HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kepustakaan: Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”Veteran” Yogyakarta

Judul Skripsi : Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”Veteran” Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam menunjang kebutuhan pengguna akan informasi, UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta menyediakan suatu layanan outlet yaitu layanan yang terbentuk atas kerjasama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan badan atau organisasi lain dalam pengadaaan koleksinya. Salah satu jenis koleksi bahan pustaka yang disediakan dalam layanan outlet ini adalah koleksi peta. Maka layanan ini diberi nama outlet peta. Layanan outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta ini merupakan suatu bentuk pengembangan layanan perpustakaan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna khususnya mahasiswa dan dosen dari prodi yang menggunakan peta sebagai bagian dari aktivitas perkuliahan, seperti Fakultas Teknologi Mineral (FTM), Fakultas Pertanian (FP) maupun Magister Teknik Pertambangan (MTA), dan Magister Teknik Geologi (MTG) serta pengunjung dari luar yang membutuhkan informasi khususnya tentang peta. Layanan ini berbeda dengan layanan perpustakaan yang ada pada umumnya yang biasanya menyediakan suatu layanan peminjaman koleksi, untuk layanan outlet ini merupakan suatu layanan penjualan.

UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah salah satu dari perpustakaan perguruan tinggi yang telah menyediakan layanan outlet peta. Layanan outlet peta ini terbentuk atas kerjasama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Pusat Survai Geologi (PSG) dalam pengadaan koleksi peta. Layanan outlet peta dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan layanan outlet peta ke tiga di Yogyakarta. Pertama berada di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan yang kedua berada di Bappeda Provinsi DIY. Universitas atau perguruan tinggi lain yang telah menerapkan layanan outlet peta Bakosurtanal antara lain IPB Bogor, Universitas Indonesia (UI), ITN Malang, UNESS Semarang, UNS Surakarta di program studi pendidikan geografi FKIP, UNHAS Makassar, UNHALU Kendari, UNSRI Palembang, Universitas Udayana, UNSRAT Manado, UNILAM Banjarmasin, dan ITS Surabaya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pengadaan dan pengelolaan koleksi outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  2. Bagaimana pelayanan outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  3. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana mengatasinya di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perpusatakaan

Perpustakaan merupakan unsur penting dalam suatu lembaga, tidak terkecuali bagi suatu perguruan tinggi yang merupakan lembaga pendidikan.

Pengadaan Bahan Pustaka

Pengadaan bahan pustaka merupakan bagian dari tugas perpustakaan untuk mengadakan dan mengembangkan koleksi bahan pustaka di perpustakaan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Pengadaan bahan pustaka penting dilakukan untuk lebih memberikan kelengkapan dan memadainya koleksi yang dimiliki perpustakaan untuk memberikan kepuasan dalam pelayanan. Pengadaan bahan pustaka dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui pembelian, tukar-menukar, hadiah, dan kerjasama.

 

Pengadaan Bahan Kartografi Jenis Peta

Bahan kartografi merupakan bagian dari jenis bahan pustaka nonbuku. Dalam penyediaan atau pengadaan bahan kartografi juga harus dipertimbangkan secara mendalam dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengadaan bahan pustaka nonbuku untuk bahan kartografi jenis peta sebagai koleksi perpustakaan, maka seperti bahan pustaka lainnya, harus dilakukan seleksi terlebih dahulu dengan menggunakan alat bantu seleksi. Berikut kriteria seleksi yang harus dipertimbangkan, alat bantu seleksi, serta proses pengadaan (pemesanan) bahan pustaka non buku untuk bahan kartografi jenis peta (Yuyu Yulia, 2006: 4.15- 4.17)

 

D. Metode Penelitian

Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan langsung ke lokasi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data-data tertulis mengenai layanan Outlet Peta yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam hal ini penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan objek materi pembahasan yang penulis bahas sebagai bahan acuan atau rujukan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Pengadaan koleksi outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta terwujud atas kerjasama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Pusat Survei Geologi (PSG). Dalam hal ini, apabila koleksi peta yang diinginkan mahasiswa tidak ada, maka mahasiswa bisa melakukan pemesanan peta yang dibutuhkan baik dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) maupun Pusat Survei Geologi (PSG) melalui petugas. Sistem pemesanan yang digunakan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu dengan menggunakan approval plan dimana penyalur secara otomatis memberikan copy bahan pustaka yang dimiliki ke perpustakaan untuk dievaluasi dalam jangka waktu tertentu untuk dibeli dan mengembalikan bahan pustaka yang tidak dipilih, namun dalam hal ini UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta tidak melakukan evaluasi karena sudah malalui pemesanan terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan dalam waktu tertentu sesuai dengan data penjualan peta.
  2. Pengelolaan koleksi outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diberikan dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Pusat Survei Geologi (PSG) yang antara lain melaksanakan pencatatan setiap transaksi penjualan peta, melaporkan data penjualan produk dan persediaan produk yang masih dikelola, dan menyetorkan uang hasil penjualan peta ke rekening yang telah ditentukan Bakosurtanal dan PSG.
  3. Pengolahan koleksi peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta tidak menggunakan inventarisasi, katalogisasi, dan klasifikasi seperti pada pengolahan koleksi bahan pustaka buku. Pengolahan koleksi peta Bakosurtanal dilakukan dengan pencatatan koleksi peta yang telah diterima ke dalam data base yang telah disediakan Bakosurtanal, dan untuk koleksi peta PSG dilakukan pencatatan ke dalam komputer. Pengklasifikasian koleksi peta baik dari Bakosurtanal maupun PSG masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan klasifikasi dengan menggunakan kode-kode tertentu (berdasarkan nomor lembar peta yang tertera pada setiap lembar peta atau nama wilayah)

 

Contoh Skripsi Keperpustakaan

  1. Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”VETERAN” Yogyakarta
  3. Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang
  5. Pemeliharaan Koleksi Bahan Pustaka Buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

 

Leave a Reply