HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Produksi dlm Program Acara Tukar Nasib

Judul Tesis : Proses Produksi dalam Program Acara Tukar Nasib di Dreamlight World Media

 

A. Latar Belakang

DREAMLIGHT WORLD MEDIA merupakan salah satu pilihan untuk dijadikan tempat melaksanakan Kuliah Kerja Media, karena DREAMLIGHT STUDIOS merupakan salah satu production house yang sudah cukup lama berdiri, dan keberadaanya sudah dikenal dan akrab oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya. Selain itu DREAMLIGHT WORLD MEDIA juga sangat produktif dalam memproduksi acara-acara reality show yang ditayangkan di stasiun televisi swasta dengan materi dan format yang tentunya lebih menarik minat penonton. Selain itu DREAMLIGHT WORLD MEDIA juga memiliki prestasi yang cukup bagus, yang terus melesat menghasilkan berbagai program acara yang baik dan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dalam bidang produksi acara maupun perusahaanya yaitu tercatat “Program Reality Show Bedah Rumah” mendapat penghargaan “Property Award 2005” serta “Panasonic Award 2005 dan 2006”. Disamping itu DREMLIGHT WORLD MEDIA dalam memproduksi program memiliki ciri khas yang bersifat sosial.

Produksi-produksi dari DREAMLIGHT WORLD MEDIA antara lain; Bedah Rumah (RCTI), Tolong (RCTI), PHK Bukan Kiamat (TPI), Penjelajah Dunia (TV7), Hutangku Lunas (RCTI), Pemberian Misterius (SCTV), Serbu (SCTV), Warisan (RCTI), Tukar Nasib (SCTV). Tukar Nasib adalah salah satu produksi program acara terbaru dari DREAMLIGHT WORLD MEDIA, yang menayangkan dua keluarga dari latar belakang berbeda, kaya dan miskin, yang tidak hanya akan bertukar tempat tinggal, tapi juga bertukar profesi dan kebiasaan sehari-hari.

 

B. Tujuan

  1. Untuk melengkapi sebagian persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan guna meraih sebutan profesi Ahli Madya ( A.Md ) dalam bidang Penyiaran Komunikasi Terapan Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Untuk memperluas cakrawala ilmu pengetahuan pada disiplin ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah dan untuk meningkatkan ketrampilan kerja sesuai dengan profesi kelak.
  3. Untuk mempelajari lebih dalam tentang tahap-tahap produksi suatu program acara dan proses produksi suatu program acara reality show.

 

C. Landasan Teori Tesis

Komunikasi Massa

Definisi komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner, yakni : komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people)(Elvinaro, 2004).

 

Media Massa

Media massa (mass media) terdiri dari dua kata yaitu “media” dan “massa”. Kata media dekat dengan pengertian “medium”, “moderet” yang berarti tengah, penengah atau penghubung. Media bisa juga diartikan sebagai alat penghubung. Kata massa atau “mass” berarti sesuatu yang tidak pribadi, sesuatu yang tidak personal, melainkan sesuatu yang berhubungan dengan “orang banyak. Dengan demikian media massa adalah alat dalam komunikasi massa yang bertugas membawa pesan yang harus disampaikan kepada orang banyak.

 

Televisi Sebagai Media Massa

Akibat perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat, mengakibatkan berkembangnya media elektronik, khususnya televisi. Perkembangan media televisi bukan saja perubahan dari hitam putih ke berwarna, tetapi juga sistem peyiarannya dimana sebelumnya menggunakan sistem darat (teresterial), berkembang dengan menggunakan satelit komunikasi domestik, internasional maupun DBS (Direct Broadcast satellite).

 

D. Kesimpulan

  1. Penulis dapat menerapkan ilmu yang telah penulis dapat selama kuliah di program studi Penyiaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Karena selama melaksanakan KKM penulis juga dilibatkan dalam produksi.
  2. Dari hasil pengamatan selama penulis terlibat dalam program acara Tukar Nasib. Penulis jadi tahu bahwa :
    1. Pada dasarnya produksi semua jenis reality show harus melalui tahapan-tahapan standar produksi.
    2. Produksi reality show harus direncanakan dengan matang agar produksi bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk reality show yang berkualitas.

 

E. Saran

  1. Sebelum membuat rundown dalam membuat produksi reality show, sebaiknya dibuat synopsis acara dan treatment pertama. Hali ini dilakukan supaya tema yang diangkat bisa focus, serta visi yang kita inginkan dari sebuah ide kreatif bisa tersampaikan melalui media audio visual sesuai harapan.
  2. Media audio visual merupakan media gambar dengan audio sebagai penguat ide dalam gambar yang kita tampilkan. Untuk itu gunakan bahasa visual.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif Dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising
  2. Proses Kerja Divisi Kreatif dalam Suatu Promo Launching Honda Revo di Cv. Frontline Indonesia
  3. Tugas Script Writer dalam Penulisan Naskah Feature di Ph Media Visitama Communication
  4. Aktivitas Marketing Public Relation Pada Harian Pagi Lombok Post
  5. Proses Produksi dalam Program Acara Tukar Nasib di Dreamlight World Media

 

Leave a Reply