HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Produksi Program Acara Mata Rantai di ANTV

Judul Tesis : Proses Produksi Program Acara Mata Rantai di ANTV

 

A. Latar Belakang

Dalam menyajikan suatu acara berita yang menarik dan berkualitas, maka PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) telah memiliki divisi khusus yang bernama Departemen Current Affair ANTV dari Divisi News-Sport dan Current Affair ANTV. Mengingat betapa pentingnya informasi yang ingin diketahui khalayak, PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) melakukan berbagai pembenahan program siarannya sehingga lebih mudah diterima masyarakat dan mampu memberikan perubahan pandangan pada pemirsanya tanpa bernada menggurui atau menyudutkan pihak lain melainkan mengungkapkannya berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan dan tidak berpihak pada pihak manapun.

Bagaimana PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) sebagai salah satu stasiun televisi swasta mampu menempatkan program beritanya sehingga menjadi wadah informasi yang ditunggu pemirsanya walaupun berita tersebut tidak selalu baru namun masih hangat dibicarakan? Melalui format news feature, ANTV membuat program informasi yang mengangkat permasalahan sosial dan budaya dengan pendekatan personal selama 30 menit yang diulas secara lebih mendalam dengan nama program Mata Rantai yang mulai ditayangkan pada tanggal 11 November 2006 dan merupakan berita mingguan yang menjadi berita unggulan di ANTV.

 

B. Tujuan

  1. Untuk melengkapi sebagai persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan mendapat sebutan Ahli Madya (A,Md) jurusan Penyiaran di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
  2. Untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang produksi berita dan penyiaran yang telah diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia kerja di PT. Cakrawala Andalas Televisi atau ANTV Jakarta.
  3. Untuk belajar lebih jauh tentang tugas seorang reporter dalam berita mingguan dari proses pra produksi, produksi, pasca produksi dan juga mempelajari tentang produksi acara berita di studio yang dibuat oleh PT. Cakrawala Andalas Televisi atau ANTV Jakarta, baik yang disiarkan secara langsung maupun tidak langsung.

 

C. Landasan Teori

BERITA DIPANDANG DARI SUDUT PANDANG SECARA UMUM

Berita dalam sebuah proses komunikasi informasi atau isi pesan sebagai unsur utamanya maka pada Komunikasi Jurnalistik, berita atau news menjadi unsur utamanya. Berita adalah informasi hangat tentang sesuatu yang telah terjadi, atau tentang sesuatu yang belum diketahui. Berita adalah informasi seperti yang disajikan oleh media surat kabar, radio, televisi. Berita adalah sesuatu atau seseorang yang dipandang oleh media merupakan subjek yang layak untuk diberitakan (Kusumaningrat, 2005).

Penulisan Berita

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita yaitu :

  1. Alur informasi
  2. State and explain
  3. Durasi shot gambar
  4. Jeda

Berita dalam Media Elektronik

Masing-masing memiliki spesifikasi dan bentuk pemberitaan yang berbeda dengan berbagai kelebihan dan kelemahannya. Tetapi hanya penyajian berita pada media elektronik lebih singkat di bandingkan dengan penyajian berita di media cetak, jika di lihat dari segi durasinya. Namun keduanya mempunyai persamaan yaitu terletak pada tujuannya sebagai sumber informasi, menghibur, maupun mendidik.

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. ANTV berdiri sejak tanggal 1 Januari 1993. Mulanya ANTV adalah stasiun televisi lokal yang siaran di wilayah Lampung dan sekitarnya. Tanggal 18 Januari 1993 ANTV mendapat izin siaran nasional melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04 A / 1993. Tanggal 1 Maret 1993 menjadi hari ulang tahun ANTV.
  2. Pada tanggal 30 September 2005 ANTV berhasil menjalin kerjasama strategis dengan jaringan televisi dunia STAR. Kerjasama ini ditandai dengan masuknya 20% saham STAR ke ANTV
  3. Visi dan Misi ANTV adalah menjadi stasiun TV yang berkelas dunia yang dibuat untuk Indonesia, oleh Indonesia, memberikan kepada stakeholder pelayanan terbaik dari segi kualitas, kreatifitas dan berbeda dengan stasiun TV lainnya.

 

E. Saran

  1. Pembagian jam kerja yang efektif serta pembagian waktu istirahat yang kondusif untuk menjalin kebersamaan baik dari tingkatan lapisan posisi kerja yang paling bawah sampai tingkat atas.
  2. Peralatan dan perlengkapan di penyiaran agaknya lebih di tingkatkan guna mendukung kinerja peliputan dan penyiaran, sehingga proses produksi siaran dapat berjalan dengan lebih lancar lagi.
  3. Lebih banyak melakukan diskusi dan penambahan training untuk menambah pengetahuan dan wawasan karyawan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply