HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif trhdp Hasil Belajar

Judul Tesis : Efektivitas  terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Grobogan Model Pembelajaran Kooperatif

 

A. Latar Belakang

Ilmu Akuntansi dikatakan sukar dipahami dan membosankan karena konsep dari ilmu akuntansi merupakan hasil dari kegiatan manusia berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap rasional, teliti, jujur dan bertanggung jawab melalui proses pencatatan, pengelompokan, mengikhtisarkan transaksi keuangan dan juga penyususan laporan keuangan secara baik dan benar. Dilihat dari hal tersebut, maka seorang pendidik perlu mengusahakan agar pelajaran yang diajarkan kelihatan menarik, dan tidak terlihat membosankan. Juga disini seorang pendidik dituntut pandai dalam mengkombinasikan berbagai metode mengajar yang tepat untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan suatu pokok bahasan, sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai. Suatu tantangan bagi seoarang guru adalah bagaimana menyampaikan materi pelajaran, agar anak didiknya mampu menyerap atau memahami apa yang telah diterangkan dan dapat mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila tujuan KBM dapat berjalan dengan baik, ukuran keberhasilan KBM adalah adanya prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan, mempunyai tujuan yang berkualitas, dan diharapkan mempunyai keunggulan kompetitif yang sesuai dengan standar mutu nasional dan internasional. Oleh karena itu perlu adanya suatu pembaharuan kurikulum pendidikan di Indonesia dengan pendekatan kompetensi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa Pokok Bahasan Lapoaran Keuangan Kelas X SMA Negeri I Grobogan?
  2. Jika ada perbedaan, maka manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif dengan metode konvensional?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

W.S. Winkel dalam bukunya Darsono (2000:4), belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan nilai sikap.

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar. Heward Kingsley dalam bukunya Nana Sudjana (2001:22) membagi tiga macam hasil belajar yaitu: (a) ketrampilan dan kebiasaan; (b) pengetahuan dan ketrampilan; (c) sikap dan cita, yang masing-masing golongan dapat diisi dengan bahan yang ada pada kurikulum sekolah.

Belajar Tuntas

Seorang peserta didik dipandang tuntas belajar jika ia mampu menyelesaikan, menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran minimal 65% dari seluruh tujuan pembelajaran. Sedangkan keberhasilan kelas dilihat dari jumlah peserta didik yanh mampu menyelesaikan atau mencapai minimal 65% sekurang-kurangnya 85% dari jumlah peserta didik yang ada di kelas tersebut (Mulyasa, E, 2003:99).

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Grobogan Tahun Pelajaran 2004/2005 sebanyak 305 siswa.

Sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-5 dan X-6 diambil dengan cluster random sampling.

Variabel yang diteliti yaitu hasil belajar.

Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t.

 

E. Kesimpulan

  1. Terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya thitung sebesar 2.473 > ttabel (1.66) yang berarti Ho ditolak.
  2. Rata-rata hasil belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih efektif daripada metode konvensional. Dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif sebesar 7.80, sedangkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional sebesar 7.02.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi
  4. Kemadirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas Xi-Ips
  5. Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

 

Leave a Reply