HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Komik Sebagai Sarana Promosi Tempat Wisata Kota Solo untuk Remaja

Judul Tesis : Komik Sebagai Sarana Promosi Tempat Wisata Kota Solo untuk Remaja

 

A. Latar Belakang

Memahami potensi Solo sebagai kota budaya, kota Solo memiliki bermacam-macam kebudayaan dan berbagai macam obyek maupun prasarana yang khas, hal ini menjadikan kota Solo sebagai salah satu alternatif kota tujuan wisata. Sebagai contoh Keraton, Pasar Tradisional, Pasar Antik dan berbagai macam jenis obyek wisata yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Hal ini menjadi sangat disayangkan jika tidak dikomunikasikan secara tepat kepada masyarakat. Pengenalan akan tempat-tempat wisata di sebuah daerah atau kota yang mempunyai ciri khas tersendiri, dalam hal ini kota Solo bisa sangat menarik jika diangkat ke permukaan yang tentunya dengan pemilihan media yang tepat. Sebuah media yang tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat khususnya remaja. Mengapa remaja? Dalam hal ini remaja terpilih karena remaja saat ini lebih cenderung mengikuti kepada budaya yang sedang mewabah (trend) dan lebih mudah terpengaruh terhadap hal baru yang dianggap menarik.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana merancang komik yang berisi tentang tempat wisata kota Solo yang dikemas secara ringan, lucu, dengan visual yang mempunyai karakteristik tersendiri sehingga dapat menarik minat remaja untuk mengetahui bahkan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota Solo?

 

C. Landasan Teori Tesis

Definisi Komik

Komik bisa juga disebut sebagai “sastra visual“. Sebagaimana layaknya sastra pada umumnya, komik dapat dibedakan antara yang bermutu dan yang vulgar. Komik daya jualnya terbukti memang lebih besar dari buku biasa, di lain sisi juga memiliki titik lemahnya tersendiri. Sebagaimana diungkapkan Marcel Bonef, komik sering menjadi sasaran tudingan para ahli pendidikan, karena sifatnya yang dengan mudah dapat merebut perhatian para siswa sehingga mereka menjadi kurang perhatian kepada pelajaran sekolahnya. Atau lebih lagi, ada anggapan bahwa komik dapat merusak daya nalar anak-anak. Di sisi lain, sebagai komoditas industri, komik pun menjadi tuntutan publik yang dianggapkan sedemikian rupa, sehingga tuntutan komersial akhirnya mendikte kreasi.

Visualisasi Komik

Dalam proses pembuatan komik buku, pertama kali komikus memiliki ide cerita atau mencari data apabila yang dibuat merupakan sejarah atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kemudian disusun menjadi sebuah cerita seperti novel, selanjutnya dibuat ringkasan cerita berbentuk plot-plot seperti panel, akan tetapi sebelumnya perlu direncanakan terlebih dahulu batasan tentang jumlah halaman. Hal ini sangat mempermudah juga di dalam proses pembuatan teks.

Definisi Pariwisata

Kata pariwisata yang berasal dari bahasa Sansakerta, pariwisata dapat diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar dari suatu tempat ke tempat yang lain, di dalam bahasa Inggris disebut dengan kata “tour”, sedangkan untuk pengertian jamak, kata kepariwisataan dapat menggunakan kata “tourisme” atau “tourism”.

 

D. Kesimpulan

Setelah melalui beberapa proses dalam pengerjaan Tugas Akhir ini, dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah tempat pariwisata maupun daerah yang mengandalkan sektor pariwisata memerlukan adanya kegiatan promosi. Tanpa promosi, sebuah tempat wisata tidak akan diketahui keberadaanya oleh masyarakat luas. Dan jika itu terjadi, sangat disayangkan cepat maupun lambat tempat pariwisata tersebut akan semakin terlupakan bahkan akan punah. Hal itu juga dapat mempengaruhi perkembangan atau pembangunan daerah tempat wisata tersebut. Masyarakat saat sekarang sangat kritis termasuk dalam menentukan tujuan berwisata. Maka dari itu sebuah tempat wisata maupun daerah yang mengelola harus mampu memberitahu bahkan mengajak masyarakat untuk berwisata. Salah satu cara untuk itu, yaitu dengan melakukan promosi yang tepat sasaran.

 

E. Saran

  1. Sebuah tempat wisata harus dikelola dengan baik sehingga dapat lebih menarik minat wisatawan.
  2. Melakukan promosi yang tidak hanya bersifat penghamburan dan tepat sasaran.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  2. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko – Husein
  3. Desain Komunikasi Visual dalam Kampanye Anti Rokok
  4. Desain Komunikasi Visual sebagai Pendukung Promosi
  5. Komik Sebagai Sarana Promosi Tempat Wisata Kota Solo untuk Remaja
  6. Proses Pembuatan dan Sistem Pemasangan Iklan di Harian Umum Radar Jogja
  7. Pengaruh Komunikasi Kantor dan Semangat Kerja terhadap Efektivitas
  8. Acara Talkshow ‘Kick Andy’ dan Wawasan Mahasiswa USU
  9. Customer Service dan Loyalitas Pelanggan
  10. Dinamika Komunikasi Antarbudaya Customer Service Representative Plasa Telkom dengan Pelanggan di Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Medan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)