HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi : Produksi Feature Sentuhan Kasih

Judul Skripsi : Produksi Feature Sentuhan Kasih

 

A. Latar Belakang Skripsi

Televisi sendiripun mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dewasa ini, semua stasiun televisi di Indonesia saling berkompetisi membuat programprogram yang menarik perhatian khalayak, baik program live maupun tunda dengan berbagai format acara. Hal itu dikarenakan mulai tumbuh suburnya pertelevisian Indonesia dan banyak inovasi-inovasi program acara televisi serta ketertarikan yang besar masyarakat Indonesia pada televisi. Televisi sudah menjadi bagian dalam kehidupan, sebuah ungkapan dari Benjamin Olken, ekonom dari MIT. “I’ve been in many, many households in Indonesia that have a dirt floor, but they also have a television.”

Dari ungkapan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terus mengikuti arus perkembangan teknologi, namun tepatnya kecanduan televisi.

 

B. Tujuan

  1. Mendapatkan pengalaman sebagai programmer, director, produser, script writer,dan lain-lain, serta mengetahui gambaran pembuatan feature program televisi mulai dari awal pengonsepan acara hingga editing
  2. Mengaplikasikan ilmu broadcasting yang diperoleh selama mengikuti perkuliahahan di Prodi DIII Komunikasi Terapan Minat Utama Penyiaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Sebelas Maret Surakarta dalam proses pembuatan program acara SENTUHAN KASIH.

 

C. Tinjauan Pustaka

Televisi dan Format Acara Siaran

Television is a transnational bussines and also a national institution. It is our most celebrated form of entertainment and our most important source of information. It is an outlet for creativity and a medium through which social concern or political views may be expressed. Dari definisi diatas, secara fungsi televisi merupakan media hiburan dan juga sumber informasi, berkaitan dengan fungsi tersebut, maka dibuatlah format acara televisi. Format acara televisi adalah sebuah perencanaan dasar dari suatu konsep acara televisi yang akan menjadi landasan kreativitas dan desain produksi yang akan terbagi dalam berbagai kriteria utama yang disesuaikan dengan tujuan dan target pemirsa acara tersebut.

Program Acara Televisi

Dari format tersebut, didapat berbagai macam jenis program televisi. Berbagai jenis program ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar berdasarkan jenisnya, yakni program informasi (berita) dan program hiburan (entertainment). Selanjutnya, program informasi dibagi lagi menjadi dua jenis., yakni berita keras (hard news), yang merupakan laporan berita terkini yang harus segera disiarkan dan berita lunak (soft news), yang merupakan kombinasi dari fakta, gosib, dan opini. Sedangkan program hiburan terbagi atas tiga kelompok besar, yakni musik, drama permainan (game show), dan pertunjukan.

Feature

  1. Feature adalah suatu program yang membahas suatu pokok bahasan, satu tema, diungkapkan lewat berbagai pandangan yang saling melengkapi, mengurangi, menyoroti secara kritis, dan disajikan dengan berbagai format.(Wibowo,2008)
  2. News Feature adalah sisi lain dari suatu berita straight news yang lebih menekankan pada sisi human interest dari suatu berita.(Morissan, 2008)

 

D. Kesimpulan

  1. Penulis telah dapat menerapkan teori broadcasting yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di jurusan Penyiaran Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, dalam produksi feature program televisi “Sentuhan Kasih”.
  2. Keberhasilan suatu program acara televisi tidak lepas dari kerja sama dan kekompakan dari crew atau team work.
  3. Dalam memproduksi suatu program acara harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh mulai dari persiapan yang matang, scedule yang jelas, hingga post production agar hasil produksi bisa optimal.

 

E. Saran

  1. Memperbaiki dan menambah fasilitas yang diperlukan untuk program keahlian Broadcasting sehingga dapat mendukung tercapainya proses belajar mengajar yang lebih baik.
  2. Lebih meningkatkan mutu pendidikan yang ada sehingga mampu bersaing dengan yang lain.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Promosi It’s A Store Surakarta Melalui Media Desain Komunikasi Visual
  2. Produksi Feature Sentuhan Kasih
  3. Aktivitas Employee Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Inna Garuda Yogyakarta
  4. Fungsi Eksternal dan Internal Humas Dikantor Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten
  5. Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher) di Acara Kabar Awan PT. Terang Abadi Televisi

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply