HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Trend Mode Remaja dlm Iklan

Judul Tesis : Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)

 

A. Latar Belakang

Majalah merupakan salah satu media cetak yang cukup banyak peminatnya, meskipun demikian peminat pada umumnya berasal dari golongan tertentu. Majalah mempunyai 80 halaman, kadang-kadang ada yang sampai lebih, halamannya tidak terlepas dan berbentuk buku, serta sampul depan atau belakang bercorak menarik agar khalayak berkeinginan untuk memilikinya (Nuryanto, 1995:32). Karena peminatnya berasal dari golongan tertentu maka majalah mempunyai tema dan segmentasi tersendiri. Misalnya Gadis, Cosmo Girl dan Aneka Yess yang bersegmentasi remaja puteri, Femina untuk wanita dewasa muda, Cosmopolitan yang memilih wanita dewasa metropolitan, Hai yang mempunyai segmentasi remaja putera.

Perbedaan tema dan segmentasi dalam setiap majalah akan mempengaruhi dalam kegiatan periklanannya. Suatu majalah wanita tentunya akan banyak memuat iklan tentang produk kosmetika dan kecantikan, fashion dan aksesoris, sedangkan majalah ilmiah atau teknologi akan memuat iklan komputer, mobil, kamera. Demikian pula dengan majalah remaja akan memuat banyak iklan tentang produk perawatan kulit dan wajah, alat sekolah, fashion, handphone. Tidak akan pernah terjadi apabila produsen pakaian dalam wanita memasang iklannya pada majalah teknologi atau ilmiah.

 

B. Perkembangan Majalah Remaja di Indonesia

Majalah remaja di Indonesia tumbuh dengan subur dan berkembang pesat. Remaja membutuhkan referensi untuk keperluan aktualisasi diri. Kebanyakan majalah remaja yang digemari adalah yang menyajikan beraneka tips seperti merawat wajah agar tidak berjerawat, trik mendapatkan cowok idaman, menggunakan pakaian yang trendi dan modis serta hal-hal lain yang berkaitan erat dengan pengembangan emosi dan kepribadian mereka. Selain tips-tips ada juga cerita pendek tentang percintaan remaja, kuis, artikel untuk pengembangan kepribadian, aneka mode pakaian dan rambut khas remaja masa kini, zodiak dan rubrik konsultasi.

 

C. Deskripsi Iklan

Iklan Avon

Iklan ini adalah produk kosmetika seperti maskara, eyeshadow, bedak dan lipstik dengan segmentasi remaja perempuan. Iklan pada majalah Gadis edisi Tahunan 2003 ini berukuran satu halaman penuh atau 21,3 x 28,3 cm.

Naskah Iklan

Slogannya adalah ”Avon the company for women” terletak pada pojok kanan bawah. Headline terletak di tengah yaitu “Yang paling keren!” sedangkan body teks yang menyertainya adalah “untuk kamu yang smart, ekspresif dan modis”. Kemudian di pojok kanan atas terdapat body teks, “tampil baru” dan juga di tengah agak bawah, “let’s talk color – trend next generation, warnanya remaja – gayanya remaja.”

Ilustrasi Gambar

Iklan ini menceritakan pengalaman seorang remaja perempuan setelah menggunakan Lip Ice Sheer Color. Pengalaman tersebut direpresentasikan dalam diari (catatan harian). Dalam iklan terlihat diari yang terbuka sehingga isinya bisa dibaca dan di sampingnya tampak produk dengan keadaan tanpa tutup (tutup kemasan berada di sebelah halaman diari). Di ujung atas diari terdapat gambar sepatu wanita sedang di bawahnya terdapat metamorfosis remaja perempuan dengan pose mulai dari bibir tidak berwarna, berwarna tipis hingga berubah berwarna terang.

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Mode fashion, trend mode fashion pada remaja perempuan saat ini adalah kamisol dengan rumbai-rumbai di bagian atas, kaos ketat (t-shirt strecht), you can see dan tank top. Sedangkan untuk remaja laki-laki adalah kaos baik lengan panjang maupun pendek dengan out line di bagian lengan dan juga kaos dengan krah. Celana jeans masih tetap menjadi prioritas utama mereka dalam berbusana karena memberi kesan santai dan kasual. Warna fashion yang cerah dan terang seperti hijau, kuning, oranye, merah dan biru adalah yang menjadi trend.
  2. Mode tata rambut dan tata rias, remaja perempuan masih tetap ‘setia’ dengan mode rambut panjang. Namun demikian rambut pendek pun tetap juga ada peminatnya. Trend pelurusan rambut atau disebut dengan rebonding dan potongan model layer disukai baik remaja perempuan dan laki-laki. Demikian pula dengan mode rambut gondrong dan kribo yang dulu pernah menjadi trend di era 80an kini muncul kembali. Untuk trend tata rias terbaru lebih menonjolkan riasan yang tipis dan super ringan. Wajah segar dengan kesan tanpa riasan paling digemari oleh remaja maka dari itu warna riasan yang lembut, semburat warna perak, metalik dan glossy. Tentunya tata rias ini hanya diperuntukkan remaja perempuan saja.
  3. Mode sepatu, untuk mode sepatu dalam iklan ini tidak begitu menunjukkan keberagaman. Mode sepatu kats masih tetap menjadi andalan remaja baik laki-laki maupun perempuan karena kenyamanan, sporty dan santainya. Sepatu kats dengan variasi bentuk yang unik dan warna yang cerah dan menyolok tersebut membuat remaja masih tetap menggunakannya.

 

E. Saran

Keberagaman interpretasi dalam melihat suatu teks adalah sesuatu yang sangat terbuka menurut semiotika Barthes. Oleh karena itu interpretasi peneliti terhadap teks iklan pada majalah remaja di Indonesia merupakan salah satu pemaknaan diantara ribuan kemungkinan pemaknaan yang lain. Diharapkan adanya penelitian lain sebagai pembanding terhadap tema yang sama tentang trend gaya hidup remaja pada majalah remaja di Indonesia yang mungkin menghasilkan interpretasi baru yang berbeda. Atau adanya penelitian lain dengan tujuan mengembangkan tema yang sudah dilakukan oleh peneliti. Sehingga banyaknya interpretasi tersebut akan menambah kaya cakrawala semiotika dan dunia periklanan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

Leave a Reply