HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta FM

Judul Skripsi : Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta FM Surakarta

 

A. Latar Belakang

Dewasa ini bidang penyiaran di Indonesia sedang berkembang pesat. Banyaknya program – program acara yang disiarkan di stasiun – stasiun televise maupun radio merupakan bukti nyata perkembangan dunia penyiaran. Kualitas dari setiap acara juga bergantung pada sumber daya manusia tiap individu yang berperan di dalamnya, baik yang berada di depan maupun yang berada di belakang proses produksi. Kesemuanya harus dapat bekerja sama dengan baik, agar dapat menghasilkan suatu acara yang berkualitas. Radio sebelum kemunculan televisi merupakan media komunikasi massa yang dominan, sekarang radio harus merubah strategi dan fokus dengan menciptakan program-program baru dengan target sasaran yang terbatas pula, tentu dengan tidak mengurangi karakteristik radio sebagai media massa.

Sejak periode pengembangannya di tahun 1950-an, radio telah berulangkali membuktikan diri sebagai sumber informasi utama negara mengenai kejadian – kejadian penting. Mayoritas warga Amerika Serikat pertama kali mendengar pembunuhan Presiden Kennedy dan kemudian penembakan Martin Luther, Jr., serta Senator Robert Kennedy melalui BBC Radio. Dan ketika sebagian besar daerah timur laut Amerika Serikat terjadi padam listrik total pada tahun 1965, radio yang menggunakan baterai boleh dikatakan menjadi kehidupan jutaan anggota masyarakat sebab menyajikan berita berikut informasi secara terus menerus hingga listrik kembali menyala ( Keith, 2000 ). Bahkan dengan keberanian dan keteguhan pemuda Indonesia pada tahun 1945 untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia pertama kali dinyatakan lewat radio amatir menggunakan sebuah pemancar radio revolusioner yang dibuat sendiri oleh seorang amatir radio yang bernama Gunawan (YBOBD). Jasa YBOBD ini diakui oleh Pemerintah dan sebagai penghargaannya, pemancar radio buatan Gunawan tersebut di simpan di Museum Nasional Indonesia.

 

B. Tujuan

  1. Untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar Ahli Madya di bidang Penyiaran.
  2. Untuk mengetahui mekanisme penyiaran melalui media
  3. Untuk mengetahui mekanisme dan teknis di lapangan mulai tahap pembuatan naskah, mencari insert kemudian mengemas dalam suatu program acara on air yang layak disiarkan di Radio METTA FM Surakarta.

 

C. Tinjauan Pustaka

Program Siaran Radio

Program siaran radio sangat berbeda dengan televisi. Hal ini disebabkan karena karakter kedua media penyiaran tersebut. Radio sangat personal, komunikasi yang dilakukan oleh penyiar mirip kontak ‘person to person’. Jangkauan siaran juga sangat lokal. Orientasi perencanaan siaran juga harus ditujukan kepada khalayak lokal. Karena khalayak sangat heterogen, maka setiap produser program harus menentukan target dengan jelas. Demikian pula formatformat program juga harus diperhatikan, sebab merupakan kunci keberhasilan suatu program.

Jurnalistik Radio

Hukum penulisan untuk radio yang paling populer adalah “tulisan untuk telinga dan bukan mata”. Maksudnya, “menulis untuk diucapkan bukan untuk dibaca”. Sehingga prinsip menulis harus memperhatikan dan bisa dirinci menjadi 5 pendekatan utama, yaitu:

  1. Menulis untuk berbicara
  2. Menulis sebagai bentuk komunikasi langsung
  3. Menulis dalam kerangka kreatif dari individu ke individu
  4. Menulis dengan prinsip sekali ucap
  5. Menulis dengan kesadaran bahwa hasil karyanya akan diwujudkan dalam bentuk suara

Penulisan Feature Radio

Fasilitas lain yang dimiliki radio melalui produk suaranya adalah pendalaman karya yang lazim disebut “liputan investigasi”. Melalui konsep sajian feature, radio dapat mengolah siaran berita melalui paparan data dan rekaman fakta. Sehingga berita yang disajikan dapat menggali ke sudut pandang dan data yang lebih mendalam.

 

D. Metode Penelitian

  1. Radio METTA FM Surakarta merupakan radio siaran swasta yang berformat Family Station. Yang mempunyai beberapa program on air yang diunggulkan yaitu Metta Wo Ai METTA, Ezone, Easy Campus, dan Sudut Kota yang harus melakukan beberapa tahapan sebelum menyiarkan program on air, agar layak disiarkan di Radio METTA FM Surakarta.
  2. Suasana tempat kerja yang kekeluargaan sangat mempengaruhi produktivitas crew dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, setiap crew diharapkan dapat membawa diri untuk menciptakan suasana kerja yang baik dan produktif. Tingkat kemampuan masing-masing crew yang berbeda ternyata dapat menciptakan suasana kerja lebih baik, karena saling mengisi satu dengan yang lain.
  3. Radio METTA FM mempunyai komitmen yang tinggi dalam rangka menjadi inspirasi bagi keluarga yang ada di Kota Surakarta, dengan upaya meningkatkan kualitas penyiarannya dan progam acara yang ada di Radio METTA FM.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual
  2. Peran Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta
  3. Wacana Ruu Pemilu 2009 Dalam Pemberitaan di Media Massa (Studi Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Ruu Pemilu 2009
  4. Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta Fm Surakarta
  5. Propaganda Barat terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film “Fitna” Menggunakan Analisis Semiologi Komunikasi)

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply