HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Mencetak Cendekiawan dan Pemimpin Masa Depan

Ketika Anda bergabung dengan Universitas Islam Indonesia (UII), Anda akan menemukan pengalaman belajar khas UII yang menggabungkan ilmu pengetahuan dalam berbagai pilihan program pendidikan dan dipadukan dengan pelaksanaan nilai-nilai keislaman untuk mengembangkan akhlak yang baik, karakter yang berintegritas, serta didukung dengan beragam kegiatan bakat-minat untuk mengembangkan potensi secara maksimal.

 

Daftar Isi

Rekognisi Global Untuk Calon Akademisi, Praktisi maupun Pegiat Masyarakat Profesional

Akreditasi Magister Hukum

Akreditasi Magister Kenotariatan

Sejarah

Visi

Misi

Program Studi Sarjana (S1) UII

Program Studi Pasca Sarjana (S2) UII

 

Rekognisi Global Untuk Calon Akademisi, Praktisi maupun Pegiat Masyarakat Profesional

Program Magister Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (MH UII) adalah program Magister Hukum pertama di Jawa Tengah dan DIY yang dikelola oleh PTS, berdiri pada tahun 1994 dengan SK Dirjen Dikti No. 304/DIKTI/Kep/1994 24 November 1994. Sejak pertama kali sistim akreditasi program studi diterapkan di Indondesia, MH UII sudah mendapatkan peringkat tertinggi (A/Unggul) dan sampai saat ini MH UII tetap berada pada peringkat A. Tercatat sebaran asal mahasiwa MH UII berasal dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dan sampai saat ini lulusan MH UII telah berkiprah di berbagai bidang strategis terkait hukum dan pemerintahan (Hakim MK, Komisi tingkat Nasional, Guru Besar, Kepala Daerah, Konsultan, LSM).

 

Akreditasi Magister Kenotariatan

Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII berdiri sejak 2014 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 104/P/2014 tentang Izin Penyelenggaraaan Program Studi Kenotariatan, Program Magister (S-2) Pada Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, tanggal 10 Maret 2014.

Saat ini Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia (FK PSMKn.PTS). Forum ini telah berbadan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU-00108.60.10.2014 tentang Pengesahan Pengurus Badan Hukum Perkumpulan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia. Akreditasi B (BAN-PT No. SK: 1653/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2017)

 

Sejarah

  • 8 Juli 1945 – Sekolah Tinggi Islam (STI) resmi didirikan di Jakarta.
  • 10 April 1946 – Sekolah Tinggi Islam resmi dibuka di Yogyakarta.
  • 14 Desember 1947 – Panitia Perbaikan STI menetapkan STI menjadi University Islam Indonesia berkedudukan di Yogyakarta dengan fakultas perintis di antaranya Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi.
  • 5 Juni 1948 – Pembukaan resmi Universitas Islam Indonesia (UII) di Pendopo Kepatihan.
  • Agustus 1950 – Fakultas Agama UII menjadi Perguruan Tinggi Islam Negeri (kemudian menjadi IAIN/UIN Sunan Kalijaga).
  • Pembekuan Fakultas Pendidikan UII dan penggabungan Perguruan Tinggi Islam Indonesia Surakarta ke UII.
  • UII mengajukan proposal pembangunan kampus kepada Presiden Soekarno.
  • Pembukaan Fakultas Agama (kemudian menjadi Fakultas Syari’ah) dan Fakultas Tarbiyah UII.
  • Pembukaan UII cabang Surakarta, Purwokerto, Cirebon, Klaten, Madiun, Bangil dan Gorontalo.
  • Peraturan perundangan tahun 1967 dan 1968 mengharuskan UII melebur fakultas cabang ke fakultas induk di Yogyakarta dan perguruan tinggi setempat.
  • Pembangunan kampus UII di berbagai lokasi di Yogyakarta (Tamansiswa, Demangan, Sorowajan, dan Cik Di Tiro).
  • Peresmian gedung UII di Jalan Cik Di Tiro 1 Yogyakarta sebagai gedung utama UII.
  • UII merintis pengadaan lahan untuk Kampus Terpadu di Jl. Kaliurang.
  • Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Fisik pertama untuk Kampus Terpadu.
  • Pembangunan Kampus Antara di Condong Catur yang kemudian menjadi kampus Fakultas Ekonomi UII.
  • Pengembangan penunjang kegiatan akademik melalui peningkatan status akreditasi program studi di lingkungan UII. Selain itu, pada periode ini juga dilakukan pengembangan kegiatan kemahasiswaan, pengabdian pada masyarakat serta kerjasama institusional.
  • Kegiatan akademik UII mulai menempati Kampus Terpadu. Pembangunan fasilitas akademik terus berlangsung sampai sekarang.
  • Mendirikan Pondok Pesantren UII sebagai program rekrutmen mahasiswa unggulan.
  • Sampai dengan tahun 2002, UII telah memiliki delapan fakultas yang terdiri atas Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Psikologi (kemudian menjadi Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan.
  • Peningkatan kerjasama, penjaminan mutu, serta peningkatan fungsi teknologi informasi untuk menunjang kegiatan akademik.
  • Restrukturisasi organisasi untuk meningkatkan daya saing dalam dinamika kompetisi ketat perguruan tinggi.
  • Dikti menobatkan UII sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia.
  • Perolehan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk manajemen dan ISO 17025 untuk pengelolaan laboratorium.
  • Pengakuan internasional melalui pemeringkatan Webometrics, 4ICU, Greenmetrics dan QS-Star. Peringkat UII terus meningkat.
  • Perolehan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi nilai ‘A’ oleh BAN-PT dengan skor tertinggi untuk Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia.
  • Rintisan akreditasi internasional untuk beberapa fakultas seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, dan Fakultas MIPA.
  • Kemenristekdikti mengumumkan UII masuk dalam pemeringkatan 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan kualitas manajemen.
  • UII menerima penghargaan tiga bintang dari QS Star dengan skor tertinggi untuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, serta peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta Bidang Kinerja Penelitian oleh Ristekdikti.

