HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Tugas Produser dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi

Judul Tesis : Tugas Produser dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi di Stasiun Jogja TV

 

A. Latar Belakang

Penyiaran merupakan kegiatan penyelenggaraan siaran, yaitu rangkaian mata acara dalam bentuk audio / suara atau visual / gambar yang ditranmisikan dalam bentuk signal suara dan gambar, baik melalui udara (teristerial dan satelit) maupun melalui kabel dan atau serat optic yang dapat diterima oleh pesawat penerima (radio / televisi) di rumah – rumah (Tommy Suprapto). Wujud penyelenggaraan siaran tersebut adalah siaran. Jenis siaran – siaran televisi yang sama tergabung dalam sebuah program televisi yang nantinya akan ditayangkan. Siaran adalah benda abstrak yang sangat potensial untuk dipergunakan mencapai tujuan yang bersifat idiil maupun material. Siaran merupakan hasil kerja kolektif yang memerlukan dana yang besar, banyak, tenaga yang kreatif, professional sertasarana elektrik yang serba canggih. Karena itu produksi siaran merupakan produksi massal yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, hiburan dan pendidikan kepada sebagian besar khalayak dengan produksi yang cukup besar.

Persaingan yang ketat dan kemauan konsumen, memacu penyelenggara siaran harus meperhatikan keberlangsungan siaran, dalam hal ini menjaga stabilitas siaran dengan kemampuan mempertahankan jumlah pendengar atau pemirsa terhadap jumlah program tertentu. Dalam hal ini keseluruhan pengelola program acara siaran berperan penting di dalam bidangnya masing – masing untuk menghasilkan suatu program yang berkualitas, baik dan benar. Dengan memperhatikan kriteria siaran yang berkualitas, baik dan benar, maka diharapkan akan mampu memberikan kontribusi kepada khalayak berupa hasil produksi siaran yang benar – benar dapat dinikmati dan ditonton.

 

B. Tujuan Tesis

  1. Melihat lebih dekat tugas kenerja penyelengaraan siaran, kinerja tenaga ahli di bidang penyiaran dan proses produksi program acara siaran Jogja TV
  2. Mencari pengalaman agar lebih siap menghadapi dunia kerja dalam masyarakat dan mampu menerapkan wawasan teoritis Ilmu Komunikasi khususnya penyiaran dalam kuliah kerja lapangan.
  3. Agar mengetahui gambaran jelas soal dunia komunikasi, terutama di bidang Penyiaran. Serta tantangan dunia kerja yang semakin kompetetif.

 

C. Tinjauan Pustaka

Media Televisi

Televisi sebagai bagian dari kebudayaan audio visual merupakan medium paling berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian masyarakat secara luas. (Wibowo, 2007 : 17)

Produksi Siaran Televisi

Sebuah acara yang akan disajikan berpangkal tolak dari sebuah gagasan, baik yang timbul dari produser sendiri atau dari orang dalam lainya, maupun dari orang luar, yakni masyarakat yang memvisualisasikan dan mengaudialisasikan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan harmonis dalam bentuk acara yang memuaskan pemirsa, maka gagasan tersebut harus diikat secara seksama. Langkah-langkah untuk mengembangkan gagasan orisinal tadi ke rangkaian unsur-unsur audio-visual tersebut didalamnya yang dinamakan tatacara produksi atau production atau yang sering disebut pula dengan produksi. (Effendy, 1993 : 79)

 

Tahap Pelaksanaan Produksi

Suatu program televisiyang melibatkan banyak peralatan, orang dan juga biaya yang besar, selain memerlukan suatu organisasi yang rapi juga memerlukan suatu tahap pelaksanaan produksi yang jelas. Tahapan produksi terdiri dari tiga bagian yang biasa disebut dengan Standart Operation Procedure (SOP), seperti berikut: (Wibowo, 2007 : 39)

  1. Pra-produksi (ide, perencanaan dan persiapan)
  2. Produksi (pelaksanaan)
  3. Pasca-produksi(penyelesaian dan penayangan)

 

D. Kesimpulan

  1. Ketika terjun langsung, melihat kinerja penyelenggaraan siaran dan mengikuti proses produksi lebih dekat di Stasiun Jogja TV, penulis mengetahui bahwa sebuah penyelenggaraan siaran televisi membutuhkan banyak tenaga ahli dan profesional dibidangnya, alat – alat yang canggih dan membutuhkan banyak sumber daya manusia yang saling berkaitan, bekerjasama dan berkoordinasi dalam menyelenggaraan sebuah siaran televisi agar berjalan dengan baik.
  2. Penulis mendapatkan banyak pengalaman, wawasan dan pengetahuan sesuai praktek yang ada di perkuliahan, yaitu mengetahui dan dapat mengiukuti secara langsung proses produksi program acara siaran di Jogja TV yang meliputi :
    1. Pra produksi yaitu terdiri dari perencanaan, persiapan materi, pembuatan camera card, persiapan kru dan alat dan persiapan biaya produksi dan melakukan riset terlebih dahulu atau survey untuk memastikan materi yang cocok dengan produksi yang akan dibuat.
    2. Produksi yaitu melakukan pengambilan gambar dilapangan atau di studio (live) sesuai dengan perencanaan dan rundown yang telah dibuat.

 

E. Saran

  1. Lebih meningkatkan perkuliahan dengan memperdalam penyesuaian teori dan juga praktek, sehingga mahasiswa dapat mengetahui pengertian, aturan baku dan malakukan kerja dengan benar dibidang penyiaran sesuai standart penyiaran.
  2. Untuk menambah pengalaman, wawasan mahasiswa baik teori atau pun praktek dan mngetahui gambaran secara jelas, program studi penyiaran diharapkan dapat lebih menjalin hubungan baik dengan para intansi penyelenggara siaran untuk dapat mengajak mahasiswa kunjungan media. Atau kerja sama dengan intansi bidang penyiaran untuk penyaluran para mahasiswa yang telah siap kerja.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Lesbianisme Dalam Novel (Studi Semiotika Tentang Makna Lesbianisme Dalam Novel Gerhana
  2. Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Membina Hubungan Dengan Travel
  3. Kegiatan Pemberitaan Dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali
  4. Peran Kameraman Dalam Proses Penyampaian Berita Pada Program Berita Di Global Tv
  5. Tugas Produser Dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi Di Stasiun Jogja Tv

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?