HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Tingkat Pendidikan dan Peranan Aparat Kelurahan trhdp Kesadaran Wajib Pajak

Judul Tesis: Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Peranan Aparat Kelurahan terhadap Kesadaran Wajib Pajak PBB dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya di Kelurahan Tempelan Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2008

 

A. Latar Belakang

Pembangunan nasional merupakan rencana jangka panjang yang bertujuan untuk memajukan peradaban dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pelaksanaan pembangunan dapat dicapai melalui rangkaian investasi yang memerlukan dukungan dana secara berkelanjutan. Salah satu dukungan dana yang dimaksud berasal dari sektor pajak. Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional. “Undang-Undang Dasar 1945 telah menempatkan kewajiban perpajakan sebagai salah satu perwujudan kewajiban kenegaraan dan sebagai sarana peran serta dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional untuk mencapai masyarakat adil dan makmur” (Waluyo, 2002).

Disamping itu, pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan atau kontraprestasi yang langsung dapat ditunjukkan secara individual yang diberikan oleh pemerintah, dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Semakin tinggi kesadaran dan tanggung jawab wajib pajak dalam membayar pajak, semakin besar pula dana yang masuk pada kas negara. Dengan tingkat kesadaran pajak masyarakat yang tinggi maka pembangunan akan berjalan lancar.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Di dalam kehidupan masyarakat, ada wajib pajak yang berpendidikan tinggi, sedang maupun rendah. Wajib pajak yang berpendidikan tinggi memiliki tingkat kesadaran pajak yang tinggi pula dan wajib pajak yang berpendidikan rendah memiliki tingkat kesadaran pajak yang masih rendah. Namun sebaliknya, ada juga wajib pajak berpendidikan tinggi tetapi tingkat kesadaran pajaknya rendah dan wajib pajak berpendidikan rendah justru memiliki tingkat kesadaran pajak yang tinggi. Apakah tingkat pendidikan masyarakat akan mempengaruhi pola pikir dan pemahaman wajib pajak tentang hak dan kewajiban perpajakannya?
  2. Aparat kelurahan sudah berupaya untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak antara lain melalui penyuluhan-penyuluhan, tetapi hal ini sering kali tidak diimbangi dengan peningkatan kesadaran diri wajib pajak itu sendiri. Dengan kata lain wajib pajak baru akan memenuhi kewajiban perpajakannya setelah ditagih kedua kalinya oleh petugas. Cara apa lagi yang seharusnya dilakukan aparat kelurahan sebagai petugas pajak untuk keberhasilannya dalam pelaksanaan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan?
  3. Pajak adalah salah satu sumber penerimaan negara yang terbesar, sehingga keberhasilan penerimaan pajak akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2007 mencapai 6,0% dan tahun 2008 mencapai 6,1%. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh Produk Domestik Bruto Perkapita dan Produk Nasional Bruto Perkapita. Apakah tingkat kemakmuran masyarakat mempengaruhi tingkat kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya?

 

C. Landasan Teori Tesis

Pengertian Kesadaran

Menurut Atkinson, et. al (2000:343), “Kesadaran merupakan suatu tingkat kesiagaan individu pada saat ini terhadap stimulus internal maupun eksternal yaitu peristiwa-peristiwa lingkungan dan sensasi tubuh, memori, dan pikiran”. Sedangkan menurut Sigmund Freud, “Kesadaran merupakan fenomena subjektif yang isinya dapat dikomunikasikan hanya melalui bahasa dan perilaku”. Dari pengertian-pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kesadaran adalah keadaan sikap atau tingkah laku seseorang terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Evolusi kesadaran merupakan proses jangka panjang dalam diri seseorang. Semakin tinggi tingkat kesadaran seseorang, maka seseorang akan memiliki identitas dan pandangan yang lebih luas terhadap dunia.

 

Pengertian Pendidikan

Pendidikan memegang peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya pendidikan menjadikan seseorang yang semula tidak tahu menjadi lebih tahu tentang banyak hal. Menurut Ki Hajar Dewantara dalam Sudomo Hadi (2003:11) “Pendidikan ialah segala usaha dari orang tua terhadap anak-anak dengan maksud menyokong kemajuan hidupnya, dalam arti memperbaiki bertumbuhnya segala kekuatan rohani dan jasmani, yang ada pada anak-anak karena kodrat iradatnya sendiri”.

Pengertian Pemerintah Kelurahan

Pemerintah kelurahan merupakan jajaran pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat. Kata masyarakat (sebagai terjemahan dari kata society) yang artinya ”ikut serta” atau ”berpartisipasi”. Masyarakat secara umum adalah sekumpulan orang yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian yang peneliti lakukan bertempat di lingkungan kelurahan dan Kantor Kelurahan Tempelan yang terletak di Jalan Gunung Lawu No. 93B Blora 58211 serta di KPP Pratama Blora yang berlokasi di Jalan Sudarman No.1 Blora 58215.

Pengalokasian waktu secara tepat merupakan langkah awal agar penelitian dapat berjalan lancar.

Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus.

Berdasarkan rumusan masalah tersebut peneliti menetapkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak PBB yang terdaftar di Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora yang berjumlah 1909 wajib pajak.

Sampel dari penelitian ini adalah data tentang tingkat pendidikan, peranan aparat kelurahan, dan kesadaran wajib pajak PBB dalam memenuhi kewajiban perpajakannya di Kelurahan Tempelan Kabupaten Blora Tahun 2008.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling dengan cara cluster sampling (sampel kelompok).

 

E. Kesimpulan

  1. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan terhadap kesadaran wajib pajak PBB dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Terbukti dengan besarnya nilai F observasi (50.838) > F tabel (3.044).
  2. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan peranan aparat kelurahan terhadap kesadaran wajib pajak PBB dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Terbukti dari uji Analisis Vaiansi Dua Jalan (Anova Two Way) yang menghasilkan nilai F observasi (42.193) > F tabel (3.891).
  3. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara tingkat pendidikan dan peranan aparat kelurahan (secara bersama-sama) terhadap kesadaran wajib pajak PBB dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Hal ini terbukti dengan Fobservasi (1.568) < F tabel (3.044).

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Narasi pada Siswa Kelas V
  2. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Peranan Aparat Kelurahan terhadap Kesadaran Wajib Pajak PBB dalam Memenuhi Kewajiban
  3. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas X Sma Batik 1 Surakarta
  4. Profil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun
  5. Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi di Kelas X Ak 2 SMK Negeri 3 Surakarta Melalui Penerapan Metode Direct

 

Incoming search terms:

Leave a Reply