 

Visi

Terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai rahmatan lil ‘alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah islamiah, di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah, setingkat universitas yang berkualitas di negara-negara maju.

 

Misi

Menegakkan wahyu Ilahi dan sunah Nabi sebagai sumber kebenaran mutlak serta rahmat bagi alam semesta, dan mendukung cita-cita luhur dan suci bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui upaya membentuk tenaga ahli dan sarjana muslim yang bertakwa, berakhlak, terampil, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni yang berjiwa agama Islam, membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang diridai oleh Allah Swt., serta mendalami, mengembangkan, dan menyebarluaskan pemahaman ajaran agama Islam untuk dihayati dan diamalkan oleh warga Universitas dan masyarakat pada umumnya.

 

Magister Hukum

Program Magister Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (MH UII) adalah program Magister Hukum pertama di Jawa Tengah dan DIY yang dikelola oleh PTS, berdiri pada tahun 1994 dengan SK Dirjen Dikti No. 304/DIKTI/Kep/1994 24 November 1994. Sejak pertama kali sistim akreditasi program studi diterapkan di Indondesia, MH UII sudah mendapatkan peringkat tertinggi (A/Unggul) dan sampai saat ini MH UII tetap berada pada peringkat A. Tercatat sebaran asal mahasiwa MH UII berasal dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dan sampai saat ini lulusan MH UII telah berkiprah di berbagai bidang strategis terkait hukum dan pemerintahan (Hakim MK, Komisi tingkat Nasional, Guru Besar, Kepala Daerah, Konsultan, LSM).

 

MH UII didesain untuk melahirkan para Magister di bidang hukum yang memiliki kehandalan dalam bidang keilmuan dan bidang profesional (kebijakan hukum) yang memiliki integritas yang kuat (akhlakul karimah), hal yang sangat diperlukan bagi setiap orang yang menjalani profesi di bidang hukum dengan tantangan yang semakin komplek dan dilematis. Untuk itu kurikulum dirancang agar dapat melahirkan kemampuan di bidang hukum yang prospektif : Hukum Bisnis, Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara, Hukum dan Sistem Peradilan Pidana, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Agraria, Hukum dan HAM, serta Hukum Kesehatan).

 

Dalam implementasinya pembelajaran di MH UII didukung dengan para pakar yang sangat kompeten baik secara keilmuan maupun pengalaman terlibat dalam agenda-agenda pembangunan dan penegakan hukum di Indonesia (pengalaman sebagai pejabat lembaga tinggi negara, komisioner pada komisi-komisi tingkat nasional, tim-tim ad hoc tingkat nasional).

 

MH UII memiliki program dual degree dengan Youngsan University (YsU) Korea yang memungkinkan mahasiswa mendapat dua gelar sekaligus (MH dan LLM) dalam masa 2 tahun dengan skema 1 + 1 (1 tahun di Indonesia dan 1 tahun di YsU. Angkatan pertama program ini sudah berhasil dengan 3 lulusan dan saat ini 3 mahasiswa juga sedang menempuh 1 tahun di YsU.

 

Program Studi Sarjana (S1) UII

  1. Sarjana Hukum
  2. Sarjana Hukum (Ahwal Al-Syakhsiyyah)

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) UII

  1. Magister Hukum
  2. Magister Kenotariatan

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by