologi.

2002

Pendidikan Profesi Akuntansi

Jurusan FE UBAYA dipercaya menjadi salah satu dari 5 jurusan akuntansi di seluruh Indonesia, sebagai penyelenggara Pendidikan Profesi Akuntansi serta dalam persiapan pendirian Magister Akuntansi (MAKSI).

2003

Program Magister Kenotariatan

Fakultas Hukum memulai pendidikan pasca sarjana Program Magister Kenotariatan.

2004

Program Magister Profesi Psikologi

Fakultas Psikologi menyelenggarakan Magister Profesi Psikologi.

2005

Program Magister Farmasi Klinis dan Fakultas Teknobiologi

Memulai Program Magister Farmasi Klinis, serta mendirikan fakultas baru yaitu Fakultas Teknobiologi.

2012

Fakultas Industri Kreatif

Pendirikan Fakultas Industri Kreatif.

2016

Fakultas Kedokteran

Program Pendidikan Dokter

2018

Program Doktor Ilmu Psikologi

Fakultas Psikologi

 

Visi

To be an augmented enlivening business law program of graduate school

 

Misi

Memfasilitasi pembelajaran bidang hukum bisnisyang hasilnya memenuhi kebutuhan masyarakat bisnis dan industri beserta seluruh dinamikanya

memfasilitasi jejaring komunitas profesi hukum yang tidak hanya memiliki intelektualitas tinggi, tetapi juga memiliki karakteristik : holistik, sensitive-responsif, kreatif-inovatif, proaktif-antisipatif, memiliki self control, assertive, visioner, dan berperilaku global-local –multicultural

mengedukasi masyarakat bisnis dan industri dalam mengembangkan nilai-nilai orientasi akademik yang terbuka, altruistic-colaborative-communitarian, multiparadigm

 Profil Lulusan

Mampu mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu hukum dengan cara menguasai dan memahami bidang keilmuan tersebut.

Mampu memecahkan permasalahan di bidang hukum khususnya hukum bisnis melalui kegiatan penelitian dan pengembangan.

Mampu mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukan dengan ketajaman analisis permasalahan, kecakupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

 Departemen Fakultas Hukum UBAYA

  • Departemen Mata Kuliah Umum

 

Departemen Mata Kuliah Umum merupakan salah satu unit strategis di Universitas Surabaya yang mempunyai peran untuk mempromosikan nilai-nilai multi culture dengan menyelenggarakan matakuliah umum seperti Agama, Pancasila, dan Kewarganegaraan. Dalam penyelenggaraan standard mutu, departemen ini terdaftar sebagai Centre for Humanity and Social Studies.

 

MKU bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (PPKP) dan Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan (DPK) untuk melakukan inovasi pengembangan sistem pembelajaran, khususnya mata kuliah Pancasila, kewarganegaraan, dan agama. Kami juga mempublikasikan hasil refleksi proses pembelajaran tersebut dalam jurnal ilmiah internasional.

 

Pada tahun 2018, inovasi tentang pembelajaran lintas agama telah dipublikasikan dalam British Journal of Religious Education dengan judul “Researching religious tolerance education using discourse analysis” yang diterbitkan oleh Routledge UK (Wijaya Mulya & Aditomo, 2018). Demikian juga dengan kajian tentang peranan agama dalam membangun semangat kebangsaan telah dipublikasikan dalam artikel yang berjudul “Linking religiosity to citizenship behaviour” dalam International Journal of Ethics and Systems yang diterbitkan oleh Emerald UK (Pratono, 2018).

 

Pilot project pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan pada 2018 diarahkan untuk mendorong mahasiswa supaya lebih mengenal masyarakat, baik UMKM maupun aktivitas sosial masyarakat lainnya. Hal tersebut disesuaikan dengan panduan dari Dirjend Dikti yang menyebutkan adanya citizenship project untuk mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Dengan bekerja sama dengan DPK, pilot project ini diharapkan juga mampu menghasilkan proposal Program Kreatif Mahasiswa yang diajukan ke Dikti.

 

2018, MKU mengawali mengembangkan pilot project untuk matakuliah Kewirausahaan. Kalau matakuliah Pancasila dan Agama ditujukan untuk mengembangkan afeksi dasar, Matakuliah Kewirausahaan diharapkan mampu memfasilitasi kerjasama mahasiswa antar fakultas tetapi untuk menghasilkan inovasi yang bukan hanya layak secara bisnis tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Untuk tahun-tahun berikutnya, matakuliah ini akan dikelola oleh Pusat Studi Inovasi Industri dan Kewirausahaan.

 

  • Departemen MIPA

Ubaya memiliki beragam fakultas, antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Bioteknologi, dan Fakultas Ekonomi, yang membutuhkan dukungan pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu MIPA yang berkualitas. Ubaya membentuk dan menugaskan Departemen MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memberikan layanan mata kuliah MIPA yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Ubaya. Tugas Departemen MIPA tersebut diimplementasikan dalam kerangka Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sehingga secara konkrit tugas Departemen MIPA adalah mengkoordinasi dan mengembangkan bidang-bidang keahlian yang berkaitan dengan ilmu-ilmu MIPA antara lain Matematika, Statistika, Fisika, dan Kimia.

 

Fokus pengembangan Departemen MIPA adalah pertama pada upaya-upaya pembelajaran ilmu-ilmu MIPA yang inovatif dan menarik. Beragam ide dan upaya berusaha digagas oleh tenaga pengajar Departemen MIPA untuk membuat peserta mata kuliah MIPA menjadi semakin tertarik dan mudah mengerti dalam belajar ilmu-ilmu MIPA. Fokus pengembangan Departemen MIPA yang kedua adalah peningkatan profesionalitas dan kompetensi tenaga pengajar Departemen MIPA melalui peningkatan kualifikasi pendidikan, penyediaan fasilitas untuk melakukan penelitian pada ilmu-ilmu MIPA dan publikasinya serta pengabdian pada masyarakat.

 

 

Program Studi Sarjana (S1) UBAYA

 Sarjana Hukum

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) UBAYA

 Magister Hukum

Magister Kenotariatan

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by