HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Manajemen Publik

Manajemen Publik Teori Manajemen Publik

Manajemen Publik

Manajemen Publik~ Bisakah anda bayangkan bahwa dalam kegiatan tidak ada perencanaan atau pengaturan yang dilakukan secara baik ? mungkin dan bahkan pasti akan terjadi penumpukan kegiatan, kerancuaan kegiatan, dan bahkan akan terjadi gagalnya sebuah kegiatan.

Oleh sebab itu dalam melakukan kegiatan selalu dibutuhkan pengaturan yang sering di sebut dengan manajemen. Dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi kembali menyajikan wawasan untuk anda jadikan refrensi.

Secara umum Manajemen adalah suatu kegiatan merencanakan, mengatur, dan mengedalikan sebuah kegiatan tertentu. Secara Etimologis, Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.

Meskipun perubahan selera bisa mempengaruhi semua bidang teori dan aplikasi, tidak ada pendekatan lain terhadap administrasi publik yang lebih terkenal selain manajemen.

Seiring waktu, dalam pemerintah, banyak hal yang bisa dipahami ketika manajemen ilmiah terpisah dari subyek manajemen yang lebih umum, dan khususnya manajemen fungsi staff, anggaran dan personel, dan menjadi akar penelitian dari bidang operasi modern.

Dengan setengah perencanaan yang dilakukan serta setengah administrasi bisnis akan membawa kepenelitian yang lebih oprasional.

Penelitian oprasional ialah penelitian yang dilakuakn pada sektor publik. Khususnya orgnisasi publik yang teknik tersebut bisa berguna lebih jauh. Teori manajemen publik sendiri merupakan konsep yang dapat digunakan dalam pelaksanaan kebijakan publik.

Dalam hal ini mengakibatan munculnya teori manajemen publik yang baru atau yang lebih disebut dengan Teori New Public Management. New public management (NPM) adalah sebuah konsep manajemen publik/pemerintahan baru, yang menerapkan praktik kerja sektor privat ke sektor publik untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas kinerja pemerintah daerah sehingga akan tercipta welfare society (kesejahteraan masyarakat). Selain dari pada teori New Public Management, kita mengenal istilah Good Governance.

Salah satu sumber teoritis penting dari New Public Management adalah humanisme organisasi. Selama tiga puluh tahun terakhir, teori administrasi publik telah bergabung dengan di disiplin ilmu lain dalam menunjukkan pendekatan hirarkis tradisional pada organisasi sosial yang ketat dalam pandangan mereka tentang perilaku manusia, dan mereka telah bergabung dalam kritik birokrasi serta mencari pendekatan alternatif untuk manajemen dan organisasi. Secara kolektif, pendekatan ini telah berusaha untuk organisasi mode publik kurang didominasi oleh isu-isu kekuasaan dan kontrol serta lebih memperhatikan kebutuhan dan keprihatinan konstituen internal dan eksternal.

Paradigma NPM dipandang sebagai pendekatan dalam administrasi publik dengan menerapkan pengetahun dan pengalaman yang diperoleh dari dunia bisnis dan disiplin lain untuk memperbaiki efektivitas, efisiensi, dan kinerja pelayanan publik pada birokrasi modern. Ketika muncul pertama kali, NPM hanya meliputi lima doktrin, yaitu :

  1. penerapan deregulasi padaline management;
  2. konversi unit pelayanan publik menjadi organisasi yang berdiri sendiri;
  3. penerapan akuntabilitas berdasarkan kinerja terutama melalui kontrak antara regulator dengan operator;
  4. penerapan mekanisme kompetensi seperti melakukan kontrak (contracting out), dan
  5. memperhatikan mekanisme pasar (market oriented).

Dalam rangka meningkatkan kinerja sektor publik. Public management diarahkan kegiatannya pada:

  1.  Melakukan restrukturisasi sektor publik lewat proses privatisasi.
  2. Melakukan restrukturisasi dan merampingkan struktur dinas sipil di pusat.
  3. Memperkenalkan nilai-nilai persaingan khususnya lewat pasar internal dan mengkontrakkan pelayanan public kepada pihak swasta dan intervensi oleh pemerintah.
  4. Meningkatkan efisiensi lewat pemeriksaan dan pengukuran kinerja.

Dalam pelaksanaan manajemen publik sendiri memiliki tujuan tertentu. Adapun  tujuan dari Public Management, meliputi :

  1. Menurut Rainey (1990): ‘public management aims to achieve skills and improve skills and improve accountability’ Manajemen publik itu ditujukan untuk meningkatkan tercapainya tujuan sektor publik (lebih efektif dan efisien), pegawainya lebih berkeahlian dan lebih mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya.
  2. Menurut Graham & Hays (1991): “public managemen are concerned with efficiency,accountability,goal achlevement and dozen of other managerial and technical question”, Manajemen publik itu bertujuan untuk menjadikan sector public lebih efisien, akuntabel, dan tujuannya tercapai serta lebih mampu menangani berbagai masalah manajerial dan teknis.

Demikian artikel yang berisi tentang Manajemen Publik, Teori Publik Manajemen, New Public Management (NPM), Paradigma NPM, Arah NPM, Serta Tujuan NPM. Semoga dapat bermanfaat bagi bahan refrensi untuk anda.

Artikel Yang Terkait :

Incoming search terms:

Leave a Reply